iklan

Kunci Tanggapan Ekonimi Esis Kelas X Bab4

BAB 4
A.
1.      A
2.      B
3.      C
4.      A
5.      C
6.      E
7.      E
8.      A
9.      D
10.  E

B.
1. Substansi yang harus dimasukkan ke dalam pengertian undangan antara lain keinginan, kemampuan, jumlah barang dan jasa, dan harga.

2. Harga barang komplementer turut memengaruhi undangan pasar sebab kalau harga barang komplementer naik (turun), maka undangan terhadap suatu barang menurun (meningkat). Akibatnya, undangan pasar akan turun (naik). Selain itu, harga barang substitusi juga ikut memengaruhi undangan pasar. Jika harga barang substitusi naik (turun), maka undangan terhadap suatu barang meningkat (menurun). Akibatnya, undangan pasar akan naik (turun).

3. Kurva penawaran naik dari kiri bawah ke kanan atas sebab ketika harga suatu barang naik, kuantitas yang ditawarkan akan naik. Sebaliknya, kalau harga suatu barang turun, maka kuantitas yang ditawarkan akan turun.

4. Kurva penawaran bergeser ke kanan berarti terjadi kenaikan penawaran.

5. Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran ialah sebagai berikut.
1)      Harga barang itu sendiri
2)      Harga barang dan jasa lain yang terkait
3)      Harga materi baku
4)      Tingkat teknologi
5)      Jumlah produsen
6)      Ekspektasi produsen

6. Kemajuan teknologi sanggup menggeser kurva penawaran ke kanan sebab sanggup mengubah kombinasi input serta jenis input yang dibutuhkan dalam proses produksi. Peningkatan teknologi selalu mengandung arti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, atau biaya input yang dibutuhkan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen terdorong untuk meningkatkan output. Sehingga kurva penawaran bergeser ke kanan.

7. Kita perlu mengetahui elastisitas harga biar sanggup melihat seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.

8. Permintaan barang-barang kebutuhan pokok cenderung bersifat inelastis sebab konsumen tidak akan menghentikan pembelian walaupun harganya naik.
9. Arti koefisien elastisitas penawaran 0,8 ialah kalau harga berubah sebesar 1%, maka penawaran berubah sebesar 0,8%.


10. Harga keseimbangan terbentuk pada ketika kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Terbentuknya harga keseimbangan di pasar merupakan hasil akad antara konsumen dan produsen.

Sumber http://vostfourth.blogspot.com

0 Response to "Kunci Tanggapan Ekonimi Esis Kelas X Bab4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel