iklan

Pengertian, Landasan, Dan Tujuan Pancasila

PANCASILA













PANCASILA

Pengertian Pancasila


Pancasila ialah sebagai dasar negara yang sering disebut dasar falsafah negara (philosophiche grondslag atau dasar filsafat negara) ideologi negara (staatsidee), dari negara.


Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara. Dengan tujuan, pancasila dipakai sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan suatu negara.


Pengertian Pancasila Sebagai dasar negara yang dimaksud sesuai dengan suara pembukaan pada Undang-Undang Dasar 1945 Alenia IV yang menyatakan
Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melakukan ketertiban dunia yang menurut kemerdekaan, perdamaian infinit dan keadilan sosial.
Maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar Negara Republik Indonesia yang membentuk dalam suatu susunan negara Indonesia yang berkedaulatan rekyat dengan menurut kepada ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Norma aturan pokok yang disebut pokok kaidah mendasar dari negara itu dalam aturan memiliki hakikat dan juga kedudukan yang kuat, tetap, dan tidak berubah bagi negara yang terbentuk dengan perkataan lain. Dengan jalan aturan tidak dapat diubah-ubah. Fungsi dari pancasila Sebagai pokok kaidah yang fundamental. Hal yang paling penting sekali alasannya ialah Undang-Undang Dasar harus berasal dan berada dibawah pokok kaidah negara yang mendasar itu.




Landasan Pancasila 



  1. Landasan Historis 

  2. Landasan Kultural

  3. Landaan Yuridis

  4. Landasan Filosofi


Tujuan Pendidikan Pancasila 



  1.  Tujuan Pendidikan Bangsa Indonesia

  2. Tujuan Pendidikan Nasional

  3. Tujuan Pendidikan Pancasila




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Landasan, Dan Tujuan Pancasila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel