iklan

Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Peranan Indeks Harga Secara Lengkap



Pengertian, Jenis-Jenis, dan Peranan Indeks Harga – Laju inflasi yaitu naik turun nya tingkat harga barang kebutuhan dari waktu ke waktu, sanggup diukur dengan memakai indeks harga. Indeks harga menggambarkan perubahan presntase harga barang yang berlaku dalam suatu negara pada waktu tertentu. Indeks harga memperlihatkan laba bgi pihak-pihak tertentu, contohnya pemilik perusahaan, pejabat pemerintah, andal ekonomi, dan penegak hukum.


 Laju inflasi yaitu naik turun nya tingkat harga barang kebutuhan dari waktu ke waktu Pengertian, Jenis-Jenis, dan Peranan Indeks Harga Secara Lengkap



Pengertian Indeks Harga


Indeks harga diartikan perbandingan perubahan harga dari tahun tertentu (given year) dari tahun dasar (based year). Indeks harga mempunyai kegunaan untuk mengetahui ukuran perubahan variabel ekonomi sebagai alat ukur keadaan perekonomian suatu negara yang dinyatakan dalam presentase. Indeks harga mempunyai peranan penting kaitannya dengan penentuan kebijakan ekonomi pemerintah dalam upaya mengatasi inflasi.


Jenis-Jenis Indeks Harga


1. Indeks Harga Konsumen

Indeks Harga konsumen (IHK) menggambarkan perubahan harga suatu barang dan/atau jasa yang dibeli konsumen. Indeks harga ini memuat data ihwal harga barang dan/atau jasa yang dikumpulkan dari banyak sekali daerah/kota. Data ini menggamabarkan sikap keluarga konsumen dalam membelanjakan pendapatan nya. Data ini diambil dari empat kelompok, yaitu makanan, pakaian, perumahan, dan aneka barang atau jasa. IHK sanggup digunkan dalam mengukur tingkat suatu negara. Selain itu, menjadi dasar dalam penentuan adaptasi gaji, upah, uang pensiunan, dan kontrak lain nya.


2. Indeks Harga Produsen

Indeks harga produsen (IHP) juga disebut indeks harga pedagang besar. IHP yaitu perbandingan harga barang dan/atau jasa yang dibeli produsen pada waktu tertentu. Meliputi materi mentah dan materi setengah jadi. Jenis barang yang dibandingkan indeks harga produsen dikelompokkan menjadi beberapa sektor dan pada setiap sektornya terhadap subsektor.


3. Indeks Harga Yang Harus di Bayar dan Diterima Petani

Indeks harga yang dibayar petani yaitu indeks harga yang menggambarkan perkembangan harga kebutuhan rumah tangga petani, baik kebutuhan konsumsi rumah tangga maupun proses produksi pertanian yang mencakup pupuk, benih, dan obat-obatan. Indeks harga yang dibayar petani dipengaruhi kebijakan pemerintah, politik dagang, harga makanan, perumahan, pakaian, aneka barang, dan nilai uang.


4. Indeks Harga Implisit (GNP Deflator)

Indeks harga implisit mempunyai kegunaan untuk memilih tingkat inflasi dari waktu ke waktu. Cara nya dengan membandingkan GNP nominal pada tahun tertentu dengan GNP riil.






Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Peranan Indeks Harga Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel