iklan

√ Penemuan : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis Misalnya Lengkap

√ Inovasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap – Sudahkah anda pernah membuat penemuan gres selama hidup kamu. Kalo anda sudah berarti anda orang-orang yang kreatif. Untuk lebih jauh memahami perihal inovasi. Disini akan mengulas perihal penemuan secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 Sudahkah anda pernah membuat penemuan gres selama hidup kau √ Inovasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis  Contohnya Lengkap


 


Pengertian Inovasi


Inovasi ialah suatu proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan membuat suatu hal gres yang berbeda dengan sebelumnya. Inovasi juga bisa diartikan penemuan gres dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan sebuah temuan gres yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Orang yang melaksanakan suatu penemuan disebut dengan inovator. Inovasi harus lah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain.


 


 


Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli


 


1. Stephen Robbins


Menurut Stephen Robbins menayatakan bahwa penemuan ialah sebagai sebuah gagasan gres yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.


 


2. Van de Ven, Andrew H


Menurut Van de Ven menyatakan bahwa Inovasi ialah suatu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan gres oleh orang yang dimana dalam jangka waktu tertentu melaksanakan suatu transaksi-transaksi dengan orang lain dalam sebuah tatanan organisasi.


 


3. Kuniyoshi Urabe


Menurut Kuniyoshi Urabe menyatakan bahwa Inovasi bukan merupakan suatu kegiatan satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang mencakup banyak proses dalam pengambilan keputusan di dan oleh organisasi dari mulai dalam penemuan gagasan hingga implementasinya di pasar.


 


4. Everett M. Rogers (1983)


Menurut Everett menyatakan bahwa M. Rogers menyatakan bahwa penemuan ialah sebuah ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang gres oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.


 


5. Stephen Robbins (1994)


Menurut Stephen Robbins menyatakan bahwa penemuan ialah sebagai sebuah gagasan gres yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.


 


 


Jenis-Jenis Inovasi


 


1. Jika dilihat dari kecepatan perubahan dalam proses penemuan ada dua macam penemuan yaitu :



  • Inovasi radikal , yaitu dilakukan dengan skala besar yang dilakukan oleh para hebat dibidangnya dan biasanya dikelola oleh suatu departemen penelitian dan pengembangan. Inovasi radikal ini sering kali dilakukan di suatu bidang manufaktur dan forum jasa keuangan.

  • Inovasi inkremental yaitu suatu proses pembiasaan dan mengimplementasikan perbaikan yang berskala kecil.


 


2. Jenis penemuan berdasarkan fungsi, ada dua yaitu:



  • Inovasi teknologi bisa berupa suatu produk, pelayanan atau proses produksi dan penemuan manajemen bisa memiliki sifat organisasional dan struktural.

  • Inovasi sosial (Brazeal & Herbert, 1997).


 


 


Ciri-Ciri Inovasi



  • Mempunyai sebuah kekhasan / khusus artinya suatu penemuan memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan pada hasil yang diharapkan.

  • Mempunyai ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu penemuan harus memiliki suatu karakteristik sebagai sebuah karya dan buah anutan yang memiliki kadar Orsinalitas dan kebaruan.

  • Pada kegiatan penemuan dilaksanakan melalui kegiatan yang terencana, dalam arti bahwa sebuah penemuan dilakukan melalui suatu proses yang yang tidak terburu-buru, namun keg-inovasi dipersiapkan dengan secara matang dengan kegiatan yang terperinci dan terpola terlebih dahulu.

  • Inovasi yang digulirkanmempunyai tujuan, kegiatan penemuan yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan taktik untuk mencapai suatu tujuan tersebut.


 


 


Tujuan Inovasi


Inovasi muncul  alasannya yaitu ada ide  dan tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh manusia. Adapun tujuan penemuan yaitu sebagai berikut;


1. Meningkatkan Kualitas


Secara umum, tujuan penemuan di banyak sekali bidang yaitu untuk meningkatkan kualitas dan juga nilai suatu hal yang sudah ada, baik itu produk ataupun layanan. Dengan adanya sebuah penemuan terbaru, diperlukan sebuah produk-produk tersebut memiliki keunggulan dan manfaat yang lebih bernilai dari yang sebelumnya.


 


2. Mengurangi Biaya


Inovasi bertujuan untuk membantu mengurangi biaya, khususnya biaya tenaga kerja. Sebagai contohnya, kini ini banyak membuat mesin atau peralatan yang bisa menggantikan tenaga insan dalam suatu proses produksi.


Dengan adanya mesin dan peralatan tersebut maka biaya tenaga kerja untuk produksi akan semakin berkurang. Selain itu, penggunaan mesin dan peralatan pada suatu proses produksi barang/ jasa tertentu akan menghasilkan kinerja yang lebih baik.


 


3. Menciptakan Pasar Baru


Dengan adanya sebuah produk yang lebih bernilai tinggi sebagai hasil dari penemuan yang telah dikeluarkan, maka hal ini akan membuat pasar gres di masyarakat.


 


4. Memperluas Jangkauan Produk


Sekarang ini banyak sekali pelaku e commerce. Para pengusaha memperluas jangkauan produk mereka dengan memanfaatkan internet yang bisa diakses lebih banyak calon konsumen potensial.


 


5. Mengganti Produk/ Layanan


Inovasi juga bertujuan untuk mengganti produk atau layanan yang dianggap kurang efektif/ efisien. Salah satunya bisa di lihat penemuan yang terjadi pada mesin sepeda motor yang kini lebih ekonomis bensin.


 


6. Mengurangi Konsumsi Energi


Manusia selalu ingin menghemat penggunaan energi, alasannya yaitu ada banyak sekali penemuan yang dilakukan manusia. Salah satunya yaitu adanya sumber energi terbaru yang memanfaatkan alam, contohnya tenaga surya, angin, dan air, sebagai sumber energi listrik.


 


 


Manfaat Inovasi


sesudah memahami beberapa poin di atas perihal inovasi, selanjutnya Anda perlu memahami manfaat penemuan itu sendiri. Pada dasarnya poin ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Manfaat penemuan secara umum yaitu kemudahan, kelebihan dan semacamnya. Makara penemuan dilakukan untuk membuat sesuatu yang lebih baik, lebih fungsional, lebih gampang dan semacamnya. Itulah manfaat adanya sebuah penemuan dan tujuan dari penemuan itu sendiri. Bila anda bisa melaksanakan penemuan untuk sebuah hal gres atau hal-hal yang sudah ada, maka besar kemungkinan Anda bisa bersaing untuk hal itu. Pada dasarnya insan memiliki kecendurungan dengan rasa kebosanan, jikalau anda bisa berinovasi, Anda bisa mengatasi hal itu. Bukan hanya untuk orang lain, orang-orang yang berilmu berinovasi biasanya bisa melawan kejenuhan dengan banyak sekali cara.


 


 


Contoh Inovasi


Pembuatan produk PC Tablet Wakamini buatan negeri, Seolah tidak ingin ketinggalan dengan gadget gres menyerupai produk lain. Indonesia meluncurkan sebuah penemuan gres membuat produk PC Tablet Wakamini. Wakamini terbukti bisa bersaing dengan suatu produk-produk dari luar. Zyrex ialah sebagai produsen suatu peralatan komputer Indonesia yang memproduksi PC Tablet Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963 yang diklaim 100% buatan Indonesia dengan yang harga berkisar 3 juta rupiah.


 


Itulah ulasan perihal √ Inovasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.


 


Baca juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  10 Pengertian Motivasi Menurut Beberapa Para Ahli di Dunia Terlengkap

Baca Juga :  √ 21 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Baca Juga :  √ 71 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli : Tujuan, Fungsi & Jenisnya Terlengkap

Baca Juga :  11 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, dan Macam-Macam, Ciri-Ciri Globalisasi Beserta Dampaknya Terlengkap

 




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Penemuan : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel