iklan

Manfaat Asi Untuk Bayi Yang Masih Berumur Dibawah 6 Bulan

Manfaat ASI (Air Susu Ibu) untuk bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan yaitu sangat penting. ASI yaitu susu untuk bayi yang tiada tandingannya di dunia ini. Tuhan membuat asi khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi pada bayi yang gres lahir hingga umur 6 (enam) bulan atau 2 tahun. Dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda sebagai ibu wajib memperlihatkan ASI kepada bayi anda paling tidak hingga usia 6 bulan. 

Tidak ada susu formula yang bisa sebanding dengan ASI. Suatu penelitian telah mengungkapkan bahwa terdapat ratusan unsur zat yang berkhasiat untuk bayi terkandung pada ASI. Setelah diteliti ternyata ratusan zat-zat pada ASI tersebut memiliki fungsi yang vital dalam tumbuh kembang bayi. ASI terbentuk di dalam badan ibu dan berasal dari makanan yang dimakan oleh ibunya. Tetapi sehabis diproduksi menjadi ASI ternyata berbagai zat-zat gres yang dhasilkan. ASI yaitu satu satu gejala kebesaran Tuhan.

Mengapa ASI keluar dari payudara ibu sehabis melahirkan. Keluarnya ASI yaitu proses alamiah. ASI hanya bisa keluar pada ketika ibu sudah melahirkan. Sedangkan pada kondisi lain asi tidak akan keluar. Ini memperlihatkan bahwa pengaturan waktu tersedianya ASI dengan kedatangan bayi didunia sangat sinkron. Sinkron atau selarasnya waktu tersebut mustahil terjadi secara kebetulan, niscaya telah ditentukan terlebih dahulu secara tepat oleh Allah SWT Tuhan yang Maha Besar. Semenjak detik-detik keluarnya bayi dari perut ibu juga akan selaras dengan macam-macam zat yang terkandung di dalam ASI. Menurut para ahli, pada ketika 30 menit pertama bayi dilahirkan, pada ASI akan terdapat zat yang berjulukan kolostrum dan susu jolong. Warna zat ini kekuningan dan mengandung kandungan gizi yang sangat tinggi.

Apakah wajib bayi umur dibawah 6 bulan diberi ASI. Menurut aku pribadi jawabnya "iya", bahkan sebagian besar dokter juga menyampaikan begitu. Alangkah ruginya bayi anda kalau anda tidak memperlihatkan salah satu karunia Tuhan tersebut. Tahukah anda bahwa kandungan zat gizi dan nutrisi pada ASI berubah-ubah seiring umur bayi. Pada 30 menit pertama, 30 jam, 4 hari, 7 hari dan batas waktu tenggang selanjutnya (yang juga kita tidak tahu secara pasti) akan selalu terjadi perubahan kandungan zat. Ajaibnya, kandungan ini berubah seiring dengan jenis kebutuhan dari bayi pada waktu-waktu tersebut. Misalnya kolostrum yang berfungsi sebagai antibodi pencegah nanah sehabis beberapa menit bayi berada di dunia ini.

Berikanlah ASI kepada bayi anda selagi tidak ada halangan. Secara budi dan anutan yang ilmiah, mustahil kita lebih percaya pada khasiat susu formula dibanding susu ibu (ASI). Tahukah bahwa komposisi susu formula itu dirancang oleh otak insan yang terlalu jauh dengan ilmu Allah SWT. Apalagi kini kebanyakan orang atau perusahaan mengutamakan alasan finansial dan marketing dibanding kualitas produk. 

Bisakah insan membuat satu buah menyerupai apel secara tepat dan sama persis dengan apel yang ada selama ini. Bisa aku pastikan bahwa tidak ada insan yang mampu. Tetapi Allah bisa menciptakannya hanya dari tanah yang ditetesi air hujan. Maka, jangan sedikitpun beranggapan bahwa susu formula ciptaan (rancangan)  insan itu bisa menandingi ASI sebagai ciptaan Tuhan langsung.

Jadi apa saja manfaat asi untuk bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan. 
  • Sebagai ikatan emosional antara bayi dan ibu.
  • Sebagai zat antibodi dan pertahanan badan bayi (kolostrum).
  • Sebagai zat untuk pekembangan otak bayi (AA dan DHA).
  • ASI juga bermanfaat sebagai sumber energi pada bayi
  • Juga bermanfaat untuk membantu pembentukan darah
  • Membantu penglihatan mata
  • Tentunya masih sangat banyak lagi manfaat yang lain. Hanya Tuhan yang tahu niscaya apa-apa yang diciptakannya.
Pengalaman pribadi mengenai bayi umur 6 (enam) bulan. Pada ketika aku menuliskan artikel ini, aku sedang memiliki bayi pria anak pertama yang gres berumur 8 bulan. Tahukah anda  bahwa anak aku pada umur 3 sd 6 bulan memiliki badan yang montok, subur dan sehat. Dalam situasi yang sama ibunya lebih sedikit mengurus. Itu sebab istri aku memperlihatkan ASI ekslusif kepada bayi kami tanpa adanya tunjangan susu formula. Setiap bayi menangis istri aku selalu memperlihatkan ASI secara sigap, bahkan hampir sepanjang malam untuk beberapa bulan awal. Hasilnya bayi kami yang gres berumur 3 bulan memiliki berat menandingi bayi yang jauh lebih tua. 

Memberikan ASI secara totalitas bukanlah pekerjaan yang ringan. Memamg untuk bisa memperlihatkan ASI secara ekslusif, totalitas tanpa tunjangan susu formula haruslah diawali dengan niat dan tekad yang kuat. Tapi pahamilah betapa besar manfaat ASI itu untuk bayi. Niatkan dalam hati bahwa semuanya semata-mata demi menjalankan Sunnatullah dan hukum Allah SWT. Tapi kalau anda seorang ibu yang nrimo berbuat demi kebaikan bayi yang anda sayangi, maka pekerjaan memberi ASI bukanlah pekerjaan yang menyiksa.

Sumber http://smartinyourhand.blogspot.com

0 Response to "Manfaat Asi Untuk Bayi Yang Masih Berumur Dibawah 6 Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel