iklan

Kunci Tanggapan Biologi Esis Kelas X Bab4


Kunci Jawaban Kelas X

Bab 4

A.    Pilihan Ganda

       1.  a                        11.      d         
       2. b                         12.      e       
       3.  d                        13.      c
       4.  b                        14.      d      
       5.  d                        15.      e       
       6.  c   
       7.  b  
       8.  a   
       9.  a    
       10.c
      
B.    Lengkapilah pernyataan di bawah ini.

1.  -    Tidak mempunyai membran inti
     -    Memiliki membran inti

2.  -    Monera
     -    Eubacteria dan Archaebacteria

3.  -    Kokus (bulat), basil (batang), dan spiral.

4.  -    Pelindung dan pemberi bentuk bakteri
     -    Peptidoglikan
     -    Bakteri gram positif dan kuman gram negatif
     -    Menyelubungi sitoplasma
     -    Fosfolipid dan protein
     -    Pada sintesis protein
     -    Menyimpan cadangan makanan

5.  -    Flagelum
     -    Protein
     -    Monotrik, lofotrik, amfitrik, peritrik

6.  -    Bakteri aerob dan kuman anaerob
     -    Fotoautotrof dan kemoautotrof
     -    Saprofit dan parasit

7.  -    Membelah diri
     -    Pertukaran bahan genetik dengan kuman lainnya
     -    Transformasi, transduksi, dan konjugasi

8.  -    Proteobacteria, Cyanobacteria, Spirochetes, Chlamydias, dan kuman gram positif

9.  -    Rawa
     -    Metana dari gas hidrogen dan  atau asam asetat
     -    Lingkungan dengan kadar garam tinggi
     -    Lingkungan ekstrim yang panas dan asam.

10.     -  Dalam pembusukan (penguraian) sisa-sisa makhluk hidup, pembuatan kuliner dan minuman hasil fermentasi, berperan dalam siklus nitrogen sebagai kuman pengikat nitrogen, penyubur tanah, penghasil antibiotik, penelitian rekayasa genetika dalam aneka macam bidang, dan pembuatan zat kimia.
     -    Pembusukan makanan, penyebab penyakit pada manusia, penyebab penyakit pada hewan, dan penyebab penyakit pada tumbuhan budidaya.

C.    Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas.

1. Kesamaan kingdom Eubacteria dan Archaebacteria merupakan kelompok makhluk hidup yang mempunyai sel prokariotiv

2.  Archaebacteria mempunyai susunan, struktur, metabolisme dan urutan asam nukleat yang berbeda dengan Eubacteria. Eubacteria mempunyai dinding sel yang tersusun atas peptidoglikan, sedangkan Archaebacteria dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan namun membran plasmanya mengandung lipid.

3.  a.  Spiral, yaitu bentuk sel bergelombang.  Contohnya Thiospirillopsis floridana (bakteri belerang).
     b. Spiroseta, yaitu kuman bentuk mirip sekrup. Contohnya Treponema pallidum (penyebab penyakit kelainan sifilis).
     c. Vibrio, yaitu bentuk sel mirip tanda baca koma. Contohnya Vibrio cholerae (penyebab penyakit kolera).

4. Eubacteria umumnya melaksanakan reproduksi atau berkembang biak secara asecual dengan membelah diri. Pembelahan sel pada kuman ialah pembelahan biner, yaitu setiap sel membelah menjadi dua. Selain reproduksi secara asecual, kuman juga melaksanakan reproduksi secual, yaitu dengan pertukaran bahan genetik dengan kuman lainnya.  Pertukaran genetik pada kuman sanggup dilakukan dengan tiga cara, yaitu:
     a. Transformasi, yaitu masuknya DNA telanjang ke dalam sel kuman dan mengubah sifat sel bakteri.
     b. Transduksi, yaitu perpindahan bahan genetik satu sel kuman ke sel kuman lainnya dengan mediator organisme lain yaitu bakteriofage.
     c. Konjugasi, yaitu pemindahan bahan genetik secara eksklusif melalui kontak sel dengan membentuk struktur mirip jembatan di antara dua sel kuman yang berdekatan.

5.         Reproduksi secara asecual dengan cara membelah diri. Pembelahan sel pada kuman ialah pembelahan biner, yiatu setiap sel membelah menjadi dua. Reproduksi secara secual yaitu dengan pertukaran bahan genetik dengan kuman lainnya. Pertukaran bahan genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA. Rekombinasi genetik menghasilkan dua sel kuman yang masing-masing mempunyai kombinasi bahan genetik dari dua sel induk.

6. Bentuk pembiasaan kuman untuk mempertahankan hidupnya dengan membentuk endospora.  Endospora ialah bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis kuman gram positif, yang terbentuk di dalam sel bila kondisi lingkungan tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri. Dinding endospora tebal sehingga tahan terhadap kekeringan, radiasi cahaya, suhu tinggi, dan zat kimia.

7. a.   Proteobacteria merupakan kelompok terbesar bakteri. Proteobacteria dikelompokkan menjadi kuman ungu yang bersifat fotoautotrof atau fotoheterotrof, Proteobacteria kemoautotrof, dan Proteobacteria kemoheterotrof. Bakteri ungu mengandung klorofil yang terdapat pada membran plasma. Beberapa jenis kuman ungu mempunyai flagela. Sebagian besar kuman ungu anaerob obligat dan hidup di endapan kolam, danau, atau lumpur.
    b. Cyanobacteria sering disebut Ganggang hijau biru atau ganggang lendir.Cyanobacteria mempunyai klorofil, tidak mempunyai alat gerak, sanggup melaksanakan fotosintesis. Cyanobacteria hidup secara fotoautotrof dengan mengasimilasi senyawa sederhana contohnya CO­2, ion nitrat atau amonium, dan beberapa ion anorganik lainnya. Perbedaan Cyanobacteria dengan kuman fotoautotrof ialah Cyanobacteria menghasilkandalam proses fotosintesisnya sedangkan kuman fotoautotrof tidak menghasilkan . reproduksi Cyanobacteria secara asecual dengan cara membelah diri, fragmentasi pecahan dari filamen (hormogonia), dan pembentukan akinet (spora).  Reproduksi secara secual belum diketahui.
          c.            Spirochetes mempunyai struktur unik yang disebut filamen aksial. Spirochetes bukan merupakan kelompok yang besar dari Eubacteria. Habitat Spirochetes bervariasi, ada yang hidup  bebas di lumpur atau di air, sebagai benalu dalam badan manusia, atau hidup dalam lambung binatang memamah biak. 
          d. Chlamydias mempunyai bentuk badan tidak beraturan. Chlamydias hanya sanggup hidup sebagai benalu dalam sel-sel makhluk hidup lain.  Kelompok kuman ini mempunyai dua bentuk sel dalam siklus hidupnya.
     e. Bakteri gram positif membentuk endospora (hanya beberapa). Endospora dibuat dikala lingkungan miskin akan zat makanan. Contoh kuman gram positif ialah kelompok Actinomycetes dan Mycoplasma. Actinomycetes berbentuk filamen bercabang yang mirip jamur, berkembang biak dengan membentuk rantai spora di ujung filamen.  Actinomycetes yang tidak membentuk spora berkembang biak dengan cara memutuskan ujung filamen dalam bentuk bundar atau batang, selanjutnya filamen tersebut membelah diri.

8. Bakteri gram positif ialah kuman yang mempunyai dinding sel dengan lapisan peptidoglikan yang tebal. Sedangkan kuman gram negatif ialah kuman yang mempunyai dinding sel dengan lapisan peptidoglikan yang tipis.Struktur yang menimbulkan perbedaan ialah perbedaan ketebalan lapisan peptidoglikan.

9.  Chlamydias diklasifikasikan ke dalam kuman alasannya ialah struktur tubuhnya berupa sel prokariot, sesuai dengan ciri kelompok bakteri.

10.        Bakteri anaerob obligat ialah kuman yang hanya sanggup hidup bila tidak ada oksigen.  Seddangkan kuman anaerob fakultatif ialah kuman yang sanggup hidup bila ada oksigen maupun tidak ada oksigen.

11.        Cyanobacteria memeperoleh kuliner dengan cara: fotoautotrof dengan mangasimilasi senyawa sederhana contohnya , ion nitrat atau amonium, dan beberapa ion anorganik lainnya.  Perbedaan Cyanobacteria dengan kuman fotoautotrof ialah Cyanobacteria menghasilkan  dalam proses fotosintesisnya sedangkan kuman fotoautotrof tidak menghasilkan .

12.        Tidak seluruh kuman sanggup mengakibatkan penyakit,sebab ada beberapa kuman yang menguntungkan, contohnya berperan dalam pembusukan (penguraian) sisa-sisa makhluk hidup, pembuatan kuliner dan minuman hasil fermentasi, berperan dalam siklus nitrogen sebagai kuman pengikat nitrogen, penyubur tanah, dan penghasil antibiotik.

13.        Sebab, proses pembusukan tersebut sanggup menguraikan sisa-sisa makhluk hidup sehingga sanggup membantu menggemburkan tanah bahkan menghasilkan energi alternatif berupa biogas.

14.        Dapat dilakukan dengan cara pemanisan, pengeringan, pengasapan, pengasaman, pengasinan, dan pendinginan, atau pemanasan (dengan pasteurisasi dan sterilisaasi).

15.        Dengan cara vaksinasi atau dukungan vaksin.Vaksin ialah suatu zat yang mengandung mikroorganisme patogen yang sudah dilemahkan.

16.        Tidak, alasannya ialah endospora hanya merupakan sistem pertahanan kuman dikala lingkungan miskin akan zat makanan, jadi bukan termasuk reproduksi.

17.        Escherichia c0l1

18.        Arti tanggal kadaluarsa bila dihubungkan dengan kerusakan kuliner yang disebabkan oleh kuman yaitu artinya, tanggal tersebut merupakan batal tanggal dimana kuliner yang diawetkan dan diolah menjadi kuliner tersebut bukan merupakan daerah hidup yang optimum bagi bakteri.
19.     a.            Peran kuman dalam pembuatan yogurh membantu proses fermentasi
     b.  Prosesnya ialah menyimpan starter yogurth yang terdiri dari kuman streptococcus thermaphilus dan lactobacilius , yang  bertanggung jawab terhadap produksi akan laktal, suhu permentasi berkisar 40 –  tanpa pengadukan
     c.  Kelebihan yogurt dibanding susu ialah yogurt zat-zat penting bagi badan mirip vitamin B, mengandung kuman baik yang masih hidup yang kalsium dan protein.

20.a.  Antibiotik ialah suatu zat/senyawa yang bekerja untuk menghambat bahkan membunuh organisme.
     b.  Tingkat keberhasilan antibiotik diukur dari kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen tanpa menimbulkan kerusakan jaringan (teksisitas) bagi inangnya


Sumber http://vostfourth.blogspot.com

0 Response to "Kunci Tanggapan Biologi Esis Kelas X Bab4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel