iklan

Pengertian, Jenis-Jenis, Syarat, Dan 11 Komponen Peta Beserta Fungsinya Berdasarkan Para Hebat Secara Lengkap

Pengertian, Jenis-Jenis, Syarat, dan 11 Komponen Peta Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap – Peta ?? Pasti semua sudah pernah melihat dan pernah memakai peta untuk digunakan ketika anda perjalanan jauh untuk mengetahui lokasi yang dituju. Untuk lebih jelasnya lagi disini akan menjelaskan wacana pengertian peta, jenis peta, komponen peta, syarat peta, dan fungsi peta. Oleh sebab itu mari lah simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 Komponen Peta Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap Pengertian, Jenis-Jenis, Syarat, dan 11 Komponen Peta Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap





Pengertian Peta 


Peta yaitu suatu citra keadaan permukaan bumi yang ditampilkan pada sebuah bidang datar dengan skala tertentu. Gambaran pada permukaan bumi yang dipetakan sanggup meliputi wilayah yang luas atau hanya meliputi suatu wilayah yang sempit. Misalnya peta yang menggambarkan wilayah yang luas yaitu Peta Dunia, Peta Benua, Peta Indonesia, dan lain sebagainya. Sedangkan pada peta yang menggambarkan belahan suatu permukaan bumi yang lebih sempit yaitu peta kota, peta kecamatan, peta kelurahan/desa, bahkan hanya sanggup berupa peta lingkungan sekolah saja.



Peta pertama kali dibentuk oleh bangsa Babilonia pada sekitar 2300 tahun Sebelum Masehi. Peta ini terbuat dari suatu lempengan tanah liat yang awalnya diperuntukkan untuk kepentingan pajak tanah.



Untuk menggambarkan suatu peta yang secara benar perlu digunakan skala. Skala yaitu perbandingan jarak pada peta dengan suatu jarak yang sesungguhnya pada permukaan bumi. Skala sanggup berupa angka, garis, atau kedua-duanya. Skala yang berupa angka dinamakan dengan skala numerik. Sedangkan pada skala yang berupa grafik dinamakan dengan skala grafis.





Jenis-Jenis Peta  


Jenis peta menurut isinya


1. Peta Umum
Peta umum yaitu peta yang menggambarkan semua bentuk kenampakan alam yang ada di permukaan bumi, baik pada kenampakan orisinil maupun kenampakan buatan.
Peta Umum di bagi menjadi tiga jenis, yakni :


  • Peta Dunia yaitu sebuah peta yang menggambarkan suatu bentuk dan letak muka bumi serta wilayah setiap negara di dunia dengan skala tertentu.

  • Peta Topografi atau yang biasa disebut juga dengan peta rupa bumi yaitu sebuah peta yang menggambarkan permukaan bumi beserta dengan tinggi rendahnya.

  • Peta Korografi ialah sebuah peta yang menggambarkan permukaan bumi, baik sebagian ataupun seluruhnya yang bercorak luas dan dengan ukuran skala kecil.


2. Peta Khusus
Peta khusus yaitu sebuah peta yang menggambarkan suatu kenampakan alam tertentu yang ada dipermukaan bumi.



Jenis peta menurut bentuknya


1. Peta Digital
Peta yang digambarkan pada sebuah aplikasi komputer, biasanya memakai sebuah Sistem Informasi Geografis (SIG).


2. Peta Timbul (relief)
Peta timbul atau sanggup disebut juga dengan peta relief yaitu sebuah peta yang menggambarkan bentuk yang sesungguhnya dari permukaan bumi.
 

3. Peta Datar
Peta datar yaitu sebuah peta yang digambarkan pada bidang datar yang berbentuk dua dimensi.
 

Jenis peta menurut skalanya


1. Peta Kadaster / Teknik
Peta kadaster atau teknik yaitu sebuah peta yang memiliki skala antara 1:100 hingga hingga 1:5.000.Peta ini biasa digunakan oleh Departemen Dalam Negeri dan Dinas Agraria (Badan Pertanahan Nasional).
 

2. Peta Skala Besar
Peta skala besar yaitu sebuah peta yang memiliki skala antara 1:5.000 hingga hingga 1:250.000 yang digunakan untuk menggambarkan suatu daerah dengan skala sempit, menyerupai pada peta kecamatan.
 

3. Peta Skala Menengah
Peta skala menengah yaitu sebuah peta yang memiliki skala antara 1:250.000 hingga hingga 1:500.000 yang digunakan untuk menggambarkan pada daerah yang agak luas , menyerupai pada peta provinsi.
 

4. Peta Skala Kecil
Peta skala kecil yaitu sebuah peta yang memiliki skala antara 1:500.000 hingga hingga 1:1.000.000 atau lebih yang digunakan untuk menggambarkan suatu daerah yang relatif luas , menyerupai pada benua atau dunia.


Syarat Peta 


1. Conform
Conform yaitu sebuah bentuk peta yang di gambar harus sebangun dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan.


2. Equidistance
Equidistance yaitu suatu jarak di peta yang dikalikan dengan skalanya dan harus sama dengan jarak yang sesungguhnya di lapangan.


3. Equivalent
Equivalent yaitu suatu daerah atau bidang yang digambar di peta sesudah itu diperhitungkan dengan skalanya harus sama dengan keadaan yang sebenarnya.

 


Komponen Peta


1. Judul peta
Judul peta ini untuk menawarkan sebuah warta yang digambarkan serta tempat pengambilan data tersebut.


2. Skala peta
Skala peta yaitu sebuah angka yang memperlihatkan perbandingan jarak antara peta dan jarak yang sesungguhnya, skala peta terbagi lagi menjadi dua , yakni:


  • Skala angka yaitu sebuah skala yang memakai perbandingan angka.

  • Skala garis ialah sebuah skala yang memakai gambar garis untuk memperlihatkan suatu perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sesungguhnya di bumi.


3. Garis astronomi
Garis astronomi yaitu suatu bidang garis yang terdiri dari suatu garis lintang dan bujur yang mewakili ukuran derajat, menit, dan detik. Garis astronomi ini mencerminkan letak sewenang-wenang suatu tempat.


4. Arah / tanda orientasi
Arah atau Tanda orientasi ini dicantumkan untuk mengetahui suatu orientasi peta, yang sehingga pembaca sanggup mengetahui arah tempat yang dipetakan.


5. Legenda / keterangan
Legenda yaitu sebuah keterangan dari tanda yang terdapat pada peta semoga sih pembaca lebih gampang untuk memahami isi peta.


6. Simbol peta
Simbol peta yaitu sebuah tanda yang digunakan untuk mewakili suatu kenampakan yang sesungguhnya pada peta, yang meliputi kenampakan alami suatu sungai, gunung, danau dan lain-lain dan pada kenampakan buatan yang menyerupai jembatan, gedung sekolah, dan lain-lain.

Simbol peta terbagi lagi menjadi tiga, yaitu:


  • Simbol titik yaitu sebuah simbol yang digunakan untuk menggambarkan penyebaran banyak sekali suatu fenomena di permukaan bumi.

  • Simbol garis yaitu sebuah simbol yang digunakan untuk mewakili suatu data geografis yang bekerjasama dengan jarak.

  • Simbol luasan / bidang / area yaitu simbol yang digunakan untuk mewakili sebuah area dengan simbol yang meliputi suatu daerah luasan tertentu.


7. Inset
Inset yaitu suatu klarifikasi daerah pada peta yang berupa peta kecil yang terdapat pada suatu peta utama.


8. Warna 

Terdapat sebuah warna pada peta yaitu bertujuan untuk memperlihatkan perbedaan sebuah keadaan pada wilayah, untuk memperlihatkan kualitas (perbedaan obyek) dan kuantitas (jumlah nilai tertentu) serta untuk memberi nilai keindahan peta.


9. Sumber data dan tahun pembuatan
Dengan adanya sumber data tahun pembuatan nya bertujuan semoga mengetahui dasar pembuatan dari sebuah peta.


10. Lettering
Lettering yaitu sebuah goresan pena atau angka untuk mempertegas makna pada simbol-simbol yang ada pada peta.


11. Garis tepi
Garis tepi yaitu suatu batas tepi peta dan yang berfungsi untuk meletakkan sebuah garis-garis astronomis beserta derajat-derajat (garis lintang dan bujur).





Fungsi Peta



  • Untuk menawarkan sebuah citra fisiografis secara umum pada permukaan bumi dan suatu daerah / wilayah (bentuk, relief, iklim, jenis tanah. jenis vegetasi).

  • Untuk memperlihatkan dan menggambarkan sebuah lokasi atau letak suatu daerah atau wilayah atau obyek pada geografis lainnya.

  • Untuk memperlihatkan suatu ukuran (luas, bentuk, arah, dan jarak) sebuah obyek geografi peta.

  • Untuk mengetahui suatu keadaan sosial, budaya, ekonomi sebuah daerah (jumlah penduduk, persebaran penduduk).

  • Bisa menjadi untuk alat bantu pendidikan untuk mempelajari suatu permukaan bumi dan segala fenomena geografi.

  • Bisa menjadi alat bantu untuk analisis suatu penelitian.




Peta memiliki banyak manfaat salah satu nya untuk mengetahui lokasi wialayah yang ada pada permukaan bumi. Itulah ulasan wacana Pengertian, Jenis-Jenis, Syarat, dan 11 Komponen Peta Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.




Baca juga :






Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Syarat, Dan 11 Komponen Peta Beserta Fungsinya Berdasarkan Para Hebat Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel