iklan

✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet Dalam Tata Surya Lengkap

Pengertian Planet
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu planetai, yang berarti “pengembara”. Hal ini disebabkan kedudukan planet terhadap bintang tidaklah tetap. Planet ialah benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri, berbentuk bulatan, dan beredar mengelilingi bintang (Matahari). Sebagian besar planet mempunyai pengiring atau pengikut yang disebut Satelit yang beredar mengelilingi planet.

Planet merupakan benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri, berbentuk bulatan dan beredar mengelilingi matahari. Sebagian besar planet mempunyai pengiring atau pengikut planet yang disebut satelit yang beredar mengelilingi planet

Dalam sistem tata surya terdapat delapan planet. Berdasarkan urutannya dari matahari. Planet-planet tersebut terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, beredar mengelilingi matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing dalam suatu sistem tata surya.

Klasifikasi Planet
1. Berdasarkan Massanya:
 Planet Bermassa Besar (Superior Planet), terdiri atas Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
 Planet Bermassa Kecil (Inferior Planet), terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

2. Berdasarkan Jaraknya ke Matahari
 Planet Dalam (Interior Planet)
Yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih akrab dari jarak rata-rata bumi ke matahari atau lintasannya berada di antara lintasan bumi dan matahari. Berdasarkan kriteria tersebut, maka yang termasuk Planet Dalam ialah Merkurius dan Venus.

Planet Merkurius ataupun Venus mempunyai kecepatan peredaran mengelilingi matahari berbeda-beda sehingga letak atau kedudukan planet tersebut jikalau dilihat dari bumi akan berubah- ubah. Sudut yang dibuat oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari dengan suatu planet disebut elongasi.

Besarnya sudut elongasi yang dibuat oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari-Merkurius, yaitu antara 0°28°, sedangkan sudut elongasi Bumi-Matahari-Venus ialah antara 0°50°.

 Planet Luar (Eksterior Planet)
Yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih jauh dari jarak rata-rata bumi ke matahari atau lintasannya berada di luar lintasan bumi. Planet-planet yang termasuk ke dalam kelompok planet luar, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dilihat dari bumi, sudut elongasi kelompok Planet Luar berkisar antara 0°180°. Jika elongasi salah satu planet mencapai 180°, hal ini berarti planet tersebut sedang berada dalam kedudukan oposisi, yaitu suatu kedudukan di mana suatu planet berkedudukan berlawanan arah dengan posisi matahari dilihat dari bumi. Pada ketika oposisi berarti planet tersebut berada pada jarak paling akrab dengan bumi.

Adapun jikalau elongasi salah satu planet mencapai 0° berarti planet tersebut mencapai kedudukan konjungsi, yaitu suatu kedudukan di mana suatu planet berada dalam posisi searah dengan matahari dilihat dari bumi, pada ketika konjungsi berarti planet tersebut berada pada jarak yang paling jauh dengan bumi.

Beberapa hal penting mengenai keberadaan planet-planet antara lain sebagai berikut.
 Cahaya planet merupakan cahaya yang diterima dari Matahari kemudian dipantulkan kembali, artinya planet tidak mempunyai cahaya sendiri
 Planet-planet berkilauan dan tidak berkelap-kelip menyerupai halnya bintang sejati.
 Planet-planet terlihat sebagai keping atau cakram jikalau dilihat dengan teropong.
 Bidang lintasan planet-planet berbentuk elips.
 Arah peredaran planet-planet mengelilingi matahari antara satu dengan yang lain sama.
 Kebanyakan planet-planet mempunyai satelit pengiring menyerupai bulan pada planet Bumi.

Syarat Planet
Sejak duduk di dingklik sekolah dasar, kau sudah diperkenalkan dengan sistem Tata Surya. Berapakah jumlah planet-planet di sistem Tata Surya? Ya, dahulu kita mengenal ada sembilan planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Tetapi ketika ini yang diakui sebagai planet anggota Tata Surya hanya delapan, kecuali Pluto. Mengapa hal itu sanggup terjadi?

Dalam dunia ilmu pengetahuan, kebenaran bukanlah suatu hal yang mutlak. Yang dahulunya dianggap benar ketika ini sanggup dianggap salah. Hal itu terjadi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Demikian halnya yang terjadi dalam ilmu astronomi dunia.

Sidang Umum Perkumpulan Astronomi Internasional (International Astronomical Union atau IAU) ke-26 yang berlangsung di Praha, Republik Ceko, pada tanggal 25 Agustus 2006 telah tetapkan beberapa keputusan yang penting, di antaranya ialah resolusi 5A yang berisi mengenai definisi sebuah planet. Suatu benda angkasa sanggup disebut sebagai planet apabila mempunyai syarat-syarat sebagai berikut.
 Berada dalam suatu orbit yang mengelilingi matahari.
 Mempunyai berat yang cukup untuk gravitasi dirinya dalam mengatasi tekanan rigid supaya ia menjadi satu ekuilibrium hidrostatik (bentuk hampir bulat).
 Merupakan objek yang mayoritas dalam orbitnya sendiri.

Ciri-Ciri Planet
Planet ialah benda langit  yang unik dan mempunyai beberapa karakteristik. Lantas apa yang membedakan planet dengan benda langit menyerupai bintang, meteor, komet atau matahari? Terdapat beberapa ciri-ciri planet yang membedakan planet dengan benda dan objek astronomis lain. Sebenarnya antar satu planet dengan planet lain mempunyai ciri-ciri khusus, namun secara umum, ciri-ciri planet ialah sebagai berikut.
 Memiliki orbit atau lintasan
 Memiliki kemiringan sumbu
 Melakukan rotasi yaitu perputaran planet pada porosnya
 Melakukan revolusi yaitu proses planet mengelilingi matahari
 Melakukan pencucian orbit dari planetesimal sehingga tidak terjadi goresan dengan objek langit lain
 Berbentuk sfer (bola) atau sferoidal
 Massa planet cukup besar untuk membuat gravitasi sendiri
 Massa planet tidak terlalu besar untuk membuat fusi termonuklir
 Mengalami diferensiasi internal
 Memiliki atmosfer (kecuali Merkurius)
 Memiliki medan magnet
 Memiliki satelit alami (kecuali Merkurius dan Venus)

Macam-Macam Planet, Gambar dan Ciri-Cirinya
Terdapat 9 jenis planet dalam Tata Surya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Planet Kerdil. Berikut ini ialah klarifikasi lengkap mengenai karakteristik atau ciri-ciri sembilan planet dalam Sistem Tata Surya (The Solar System) tersebut beserta gambarnya.
1. Pengertian dan Ciri-Ciri Planet Merkurius
Kata Merkurius berasal dari sebuah nama yang kuasa kurir dari kerajaan Romawi. Planet Merkurius ialah suatu planet yang mempunyai suatu letak paling akrab dengan Matahari, hal ini lah yang membuat suhu permukaan pada siang hari sanggup mencapai 400 derajat celcius, namun pada ketika malam hari akan turun hingga mencapai 180 derajat celcius.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Planet Merkurius ialah suatu planet yang terkecil yang ada didalam tata surya, akan tetapi mempunyai berat yang hampir menyerupai beratnya dengan planet bumi. Hal ini dikarenakan Planet Merkurius tersusun oleh besi yang sangat besar hingga berdiameter 3.600 km. Untuk mengamati planet merkurius waktu yang tepatnya pada waktu menjelang pagi atau senja.

Ciri-Ciri Planet Merkurius:
 Waktu rotasi planet Merkurius selama 58,64 hari
 Waktu revolusi planet Merkurius selama 88 hari
 Ukuran diamater planet Merkurius ialah 4.879 km
 Volume planet Merkurius ialah 6,083 × 1010 km3
 Suhu rata-rata planet Merkurius sekitar 167oC
 Jarak planet Merkurius dari matahari ialah 57,9 juta km
 Planet Merkurius tidak mempunyai satelit
 Planet Merkurius tidak mempunyai cincin
 Planet Merkurius ialah planet terdekat dengan matahari
 Planet Merkurius ialah planet terkecil dalam tata surya
 Planet Merkurius ialah planet dengan waktu revolusi tercepat di tata surya

2. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Venus
Kata Venus berasal dari nama sebuah dewi cinta dan kecantikan dari bangsa Romawi. Tidak hanya itu, Planet Venus dikenal juga dengan bintang sore, bintang senja, bintang fajar dan juga sering kita sebut dengan bintang kejora, hal ini dikarenakan Planet Venus ini sanggup kita amati pada waktu petang hari dan juga pada ketika sebelum matahari terbit. Planet Venus ini terlihat menyerupai bintang pada ketika langit malam, hal ini dikarenakan Planet Venus mempunyai suatu lapisan atmosfer yang tebal serta sanggup untuk memantulkan sebuah sinar matahari dengan baik.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Karena sanggup memantulkan sinar matahari dengan baik, maka Planet Venus menjadi planet yang paling terang. Planet Venus ialah suatu planet terpanas yang ada didalam tata surya dan mempunyai suhu hingga mencapai lebih dari 470 derajat celcius. Planet Venus ini juga satu-satunya planet yang sanggup berputar searah dengan jarum jam.

Ciri-Ciri Planet Venus:
 Waktu rotasi planet Venus selama 243 hari
 Waktu revolusi planet Venus selama 224,7 hari
 Ukuran diamater planet Venus ialah 12.104 km
 Volume planet Venus ialah 9,28 × 1011 km3
 Suhu rata-rata planet Venus sekitar 464oC
 Jarak planet Venus dari matahari ialah 108,2 juta km
 Planet Venus tidak mempunyai satelit
 Planet Venus tidak mempunyai cincin
 Planet Venus berotasi dari arah timur ke barat
 Planet Venus ialah planet dengan waktu rotasi terlama di tata surya
 Planet Venus ialah planet terpanas di tata surya

3. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Bumi
Planet Bumi ialah sebuah planet yang sanggup dihuni atau ditinggali oleh makhluk hidup. Hal ini dikarenakan Planet Bumi mempunyai suhu yang relatif tetap. Suhu di Planet Bumi ini sanggup menjaga air semoga tetap tersedia dalam bentuk cair serta sanggup menjaga banyak sekali macam suatu organisme penghasil oksigen yang tetap hidup.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Tebal dari atmosfer Planet Bumi ini sanggup mencapai 700 km yang sebagian besar atmosfer tersebut ialah suatu nitrogen dan oksigen. Lebih dari 70% permukaan Bumi ini ialah air dan sisanya berupa daratan. Bumi menyerupai planet yang lain, tidak mempunyai cahaya. Bumi pun mempunyai satelit menyerupai planet lainnya. Bulan sebagai satelit alami Bumi, mempunyai gerakan mengelilingi Bumi dengan waktu putaran 29,5 hari.

Ciri-Ciri Planet Bumi:
 Waktu rotasi planet Bumi selama 23 jam 57 menit
 Waktu revolusi planet Bumi selama 365,242 hari
 Ukuran diamater planet Bumi ialah 12.756,3 km
 Volume planet Bumi ialah 1,08321 × 1012 km3
 Suhu rata-rata planet Bumi sekitar 15oC
 Jarak planet Bumi dari matahari ialah 149,6 juta km.
 Planet Bumi mempunyai 1 satelit yaitu bulan
 Planet Bumi tidak mempunyai cincin
 Planet Bumi menjadi satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup
 Planet Bumi merupakan sumber kehidupan dengan mempunyai suhu yang cocok bagi kehidupan, air dan adanya suatu oksigen untuk makhluk hidup bernapas.

4. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Mars
Kata Mars berasal dari nama yang kuasa perang dan legenda dari bangsa Romawi. Planet Mars ini juga sering kita sebut dengan planet merah. Disebut dengan planet merah lantaran permukaan Planet Mars ini mempunyai warna merah yang berasal dari besarnya karat yang terdapat dalam seluruh permukaan dari Planet Mars tersebut.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Permukaan Mars ini terdiri atas sebuah gunung-gunung berapi yang berukuran besar, lapisan es, lembah, serta sungai kering. Planet Mars ini mempunyai 2 buah satelit yang berukuran kecil, yaitu Phobos dan Deimos. Temperatur Planet Mars lebih rendah dibandingkan dengan temperatur di Bumi.

Ciri-Ciri Planet Mars:
 Waktu rotasi planet Mars selama 9 jam 56 menit
 Waktu revolusi planet Mars selama 11 tahun 10 bulan 3 hari
 Ukuran diameter planet Mars ialah 6.794 km
 Volume planet Mars ialah 1,6318 × 1011 km3
 Suhu rata-rata planet Mars sekitar 65oC
 Jarak planet Mars dari matahari ialah 227,9 juta km
 Planet Mars mempunyai 2 buah satelit
 Planet Mars tidak mempunyai cincin
 Planet Mars tersusun dari suatu karbon dioksida (CO2) yang tipis
 Planet Mars disebut Red Planet karena warnanya yang kemerahan

5. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Yupiter
Kata Yupiter atau Planet Zeus berasal dari nama raja dewa-dewa dari bangsa Yunani kuno. Planet Yupiter ini merupakan suatu planet terbesar dalam tata surya. Planet Yupiter mempunyai ukuran berdiameter sekitar 11 kali dari diameter Bumi dan mempunyai beratnya sekitar dua kali dari jumlah berat semua planet yang ada didalam tata surya.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Permukaan dari suatu Planet Yupiter diselimuti dengan awan tebal yang sebagian besarnya terbentuk oleh gas hidrogen dan helium. Planet Jupiter mempunyai Gaya tarik yang sangat besar, hal ini sanggup mengubah suatu gas hidrogen menjadi cair. Sedangkan cuilan inti Planet Yupiter ini, mempunyai tekanan besar yang sanggup mengubah hidrogen menjadi suatu logam padat.

Ciri-Ciri Planet Yupiter:
 Waktu rotasi planet Jupiter selama 10 jam 40 menit
 Waktu revolusi planet Jupiter selama 29,42 tahun
 Ukuran diameter planet Jupiter ialah 139.822 km
 Volume planet Jupiter ialah 1,4313 × 1015 km3
 Suhu rata-rata planet Jupiter sekitar 50oC
 Jarak planet Jupiter dari matahari ialah 778,3 juta km
 Planet Jupiter mempunyai 67 buah satelit
 Planet Jupiter mempunyai sebuah cincin
 Planet Jupiter ialah planet terbesar dalam tata surya
 Planet Jupiter memantulkan 70% cahaya matahari hingga mengenai seluruh permukaan planet
 Planet Jupiter mempunyai gas yang terdiri dari 90% hidrogen dan 10% helium
 Planet Jupiter ialah planet dengan waktu rotasi tercepat di tata surya
 Planet Jupiter ialah planet dengan jumlah satelit alam terbanyak dalam tata surya

6. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Saturnus
Planet Saturnus ditemukan pada era ke-18 sesudah planet Uranus. Waktu yang dipakai untuk mengelilingi matahari kurang lebih 2930 tahun, sekali berotasi memerlukan waktu 387 hari. Saturnus mempunyai atmosfer yang hampir sama dengan Yupiter, yaitu terdiri atas unsur-unsur amonia.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Saturnus mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan planet lain, di antaranya mempunyai cincin, terdiri atas tiga cuilan yang konsentris, yaitu cuilan dalam, gelang berbentuk khas (dusky ring), dan cuilan luar. Cassini gelang yang paling terang ialah gelang cuilan dalam, dan planet ini mempunyai 9 buah satelit.

Tebal cincin Saturnus kurang lebih antara 10 hingga 100 meter saja, unsur-unsurnya mengandung butiran es dan sangat halus. Lebar cincin sekitar 275.000 kilometer. Planet ini nomor 3 paling terang di antara ke sembilan planet. Saturnus mempunyai 10 satelit yang mengelilinginya. Jarak antara Saturnus dan Matahari ialah 1.427.000.000 kilometer.

Ciri-Ciri Planet Saturnus:
 Waktu rotasi planet Saturnus sekitar 10 jam 40 menit
 Waktu revolusi planet Saturnus sekitar 29,42 tahun
 Ukuran diameter planet Saturnus ialah 120.536 km
 Volume planet Saturnus ialah 8,2713 × 1014 km3
 Suhu rata-rata planet Saturnus sekitar 140oC
 Jarak planet Saturnus dari matahari ialah 1433,5 juta km
 Planet Saturnus mempunyai 62 buah satelit
 Planet Saturnus mempunyai sebuah cincin yang terdiri dari watu dan bongkahan es
 Planet Saturnus mempunyai permukaan yang terdiri dari sebuah kristal es
 Planet Saturnus sering dijuluki sebagai planet terindah dalam tata surya

7. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Uranus
Kata Uranus diambil dari nama dewi langit Yunani kuno, yaitu Urania. Planet Uranus gres ditemukan pada tahun 1781 oleh William Herschel di Inggris yang semula disangka komet. Mulanya planet ini dinamakan Gregorium Titus (sebagai penghargaan kepada Raja Georgia III). Akan tetapi, para astronom menyebutnya Planet Herschel, kemudian oleh Boscho disebut dengan Uranus.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Planet Uranus ini berjarak sekitar 2.872 km dari Matahari, oleh alasannya ialah itu sanggup melaksanakan satu kali revolusi yang diharapkan sekitar 84 tahun. Letak planet uranus dengan matahari sangatlah jauh jaraknya, hal ini sanggup membuat permukaan Planet Uranus ini sangat dingin.

Sinar Matahari membutuhkan waktu sekitar 8 menit guna mencapai Bumi, dibandingkan dengan Planet Uranus, planet uranus membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Pada ekspresi dominan panas, Matahari akan bersinar selama 20 Tahun, sedangkan pada ketika ekspresi dominan dingin, kegelapan akan menyelimuti selama lebih 20 tahun lamanya. dan pada ekspresi dominan gugur, Matahari akan terbit serta terbenam selama 9 jam.

Ciri-Ciri Planet Uranus:
 Waktu rotasi planet Uranus sekitar 17 jam 14 menit
 Waktu revolusi planet Uranus sekitar 84 tahun
 Ukuaran diameter planet uranus ialah 50.724 km
 Volume planet Uranus ialah 6,833 × 1013 km3
 Suhu rata-rata planet Uranus sekitar 140oC
 Planet Uranus mempunyai 27 buah satelit
 Jarak planet Uranus dari matahari ialah 2.872 juta km
 Planet Uranus mempunyai cincin
 Planet Uranus mempunyai warna hijau kebiruan lantaran kandungan metana yang sangat tebal

8. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Neptunus
Planet Neptunus ditemukan oleh Bonvard pada tahun 1821 di Paris, Prancis. Jika dilihat dari bentuknya Neptunus merupakan saudara kembar Uranus, terutama besarnya. Radiusnya sekitar 4 kali radius bumi. Garis tengahnya kurang lebih 53.000 kilometer. Waktu yang dipakai untuk mengelilingi matahari kurang lebih 164,79 tahun, sedangkan rotasinya 15 jam.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Planet Neptunus ini mempunyai warna yang tampak cerah biru kehijauan. Planet Neptunus ini sanggup disebut juga sebagai planet pembuat ulah, hal ini dikarenakan Planet Neptunus ini sering beredar keluar dari garis orbitnya. Planet Neptunus ini juga dikenal sebagai kembaran dari Planet Uranus.

Planet neptunus ini mempunyai Atmosfer terdiri atas 1,5% metana, 19% helium, dan 80% hidrogen. Permukaan dari Planet Neptunus ini tertutup oleh suatu lapisan es yang sangat tebal. Yang suhunya mencapai sekitar 223 derajat celcius.Planet ini mempunyai lima satelit. Dari lima satelit ini ada dua satelit besar yang diberi nama Triton dan Nereid.

Ciri-Ciri Planet Neptunus:
 Waktu rotasi planet Neptunus sekitar 16 jam 7 menit
 Waktu revolusi planet Neptunus sekitar 164,8 tahun
 Ukuran diameter planet Neptunus ialah 50.500 km
 Volume planet Neptunus ialah 6,254 × 1013 km3
 Suhu rata-rata planet Neptunus sekitar 223oC
 Jarak planet Neptunus dari matahari ialah 4.500 juta km
 Planet Neptunus mempunyai 13 buah satelit
 Planet Neptunus mempunyai sebuah cincin
 Planet Neptunus mempunyai atmosfer yang terdiri dari es, metana, air, helium, gas hidrogen dan amoniak
 Planet Neptunus mempunyai orbit yang berbarisan dengan Pluto
 Planet Neptunus ialah planet terjauh dari matahari dan planet terjauh dari Bumi
 Planet Neptunus ialah planet dengan waktu revolusi terlama di tata surya

9. Pengertian dan Ciri-Ciri  Planet Kerdil
Planet Kerdil disebut juga Planet Katai atau Dwarf Planet. Selain mendefinisikan sebuah planet, hasil resolusi IAU yang berlangsung di Praha juga mendefinisikan wacana ”dwarf planet” atau planet kerdil. Syarat-syarat pendefinisian ”dwarf planet” hampir sama dengan definisi planet. Yang membedakan ialah planet kerdil bukan benda mayoritas pada orbitnya serta bukan satelit (benda angkasa yang mengorbit planet).
Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu ✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet dalam Tata Surya Lengkap
Pluto yang dahulunya masuk dalam formasi planet di Tata Surya, statusnya diubah sebagai planet kerdil. Bersamaan dengan Pluto ada beberapa objek yang berada di sekitar Pluto dikategorikan sebagai planet kerdil, yaitu asteroid Ceres, 2003 UB313 (ditemukan oleh Mike Brown dari Institut Teknologi California dengan nama samaran 'Xena') dan bulan terbesar di Pluto yang disebut Charon.

Sumber http://blogmipa-geografi.blogspot.com

0 Response to "✔ Pengertian, Ciri, Syarat, 9 Macam + Gambar Planet Dalam Tata Surya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel