iklan

Sejarah Singkat Revolusi Rusia



Rusia yakni negara yang besar dan besar lengan berkuasa di dunia sampai dikala ini. Sejarah revolusi dunia mencatat bahwa di Rusia juga pernah terjadi Revolusi yang besar. Pada permulaan era ke-19, keadaan Rusia masih udik dibandingkan negaranegara Eropa lainnya. Masyarakat Rusia pada masa itu terbagi atas dua golongan, yaitu tuan tanah (bangsawan) dan petani (rakyat jelata). Rusia dikala itu yakni negara agraris. Sebagian besar penduduknya merupakan petani miskin yang harus tunduk kepada tuan tanah, bahkan menjadi budak dari tuan tanah. Status petani sebagai budak tuan tanah ini diatur dalam Undang-Undang Perbudakan Rusia yang disahkan oleh Tsar Alexis I pada tahun 1646.



Perbudakan dihapuskan pada tahun 1861 dengan dikeluarkannya Undang-Undang Emansipasi (Emancipation Edict) oleh Tsar Alexander II. Isi undang-undang tersebut sebagai berikut.

1. Perbudakan dihapuskan.
2. Petani bekas budak menerima tanah sebagai miliknya.
3. Negara membayar uang kerugian kepada tuan-tuan tanah pemilik budak.

Meski telah dikeluarkan undang-undang tersebut, kondisi kehidupan petani belum mengalami kemajuan alasannya yakni kepala mir (kepala desa) usang kelamaan bertindak ibarat tuan tanah dan memperkaya diri sendiri. Pada tahun 1906 (masa pemerintahan Tsar Nicholas II), sistem mir dihapuskan oleh Menteri Stolypin. Tanah diberikan kepada pemilik sehingga dari pekerjaannya seorang petani sanggup memperoleh hasil.

Menjelang terjadinya revolusi, muncul dua pemikiran kaum cerdik di Rusia, yaitu pemikiran Slavia dan pemikiran Barat. Aliran Slavia ingin membangun Rusia atas dasar kultur Slavia di mananegara dianggap sebagai tubuh moral. Aliran ini lalu menjadi pahlawan paham autokrasi, ortodoks, nasionalisme dan memunculkan gerakan Pan Slavisme. Adapun pemikiran Barat ingin membangun Rusia menurut konsepsi Barat di mana negara dianggap sebagai tubuh politik belaka yang dipakai untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Revolusi Rusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel