iklan

√ Administrasi Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi Ruang Lingkupnya Lengkap

√ Manajemen Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi & Ruang Lingkupnya Lengkap – Manajemen operasional adalah suatu area bisnis yang berfokus kepada suatu proses produksi produk ataupun jasa. Yang dimana terdapat suatu manajer operasi yang mempunyai tanggung jawab terhadap proses input (material/energi/tenaga kerja) menjadi output (produk/jasa). Pada Kesempatan kali ini akan membahas wacana administrasi operasional. Untuk itu marilah simak ulasan yanga ada dibawah berikut.


 


 


 


 Manajemen operasional adalah suatu area bisnis yang berfokus kepada suatu proses produksi  √ Manajemen Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi  Ruang Lingkupnya Lengkap


 


Pengertian Manajemen Operasional


 


Manajemen operasional adalah suatu bentuk dari pengelolahan yang menyeluruh dan optimal pada sebuah dilema tenaga kerja, barang, mesin, peralatan, materi baku, atau produk apapun yang sanggup dijadikan sebuah barang atau jasa yang tentunya sanggup di perjual belikan. Yang dimana ada tanggung jawab dari manajer operasional terhadap penghasilan produk atau jasa, mengambil sebuah keputusan yang berafiliasi dengan fungsi operasi dan sistem transformasi, dan menimbangkan pengambilan keputusan dari fungsi operasi.


 


 


Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli


 


1. Jay Heizer dan Berry Rander (2009:4)


Menurut Jay Heizer dan Berry Rander menyatakan bahwa administrasi operasional adalah sebuah serangkaian aktivitas yang menghasilkan sebuah nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah suatu input menjadi output.


 


2. Eddy Herjanto (2007:2)


Menurut Eddy Herjanto menyatakan bahwa administrasi operasional adalah suatu aktivitas yang berafiliasi dengan pembuatan sebuah barang, jasa dan kombinasinya, yang melalui proses transformasi dari sumber daya produksi yang menjadi keluaran yang diinginkan.


 


3. William J. Stevenson (2009:4)


Menurut William J. Stevenson menyatakan bahwa administrasi operasional adalah sebuah sistem administrasi atau serangkaian proses dalam suatu pembuatan produk atau penyediaan jasa.


 


4. Richard L. Daft (2006:216)


Menurut Richard L. Daft menyatakan bahwa administrasi operasional adalah suatu bidang administrasi yang mengkhususkan pada suatu produksi barang, serta memakai sebuah alat dan teknik khusus untuk memecahkan dilema produksi.


 


5.James Evans dan David Collier (2007:5)


Menurut James Evans dan David Collier menyatakan bahwa administrasi operasional adalah sebuah ilmu dan seni untuk memastikan bahwa suatu barang dan jasa diciptakan dan berhasil dikirim ke suatu pelanggan.


 


6. Pangestu Subagyo


Menurut Pangestu Subagyo menyatakan bahwa administrasi operasional adalah suatu penerapan ilmu administrasi untuk mengatur suatu aktivitas produksi atau operasi semoga sanggup dilakukan secara efisien.


 


 


Tujuan Manajemen Operasional


 



  • efficiency (meningkatkan efisiensi), Untuk meningkatkan efisiensi dalam perusahaan

  • Productivity (meningkatkan efektivitas), Untuk meningkatkan efektivitas dalam perusahaan

  • Economy (Mengurangi Biaya), Untuk mengurangi biaya dalam aktivitas perusahaan

  • Quality (Meningkatkan Kualitas), Untuk menigkatkan kualitas didalam perusahaan

  • Reduced processing time (Mengurangi waktu proses produksi), Untuk mengurangi waktu proses produksi didalam sebuah perusahaan


 


 


Ciri-ciri Manajemen Operasional


karakteristik administrasi operasional berdasarkan Zulian Yamit (2003)



  • Memiliki sebuah tujuan yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa

  • Memiliki sebuah aktivitas yaitu dalam aktivitas proses transformasi

  • adanya suatu mekanisme yang mengendalikan suatu pengoperasian


 


 


Fungsi Manajemen Operasional


 


1. Fungsi perencanaan


Dalam perencanaan, manajer operasi untuk memilih suatu tujuan subsistem operasi dari suatu organisasi dan menyebarkan sebuah program, kebijakan dan mekanisme yang diharapkan untuk mencapai suatu tujuan itu. Dalam tahap ini meliputi sebuah penentuan peranan dan focus dari operasi, termasuk dalam perencanaan produk, perencanaan akomodasi dan perencanaan penggunaan sumber daya produksi.


 


2. Fungsi pengorganisasian


Dalam pengorganisasian, manajer operasi memilih sebuah struktur individu, grup, seci, bagian, divisi atau departemen dalam suatu subsistem operasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Manajer operasi juga dalam memilih kebutuhan sumber daya yang diharapkan untuk mencapai suatu tujuan operasi serta untuk mengatur wewenang dan tanggung jawab yang diharapkan dalam melaksanakannya.


 


3. Fungsi penggerakan


Manajemen operasional ini mempunyai fungsi yang dilaksanakan dengan memimpin, mengawasi dan memotivasi karyawan untuk melakukan tugas.


 


4. Fungsi pengendalian


Manajemen operasional mempunyai fungsi untuk menyebarkan sebuah estándar dan jaringan komunikasi yang diharapkan semoga sebuah pengorganisasian dan penggerakan sesuai dengan yang direncanakan dan mencapai tujuan.


 


 


Ruang Lingkup Manajemen Operasional


 


Ada beberapa aspek yang saling berafiliasi bersahabat dalam sebuah ruang lingkup administrasi operasional, antara lain :



  • Aspek Struktural, yaitu aspek yang mengenai suatu pengaturan komponen yang membangun suatu sistem administrasi operasional yan saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.

  • Aspek Fungsional, yaitu suatu aspek yang berkaitan dengan suatu manajerial dan pengorganisasian seluruh komponen struktural maupun interaksinya mulai dari suatu perencanaan, penerapan, pengendalian maupun perbaikan semoga diperoleh suatu kinerja yang optimal.

  • Aspek Lingkungan, yaitu sebuah sistem dalam administrasi operasional yang berupa pentingnya memperhatikan suatu perkembangan dan kecenderungan yang berafiliasi bersahabat dengan lingkungan.


 


Ruang lingkup administrasi operasional berafiliasi dengan keputusan wacana proses pengoperasian sebuah sistem produksi, pemilihan dan persiapan sistem operasional yang meliputi :



  • Mengambil keputusan dalam Perencanaan jumlah kapasitas produksi yang optimal;

  • Mengambil keputusan dalam Perencanaan bangunan pabrik, layout, desain tata letak fasilitas;

  • Mengambil keputusan dalam Desain proses transformasi;

  • Mengambil Keputusan dalam Desain anutan kerja;

  • Mengambil keputusan dalam Manajemen persediaan;

  • Mengambil keputusan dalam Manajemen proyek;

  • Mengambil keputusan dalam menciptakan Skejul Kerja;

  • Untuk Pengendalian dan Pengawasan Kualitas;

  • Untuk Pemeliharaan Fasililitas Produksi;


 


 


Didalam sebuah perusahaan niscaya ada sebuah administrasi operasional semoga untuk mengatur aktivitas dalam sebuah perusahaan. Itulah ulasan tentang √ Manajemen Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri & Fungsi Serta Ruang Lingkupnya Lengkap Semoga apa yang diuals diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :


Baca Juga :  √ Manajemen Kinerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Syarat Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Logistik : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Tugasnya Terlengkap

Baca Juga :  Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan 7 Prinsip Manajemen Keuangan Beserta Ruang Lingkupnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Manajemen Pemasaran

Baca Juga :  √ Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Contohnya Lengkap

 


 




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Administrasi Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi Ruang Lingkupnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel