iklan

Organ Mata Insan | Bab Mata Dan Fungsinya

A. Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Mata yakni salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Mata merupakan salah satu panca indera manusia. Mata merupakan indera untuk penglihatan. Tanpa mata, kita tidak sanggup melihat benda-benda yang ada di dunia ini. Mata bisa melihat apabila ada cahaya. Dalam gelap mata tidak sanggup melihat, lantaran tidak ada cahaya yang masuk ke dalam mata.

 Mata merupakan salah satu panca indera insan Organ Mata Manusia | Bagian Mata Dan Fungsinya
Gambar bagian-bagian mata
Organ mata sanggup dibedakan menjadi dua kepingan yaitu organ mata kepingan luar dan organ mata kepingan dalam. Organ kepingan luar pada umumnya berfungsi untuk melindungi organ mata kepingan dalam. Sedangkan organ mata kepingan dalam berfungsi untuk mendapatkan cahaya yang masuk kemudian meneruskannya ke otak.

I. Organ Mata Bagian Luar
Yaitu organ mata yang letaknya diluar bola mata yaitu ibarat kelopak mata, alis mata dan bulu mata. Kelopak mata berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata. Alis mata berfungsi untuk menahan keringat dan air hujan masuk ke dalam bola mata, selain itu alis mata juga berkhasiat untuk mempercantik dan memperindah organ mata. Bulu mata berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk serta melindungi mata dari benda-benda asing.

II. Organ Mata Bagian Dalam
Organ mata kepingan dalam yakni organ-organ yang membentuk bola mata. Adapun organ mata kepingan dalam sebagai berikut :
  1. Kornea mata (selaput bening), berfungsi untuk mendapatkan cahaya dari sumber cahaya dan meneruskannya ke kepingan mata yang lebih dalam dan berakhir di retina. Sifatnya tidak berwarna (bening) dan tidak punya pembuluh darah. Bila terjadi kerusakan maka sanggup mengakibatkan kebutaan.
  2. Iris (selaput pelangi), terletak di tengah-tengah bola mata, dibelakang kornea. Warna iris dipengaruhi oleh jenis ras atau bangsa.
  3. Pupil (anak mata), berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk. Dengan demikian cahaya tidak terlalu banyak (menyilaukan) atau terlalu sedikit (redup). Fungsi anak mata atau pupil sama dengan fungsi diafragma pada alat potret (kamera). Sifatnya jikalau cahaya teralalu banyak, pupil akan mengecil. Tapi apabila cahaya terlalu sedikit, pupil akan membesar. Pupil yakni celah bundar yang ada di tengah-tengah iris.
  4. Lensa mata, berfungsi untuk memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata biar jatuh sempurna pada retina (selaput jala).  Dengan demikian, mata sanggup melihat dengan jelas. Selain itu lensa juga punya fungsi untuk mencembung dan memipih untuk memfokuskan jatuhnya cahaya. Letak lensa ini terletak di tengah-tengah bola mata, yaitu di belakang anak mata (pupil) dan selaput pelangi. Sifatnya bila kita mengamati benda letaknya dekat, maka mata berakomodasi dengan kuat. Akibatnya, lensa mata menjadi lebih cembung, dan bayangan sanggup jatuh sempurna di retina. Namun sebalinya apabila kita mengamati benda yang letaknya jauh, maka mata tidak berakomodasi. Akibatnya, lensa mata berbentuk pipih. Kemampuan lensa mata untuk mengubah kecembungannya ini disebut daya akomodasi.
  5. Badan bening, fungsinya untuk meneruskan cahaya yang telah melewati lensa. Cahaya itu selanjutnya disampaikan ke selaput jala. Letak tubuh bening yakni di belakang lensa, bentuknya ibarat agar-agar.
  6. Retina (selaput jala), yakni kepingan yang paling peka terhadap cahaya. Khususnya bitik kuning. Retina berfungsi menangkap dan meneruskan cahaya dari lensa ke saraf mata. Di dalam selaput jala terdapat ujung-ujung saraf penerima, letaknya merupakan selaput yang terletak paling belakang.
  7. Saraf mata, atau saraf optik ini berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya ke otak. Informasi-informasi yang dibawa oleh saraf nantinya akan diproses di otak. Dengan demikian kita sanggup melihat suatu benda.
B. Cara Kerja Mata
Sungguh bahagianya kita lantaran dianugerahi mata oleh Allah SWT. Kita seharusnya bersyukur kepada-Nya lantaran anugerah yang terindah ini. Dengan mata yang sehat, kita sanggup melihat semua pemandangan. Oleh lantaran itu kita harus menjaga mata kita dan merawatnya dengan sebaik-baiknya.

Cara kerja mata yaitu :
  • Mata bekerja ketika mendapatkan cahaya. Tanpa cahaya, mata tidak sanggup manjalankan fungsinya. Cahaya memasuki mata melalui pupil. Lensa mata mengarahkan cahaya sehingga bayangan benda jatuh pada retina. Kemudian, ujung-ujung saraf peserta yang ada di retina memberikan bayangan benda itu ke otak. Setelah diproses di otak, kita sanggup melihat suatu benda.
Mata merupakan salah satu indera yang tak ternilai harganya. Mata terdiri atas bola mata yang terdapat di dalam lekuk mata. Dinamakan bola mata lantaran bentuknya memang ibarat bola. Dalam bola mata terdiri atas bagian-bagian penting dalam penglihatan.

Mata dihentikan kemasukan debu atau benda apa saja. Juga dihentikan kena sinar yang menyilaukan. Oleh lantaran itu, mata dilindungi dari hal-hal yang mengganggu :
  • Gerak reflek
  • Letak bola mata dalam sebuah lekuk diantara dahi dan tulang pipi, sehingga cukup terlindung
  • Kelopak mata menghasilkan air mata oleh kelenjar air mata. Air mata dipakai untuk membasahi kornea. Bulu-bulu mata gunanya untuk mengurangi cahaya yang masuk
  • Alis mata, di atas mata terdapat alis mata yang gunanya untuk menghindarkan masuknya keringat.
C. Kepekaan Mata Terhadap Rangsang
Kemampuan dan kepekaan setiap orang itu berbeda-beda. Ada orang yang lensa matanya sanggup berakomodasi dengan baik, ada juga yang tidak. Akibatnya, ada orang yang sanggup melihat benda yang letaknya jauh dengan jelas, ada juga yang tidak.

Perbedaan kemampuan mata seseorang di atas disebabkan lantaran adanya perbedaan kepekaan. Ada orang yang tahan dengan cahaya banyak, ada yang tidak tahan. Ada orang yang sanggup melihat dalam suasana redup (remang-remang), ada yang tidak.

D. Menjaga Kesehatan Mata
Mata penting bagi kehidupan keseharian kita. Karena mata mempunyai bagia-bagian yang amat sensitif (peka) teradap benda asing. Yang tentu saja kepingan itu gampang terluka.
Berikut ini banyak sekali macam jenis kelainan dan penyakit mata :
  • Miopi (Rabun Jauh), yaitu ketidakmampuan mata kita untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. Kelainan ini sanggup diatasi dengan memakai kacamata berlensa minus (lensa cekung).
  • Hipermetropi (Rabun Dekat), yaitu ketidakmampuan mata kita untuk melihat benda yang akrab dengan jelas. Kelainan ini sanggup diatasi dengan memakai kacamata berlensa plus (lensa cembung).
  • Presbiopi (Mata Tua), yaitu ketidakmampuan mata kita untuk melihat benda yang akrab dan jauh dengan jelas. Kelainan mata ini sanggup diatasi dengan memakai kacamata berlensa ganda, yaitu minus dan plus.
  • Rabun Senja, yaitu kelainan mata dimana mata tidak bisa untuk melihat warna-warna tertentu. Selain itu ada pula orang yang buta warna total, walaupun hal itu sangat jarang sekali. Pada buta warna total, walaupun hal itu sangat jarang sekali. Pada buta warna total, mata hanya mengenal warna putih dan hitam.
  • Mata Merah, yaitu terjadi lantaran kemasukan benda asing, sehingga mata akan terasa gatal dan perih. Mata merah yang tidak segera diobati sanggup mengakibatkan menumpuknya kotoran di sudut mata.
  • Katarak, yaitu terdapatnya lapisan putih yang sebenarnya lapisan itu yakni lensa yang menjadi buram. Biasanya katarak menyerang orang lanjut usia. Katarak sanggup disembuhkan dengan operasi pengangkatan lensa yang buram dan menggantinya dengan lensa buatan.
Cara Mencegah Penyakit / Kelainan Mata 
  1. Jagalah kebesihan mata, sehingga tidak kemasukan kotoran.
  2. Lindungi mata jikalau berada di kawasan yang berdebu dan berasap.
  3. Segera tetesi mata dengan obat tetes mata. Hal ini akan sanggup menciptakan kotoran terdorong keluar.
  4. Makanlah makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A baik bagi kesehatan mata.
  5. Biasakan membaca buku dengan jarak sekitar 30 cm dan dengan penerangan yang cukup.
  6. Periksakan diri ke dokter mata jikalau mata anda mulai tidak bisa melihat dengan baik. Apalagi bila disertai dengan pusing atau sakit kepala. Jika tidak segera berobat, mata sanggup mengalami gangguan yang lebih parah.
Cukup sekian klarifikasi aku perihal organ mata sebagai indera penglihatan, pembahasannya mencakup bagian-bagian mata beserta fungsi, cara kerja mata, kelainan atau penyakit-penyakit mata. 

Sumber http://smartinyourhand.blogspot.com

0 Response to "Organ Mata Insan | Bab Mata Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel