iklan

Sistem Pemerintahan Yang Ada Di Dunia

Pengertian Sistem Pemerintahan


Sistem pemerintahan ialah sistem yang dimiliki suatu negara dalam mengatur pemerintahannya. Sesuai dengan kondisi negara masing-masing.

Sistem pemerintahan memiliki sistem dan tujuan untuk menjaga suatu kestabilan negara itu. Namun di beberapa negara sering terjadi tindakan separatisme alasannya ialah sistem pemerintahan yang dianggap memberatkan rakyat ataupun merugikan rakyat. Sistem pemerintahan memiliki fondasi yang besar lengan berkuasa dimana tidak sanggup diubah dan menjadi statis. Jika suatu pemerintahan mempunya sistem pemerintahan yang statis, diktatorial maka hal itu akan berlangsung selama-lamanya sampai adanya desakan kaum minoritas untuk memprotes hal tersebut.


  1. Secara luas berarti sistem pemerintahan itu menjaga kestabilan masyarakat, menjaga tingkah laris kaum lebih banyak didominasi maupun minoritas, menjaga fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang kontinu dan demokrasi dimana seharusnya masyarakat sanggup ikut turut andil dalam pembangunan sistem pemerintahan tersebut.Hingga ketika ini hanya sedikit negara yang sanggup mempraktikkan sistem pemerintahan itu secara menyeluruh.

  2. Secara sempit,Sistem pemerintahan hanya sebagai sarana kelompok untuk menjalankan roda pemerintahan guna menjaga kestabilan negara dalam waktu relatif usang dan mencegah adanya sikap reaksioner maupun radikal dari rakyatnya itu sendiri.


Sistem Pemerintahan dibagi menjadi 6, yaitu :



  1.  Presidensial, yaitu sistem pemerintahan negara republik yang kekuasaan direktur dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuatan legislatif. Pada sistem pemerintahan presidensial kedaulatan negara dibagi dalam trias politica oleh Monstequieu yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

  2. Parlementer,  ialah sebuah dewan legislatif khususnya di negara-negara sistem pemerintahannya berdasarkan sistem Westminster dari Britania Raya. Nama ini berasal dari bahasa Perancis yaitu parlement. Badan legislatif yang disebut parlemen dilaksanakan oleh sebuah pemerintah dengan sistem parlementer dimana direktur secara konstitusional bertanggungjawab kepada parlemen.

  3. Semipresidensial adalah sistem pemerintahan yang menggabungkan kedua sistem pemerintahan: presidensial dan parlementer.

  4. Komunis, ialah istilah politik yang dipakai untuk mendeskripsikan bentuk pemerintahan suatu negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaan kepada komunisme (Marxisme, Leninisme, atau Maoisme).

  5. Demokrasi Liberal, yaitu demokrasi yang didasarkan pada kebebasan individualisme. Demokrasi ini juga sanggup diartikan sebagai demokrasi yang mencita-citakan tercapainya pemerintahan yang tunduk kepada hukum.

  6. Liberal, yaitu sistem yang menganut kebebasan bagi warga negaranya. 


Itulah ulasan perihal Sistem Pemerintahan Yang Ada Di Dunia  Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih


Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :



 




    Sumber aciknadzirah.blogspot.com

    0 Response to "Sistem Pemerintahan Yang Ada Di Dunia"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel