iklan

√ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bab Fungsinya Lengkap

√ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian & Fungsinya Lengkap


 


Seputarilmu.com – Semua insan sudah di anugerahi panca indera oleh pencipta, untuk sanggup melihat, meraba, merasakan, mencium amis atau wangi, dan sanggup mencicipi kuliner oleh lidah. oleh alasannya yaitu itu kita harus menjaga anugerah yang diberikan oleh pencipta. Untuk itu disini akan menjelaskan ihwal Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian Beserta Fungsinya Secara Lengkap. Oleh alasannya yaitu itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


 


 Semua insan sudah di anugerahi panca indera oleh pencipta √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian  Fungsinya Lengkap



 


Pengertian Panca Indera


 


Panca indra yaitu alat-alat badan yang berfungsi mengetahui keadaan luar. Alat indra insan sering disebut panca indra, alasannya yaitu terdiri dari lima indra yaitu indra penglihat (mata), indra pendengar (telinga), indra pembau/pencium (hidung), indra pengecap (lidah) dan indra peraba (kulit).


Indra atau indria sebuah antarmuka, kontak antara jiwa dalam bentuk spiritual kesadaran diri dengan bahan lingkungan. Dalam agama Hindu ada jenis sebelas rasa dan disebut sebagai eka dasa indriya.


 



 


Macam-Macam Panca Indera


 


1. Indera Penglihat (Mata)


Mata salah satu alat indra dari makluh hidup khususnya insan yang berfungsi sebagai indra penglihat. Mata merupakan alat indra yang sangat kompleks. Apabila kita menyebutkan Mata, maka yang terdapat dalam pikiran kita yang muncul ialah bola mata, namun tetapi bersama-sama tidak hanya bola mata yang berperan supaya kita sanggup melihat, bulu mata, alis mata, serta kelopak mata juga berperan penting didalam mendukung penglihatan tersebut. Mata yaitu organ yang kerjanya itu terkait dengan cahaya (terang gelap), warna, serta benda yang dilihat.


 


 Semua insan sudah di anugerahi panca indera oleh pencipta √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian  Fungsinya Lengkap


 


Bagian-bagian mata terdiri dari yaitu :



  • Kornea (selaput bening). Kornea mata berkhasiat meneruskan cahaya yang masuk kedalam mata. Cahaya itu akan berakhir pada selaput jala atau retina.

  • Iris (selaput pelangi). Selaput pelangi terletak di belakang kornea mata. Di tengah selaput pelangi terdapat celah disebut anak mata atau pupil. Gunanya untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata.

  • Lensa. Lensa mata berkhasiat untuk memfokuskan semoga cahaya yang masuk ke dalam mata jatuh sempurna pada retina. Dengan demikian benda yang dilihat akan tampak jelas. Lensa mata mempunyai kemampuan mencembung dan memipih. Kemampuan lensa mata untuk mengubah kecembungan disebut daya akomodasi.

  • Badan Bening. Berguna untuk meneruskan cahaya yang telah melalui lensa.

  • Retina (selaput jala). Berguna untuk menangkap cahaya yang masuk ke dalam mata.

  • Saraf mata. Berguna untuk meneruskan rangsang cahaya ke otak.



 


 


2. Indera Pendengar (Telinga)


 


Telinga yaitu Organ badan insan yang berfungsi sebagai indra pendengaran dan organ yang menjaga keseimbangan. Telinga merupakan organ yang berperan terhadap pendengaran kita akan bunyi atau bunyi, hal ini sanggup terjadi alasannya yaitu indera pendengaran mempunyai reseptor khusus yang berfungsi untuk mengenali getaran suara. Namun Telinga mempunyai batasan frekuensi bunyi yang sanggup didengar, yaitu yang frekuensinya 20 Hz – 20.000 Hz.


 


 Semua insan sudah di anugerahi panca indera oleh pencipta √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian  Fungsinya Lengkap


 


Bagian-Bagian Telinga terdiri atas 3 yaitu :


 



  • Telinga Luar. Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan kanal indera pendengaran luar. Telinga luar berkhasiat untuk menangkap getaran suara.


 



  • Telinga Tengah. Telinga tengah terdiri dari selaput pendengaran (gendang telinga), tulang-tulang pendengaran, dan kanal Eustachius. Tulang-tulang pendengaran terdiri dari tulang martil, landasan, dan sangurdi. Bila ada bunyi masuk, gendang indera pendengaran dan tulang-tulang pendengaran akan bergetar. Saluran Eustachius menghubungkan rongga indera pendengaran dan rongga mulut.


 



  • Telinga Dalam. Telinga dalam terdiri dari serpihan yang disebut tingkap jorong dan rumah siput. Telinga dalam berkhasiat untuk meneruskan rangsang bunyi ke otak.



 


 


3. Indera Pembau (Hidung)


 


Hidung merupakan indera pembau disamping sebagai alat pernapasan. Di dalam hidung terdapat saraf pembau. Rangsang amis yang diterima hidung diteruskan ke otak. Ketidakmampuan indera pembau untuk mencium amis dinamakan anosmia. Penyebabnya anosmia antara lain sebagai berikut :



  • Terjadinya penyumbatan rongga hidung, contohnya akhir pilek dan penyakit polip.

  • Gangguan pada saraf indera pembau


 


 Semua insan sudah di anugerahi panca indera oleh pencipta √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian  Fungsinya Lengkap


 


Bagian-bagian hidung :



  • Rambut halus penyaring udara

  • Rambut halus yang peka terhadap bau

  • Kumpulan ujung saraf pembau

  • Serat saraf untuk mengirim rangsang amis ke otak

  • Indera Pencecap / Pengecap (Lidah)



 


 


4. Indera Pengecap (Lidah)


 


Lidah yaitu kumpulan otot rangka pada serpihan lantai lisan yang sanggup membantu pencernaan kuliner dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak mempunyai struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara. Juga membantu membolak balik kuliner dalam mulut.


Lidah merupakan organ yang berfungsi sebagai reseptor kimia yang berada di dalam lisan sehingga kita bisa menikmati rasa sebuah kuliner dan minuman. Reseptor yang ada pada pengecap bisa mendapatkan rangsangan kimia yang berupa larutan sehingga disebut sebagai kemoreseptor.


Lidah mempunyai beberapa fungsi lainnya diantaranya membantu mengatur letak kuliner ketika kita mengunyah, membantu dalam berbicara da membantu ketika menelan makanan.


Ada dua otot yang berperan aktif pada gerakan pengecap yakni otot intrinsik dan otot ekstrinsik.



  • Otot intrinsik berfungsi mengatur gerakan-gerakan halus lidah

  • otot ekstrinsik berfungsi mengaitkan pengecap pada serpihan sekitarnya serta membantu pengecap dalam melaksanakan beberapa gerakan garang ibarat menekan gigi, menekan rongga lisan serpihan atas dan mendorong pengecap masuk ke faring.


 


 Semua insan sudah di anugerahi panca indera oleh pencipta √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian  Fungsinya Lengkap



Bagian-bagian pengecap yaitu :



  • Ujung pengecap peka terhadap rasa manis

  • Samping pengecap peka terhadap rasa asin dan asam

  • Pangkal pengecap peka terhadap rasa pahit



 


 


5. Indera Peraba (Kulit)


 


Kulit Merupakan indera peraba. Di dalam kulit terdapat ujung-ujung saraf peraba. Tidak semua permukaan kulit merupakan alat peraba yang sama pekanya. Bagian paling peka yaitu ujung jari dan bibir. Kulit sanggup membedakan kasar, halus, panas, dingin, dan sakit.


Kulit yaitu organ terluar dari badan yang melapisi seluruh badan manusia. Berat kulit diperkirakan sekitar 7 % dari berat badan total. Pada permukaan luar kulit terdapat pori – pori (rongga) yang menjadi kawasan keluarnya keringat. Kulit yaitu organ yang mempunyai banyak fungsi, diantaranya yaitu sebagai pelindung badan dari banyak sekali hal yang sanggup membahayakan, sebagai alat indra peraba, sebagai salah satu organ yang berperan dalam eksresi, pengatur suhu tubuh, dll.


Secara umum kulit mempunyai 2 lapisan yaitu Epidermis (Kulit ari) dan Dermis (Kulit Jangat) serta terdapat lapisan lemak bawah kulit (Hipodermis) yang juga sering dibahas. Beberapa sumber juga menyampaikan bahwa lapisan lemak bawah kulit juga termasuk ke dalam lapisan kulit, tidak dipisahkan dalam pengelompokkan lapisan kulit tersebut.



 Semua insan sudah di anugerahi panca indera oleh pencipta √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian  Fungsinya Lengkap


 


Kulit Terdiri Dari 3 Lapisan Yaitu :


 


1. Lapisan Epidermis (Lapisan Luar/Kulit Ari)


Lapisan Epidermis mempunyai tebal kurang lebih 0,1 mm dan terdiri atas empat lapisan jaringan epitel. Setiap Lapisan pada Epidermis mempunyai ciri khas tersendiri, Lapisan Epidermis ini tidak mempunyai pembuluh darah, sehingga ia mendapatkan suplai nutrisi melalui proses difusi dari lapisan dermis yang ada dibawahnya. Berikut yaitu 4 Lapisan pada Epidermis :



  • Lapisan Tanduk(Stratum Korneum)

  • Lapisan Malphigi (Stratum Granulosum)

  • Lapisan Spinosum (Stratus Spinosum)

  • Lapisan Basal (Stratum Germinativum)


 


2. Lapisan Dermis (Kulit Jangat)


Lapisan Dermis yaitu lapisan kulit yang terdiri atas pembuluh darah, kelenjar minyak, kantung rambut, ujung – ujung saraf indra, dan kelenjar keringat. Pembuluh darah pada lapisan ini sangat luas sehingga bisa menampung sekitar 5 % dari jumlah darah di seluruh tubuh. Berikut yaitu klarifikasi untuk penyusun Kulit Dermis :



  • Pembuluh Darah

  • Ujung Saraf Indera

  • Kelenjar Keringat

  • Katung Rambut

  • Kelenjar Minyak


 


3. Hipodermis (Jaringan ikat Bawah Kulit)


Hipodermis merupakan jaringan ikat yang terletak di bawah lapisan dermis, namun batas pemisah antara serpihan Hipodermis dengan serpihan dermis ini tidak jelas. Lapisan ini merupakan kawasan penyimpanan lemak dalam tubuh, sehingga sering juga dikenal dengan Lapisan Lemak Bawah Tubuh. Lemak tersebut berfungsi untuk melindungi dari benturan benda keras, sebagai penjaga suhu badan alasannya yaitu lemak sanggup menyimpan panas, dan sebagai sumber energi cadangan.


 


 


itulah klarifikasi mengenai Panca Indera : Pengertian, Macam, Dan Bagian Beserta Fungsinya Lengkap, semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca, sekian terimakasih 🙂


 


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :


Baca Juga :  Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Kulit Menurut Para Ahli Biologi Beserta 20 Penyakit Kulit

Baca Juga :  √ Mata : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap

Baca Juga :  √ Jantung : Pengertian, Bagian & Fungsinya Terlengkap

Baca Juga :  √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bab Fungsinya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel