iklan

Umar Bin Abdul Aziz


adalah khalifah Bani Umayyah yang berkuasa dari tahun  Umar bin Abdul Aziz
Umar bin Abdul-Aziz, bergelar Umar II, lahir pada tahun 63 H / 682 – Februari 720; umur 37–38 tahun)[1]adalah khalifah Bani Umayyah yang berkuasa dari tahun 717 (umur 34–35 tahun) hingga 720 (selama 2–3 tahun). Tidak menyerupai khalifah Bani Umayyah sebelumnya, ia bukan merupakan keturunan dari khalifah sebelumnya, tetapi ditunjuk langsung, dimana ia merupakan sepupu dari khalifah sebelumnya, Sulaiman bin Abdul-Malik.

I. BIOGRAFI
1.1 Keluarga
Ayahnya yaitu Abdul-Aziz bin Marwan, gubernur Mesir dan adik dari Khalifah Abdul-Malik. Ibunya yaitu Ummu Asim binti Asim. Umar yaitu cicit dari Khulafaur Rasyidin kedua Umar bin Khattab, dimana umat Muslim menghormatinya sebagai salah seorang Sahabat Nabi yang paling dekat.
1.1.1 Silsilah
Umar dilahirkan sekitar tahun 682. Beberapa tradisi menyatakan ia dilahirkan di Madinah, sedangkan lainnya mengklaim ia lahir di Mesir. Umar dibesarkan di Madinah, di bawah bimbingan Ibnu Umar, salah seorang periwayat hadis terbanyak.
1.1.2 Kisah Umar bin Khattab berkaitan dengan kelahiran Umar II
Menurut tradisi Muslim Sunni, silsilah keturunan Umar dengan Umar bin Khattab terkait dengan sebuah kejadian populer yang terjadi pada masa kekuasaan Umar bin Khattab.
“Khalifah Umar sangat populer dengan kegiatannya beronda pada malam hari di sekitar tempat kekuasaannya. Pada suatu malam ia mendengar obrolan seorang anak perempuan dan ibunya, seorang penjual susu yang miskin.
Kata ibu “Wahai anakku, segeralah kita tambah air dalam susu ini supaya terlihat banyak sebelum terbit matahari”
Anaknya menjawab 
“Kita tidak boleh berbuat menyerupai itu ibu, Amirul Mukminin melarang kita berbuat begini”
Si ibu masih mendesak 
“Tidak mengapa, Amirul Mukminin tidak akan tahu”.
Balas si anak 
“Jika Amirul Mukminin tidak tahu, tapi Tuhan Amirul Mukminin tahu”.
Umar yang mendengar kemudian menangis. Betapa mulianya hati anak gadis itu.
Ketika pulang ke rumah, Umar bin Khattab menyuruh anak lelakinya, Asim menikahi gadis itu.
Kata Umar, “Semoga lahir dari keturunan gadis ini bakal pemimpin Islam yang hebat kelak yang akan memimpin orang-orang Arab dan Ajam”.
Asim yang taat tanpa banyak tanya segera menikahi gadis miskin tersebut. Pernikahan ini melahirkan anak perempuan berjulukan Laila yang lebih dikenal dengan sebutan Ummu Asim. Ketika cukup umur Ummu Asim menikah dengan Abdul-Aziz bin Marwan yang melahirkan Umar bin Abdul-Aziz.
1.2 Kehidupan awal
1.2.1 Periode 682 – 715
Umar dibesarkan di Madinah, di bawah bimbingan Ibnu Umar, salah seorang periwayat hadis terbanyak. Ia tinggal di sana hingga kematiannya ayahnya, dimana kemudian ia dipanggil ke Damaskus oleh Abdul-Malik dan menikah dengan anak perempuannya Fatimah. Ayah mertuanya kemudian segera meninggal dan ia diangkat pada tahun 706 sebagai gubernur Madinah oleh khalifah Al-Walid I
1.2.2 Periode 715 – 715: kala Al-Walid I
Tidak menyerupai sebagaian besar penguasa pada dikala itu, Umar membentuk sebuah dewan yang kemudian bahu-membahu dengannya menjalankan pemerintahan provinsi. Masa di Madinah itu menjadi masa yang jauh berbeda dengan pemerintahan sebelumnya, dimana keluhan-keluhan resmi ke Damaskus berkurang dan sanggup diselesaikan di Madinah, sebagai tambahan banyak orang yang berimigrasi ke Madinah dari Iraq, mencari santunan dari gubernur mereka yang kejam, Al-Hajjaj bin Yusuf. Hal tersebut menimbulkan kemarahan Al-Hajjaj, dan ia menekan al-Walid I untuk memberhentikan Umar. al-Walid I tunduk kepada tekanan Al-Hajjaj dan memberhentikan Umar dari jabatannya. Tetapi semenjak itu, Umar sudah mempunyai reputasi yang tinggi di Kekhalifahan Islam pada masa itu.
Pada kala Al-Walid I ini juga tercatat perihal keputusan khalifah yang kontroversial untuk memperluas area di sekitar masjid Nabawi sehingga rumah Rasulullah ikut direnovasi. Umar membacakan keputusan ini di depan penduduk Madinah termasuk ulama mereka, Said Al Musayyib sehingga banyak dari mereka yang mencucurkan air mata. Berkata Said Al Musayyib: “Sungguh saya berharap biar rumah Rasulullah tetap dibiarkan menyerupai apa adanya sehingga generasi Islam yang akan tiba sanggup mengetahui bagaimana sesungguhnya tata cara hidup ia yang sederhana”[2]
1.2.3 Periode 715 – 717: kala Sulaiman
Umar tetap tinggal di Madinah selama masa sisa pemerintahan al-Walid I dan kemudian dilanjutkan oleh saudara al-Walid, Sulaiman. Sulaiman, yang juga merupakan sepupu Umar selalu mengagumi Umar, dan menolak untuk menunjuk saudara kandung dan anaknya sendiri pada dikala pemilihan khalifah dan menunjuk Umar.
1.2.3.1 Kedekatan Umar dengan Sulaiman
Sulaiman bin Abdul-Malik merupakan sepupu eksklusif dengan Umar. Mereka berdua sangat erat dan selalu bersama. Pada masa pemerintahan Sulaiman bin Abdul-Malik, dunia dinaungi pemerintahan Islam. Kekuasaan Bani Umayyah sangat kukuh dan stabil.
Suatu hari, Sulaiman mengajak Umar ke markas pasukan Bani Umayyah.
Sulaiman bertanya kepada Umar “Apakah yang kau lihat wahai Umar bin Abdul-Aziz?” dengan niat biar sanggup memperabukan semangat Umar ketika melihat kekuatan pasukan yang telah dilatih.
Namun jawab Umar, 
“Aku sedang lihat dunia itu sedang makan antara satu dengan yang lain, dan engkau yaitu orang yang paling bertanggung jawab dan akan ditanyakan oleh Allah mengenainya”.
Khalifah Sulaiman berkata lagi
 “Engkau tidak kagumkah dengan kehebatan pemerintahan kita ini?”
Balas Umar lagi, 
“Bahkan yang paling hebat dan mengagumkan yaitu orang yang mengenali Allah kemudian mendurhakai-Nya, mengenali setan kemudian mengikutinya, mengenali dunia kemudian condong kepada dunia”.
Jika Khalifah Sulaiman yaitu pemimpin biasa, sudah barang tentu akan murka dengan kata-kata Umar bin Abdul-Aziz, namun ia mendapatkan dengan hati terbuka bahkan kagum dengan kata-kata itu.
II. MENJADI KHALIFAH
Umar menjadi khalifah menggantikan Sulaiman yang wafat pada tahun 716. Ia di bai’at sebagai khalifah pada hari Jumat sesudah salat Jumat. Hari itu juga sesudah ashar, rakyat sanggup eksklusif mencicipi perubahan kebijakan khalifah gres ini. Khalifah Umar, masih satu nasab dengan Khalifah kedua, Umar bin Khattab dari garis ibu.
Zaman pemerintahannya berhasil memulihkan keadaan negaranya dan mengkondisikan negaranya menyerupai dikala 4 khalifah pertama (Khulafaur Rasyidin) memerintah. Kebijakannya dan kesederhanaan hidupnya pun tak kalah dengan 4 khalifah pertama itu. Gajinya selama menjadi khalifah hanya 2 dirham perhari[3] atau 60 dirham perbulan. Karena itu banyak andal sejarah menjuluki ia dengan Khulafaur Rasyidin ke-5. Khalifah Umar ini hanya memerintah selama tiga tahun kurang sedikit. Menurut riwayat, ia meninggal karena dibunuh (diracun) oleh pembantunya.
2.1 Sebelum menjabat
Menjelang wafatnya Sulaiman, penasihat kerajaan berjulukan Raja’ bin Haiwah menasihati beliau,“Wahai Amirul Mukminin, antara masalah yang menimbulkan engkau dijaga di dalam kubur dan mendapatkan syafaat dari Allah di darul abadi kelak yaitu apabila engkau tinggalkan untuk orang Islam khalifah yang adil, maka siapakah pilihanmu?”. Jawab Khalifah Sulaiman, “Aku melihat Umar Ibn Abdul Aziz”.
Surat wasiat diarahkan supaya ditulis nama Umar bin Abdul-Aziz sebagai penerus kekhalifahan, tetapi dirahasiakan darai kalangan menteri dan keluarga. Sebelum wafatnya Sulaiman, ia memerintahkan biar para menteri dan para gubernur berbai’ah dengan nama bakal khalifah yang tercantum dalam surat wasiat tersebut.
2.2 Naiknya Umar sebagai Amirul Mukminin
Seluruh umat Islam berkumpul di dalam masjid dalam keadaan bertanya-tanya, siapa khalifah mereka yang baru. Raja’ Ibn Haiwah mengumumkan, “Bangunlah wahai Umar bin Abdul-Aziz, sesungguhnya nama engkaulah yang tertulis dalam surat ini”.
Umar bin Abdul-Aziz berdiri seraya berkata, 
“Wahai manusia, sesungguhnya jabatan ini diberikan kepadaku tanpa bermusyawarah dahulu denganku dan tanpa pernah saya memintanya, sesungguhnya saya mencabut bai’ah yang ada dileher kau dan pilihlah siapa yang kalian kehendaki”.
Umat tetap menghendaki Umar sebagai khalifah dan Umar mendapatkan dengan hati yang berat, hati yang takut kepada Allah dan tangisan. Segala keistimewaan sebagai khalifah ditolak dan Umar pulang ke rumah.
Ketika pulang ke rumah, Umar berfikir perihal kiprah gres untuk memerintah seluruh tempat Islam yang luas dalam kelelahan sesudah mengurus mayat Khalifah Sulaiman bin Abdul-Malik. Ia berniat untuk tidur.
Pada dikala itulah anaknya yang berusia 15 tahun, Abdul-Malik masuk melihat ayahnya dan berkata,
“Apakah yang sedang engkau lakukan wahai Amirul Mukminin?”.
Umar menjawab, “Wahai anakku, ayahmu letih mengurusi mayat bapak saudaramu dan ayahmu tidak pernah mencicipi keletihan menyerupai ini”.“Jadi apa engkau akan buat wahai ayah?”, Tanya anaknya ingin tahu.
Umar membalas, 
“Ayah akan tidur sebentar hingga masuk waktu zuhur, kemudian ayah akan keluar untuk salat bersama rakyat”.
Apa pula kata anaknya apabila mengetahui ayahnya Amirul Mukminin yang baru “Ayah, siapa pula yang menjamin ayah masih hidup sehingga waktu zuhur nanti sedangkan kini yaitu tanggungjawab Amirul Mukminin mengembalikan hak-hak orang yang dizalimi” Umar ibn Abdul Aziz terus terbangun dan membatalkan niat untuk tidur, ia memanggil anaknya mendekati beliau, mengucup kedua belah mata anaknya sambil berkata “Segala puji bagi Allah yang mengeluarkan dari keturunanku, orang yang menolong saya di atas agamaku”
2.3 Pemerintahan Umar bin Abdul-Aziz
Hari kedua dilantik menjadi khalifah, ia memberikan khutbah umum. Dihujung khutbahnya, ia berkata “Wahai manusia, tiada nabi selepas Muhammad saw dan tiada kitab selepas alQuran, saya bukan penentu aturan malah saya pelaksana aturan Allah, saya bukan andal bid’ah malah saya seorang yang mengikut sunnah, saya bukan orang yang paling baik dikalangan kau sedangkan saya cuma orang yang paling berat tanggungannya dikalangan kamu, saya mengucapkan ucapan ini sedangkan saya tahu saya yaitu orang yang paling banyak dosa di sisi Allah” Beliau kemudian duduk dan menangis “Alangkah besarnya ujian Allah kepadaku” sambung Umar Ibn Abdul Aziz.
Beliau pulang ke rumah dan menangis sehingga ditegur isteri “Apa yang Amirul Mukminin tangiskan?”Beliau mejawab “Wahai isteriku, saya telah diuji oleh Allah dengan jawatan ini dan saya sedang teringat kepada orang-orang yang miskin, ibu-ibu yang janda, anaknya ramai, rezekinya sedikit, saya teringat orang-orang dalam tawanan, para fuqara’ kaum muslimin. Aku tahu mereka semua ini akan mendakwaku di darul abadi kelak dan saya bimbang saya tidak sanggup jawab hujah-hujah mereka sebagai khalifah kerana saya tahu, yang menjadi pembela di pihak mereka yaitu Rasulullah saw’’ Isterinya juga turut mengalir air mata.
Umar Ibn Abdul Aziz mula memeritah pada usia 36 tahun sepanjang tempoh 2 tahun 5 bulan 5 hari. Pemerintahan ia sangat menakjubkan. Pada waktu inilah dikatakan tiada siapa pun umat Islam yang layak mendapatkan zakat sehingga harta zakat yang menggunung itu terpaksa diiklankan kepada sesiapa yang tiada pembiayaan untuk bernikah dan juga hal-hal lain.
2.4 Surat dari Raja Sriwijaya
Tercatat Raja Sriwijaya pernah dua kali mengirimkan surat kepada khalifah Bani Umayyah. Yang pertama dikirim kepada Muawiyah I, dan yang ke-2 kepada Umar bin Abdul-Aziz. Surat kedua didokumentasikan oleh Abd Rabbih (860-940) dalam karyanya Al-Iqdul Farid. Potongan surat tersebut berbunyi:[4]
“Dari Rajadiraja…; yang yaitu keturunan seribu raja … kepada Raja Arab yang tidak menyekutukan tuhan-tuhan yang lain dengan Tuhan. Saya telah mengirimkan kepada Anda hadiah, yang bergotong-royong merupakan hadiah yang tak begitu banyak, tetapi sekedar tanda persahabatan; dan saya ingin Anda mengirimkan kepada saya seseorang yang sanggup mengajarkan Islam kepada saya, dan menjelaskan kepada saya hukum-hukumnya”.
III. KEBIJAKAN POLITIK UMAR BIN ABDUL-AZIZ YANG RAHMATAN LIL ‘ALAMIN
Setelah menjadi Khalifah, Umar bin Abdul Aziz melaksanakan gebrakan yang tidak diduga sebelumnya, terutama oleh keluarga, famili, dan orang-orang terdekatnya. Banyak orang yang tercengang melihat kebijakan-kebijakan ia yang tidak biasa dilakukan oleh orang-orang yang tengah berkuasa.
Di antara kebijakan-kebijakan politiknya antara lain:
1. Menolak akomodasi kekhalifahan untuk dirinya yang dianggapnya berlebihan. Para petugas kekhalifahan yang hendak mengawalnya dengan kendaraan khusus mendapatkan sesuatu yang di luar dugaan. Umar menolak kendaraan dinas, dan meminta kepada salah seorang di antara mereka untuk mendatangkan binatang tunggangannya.
Al-Hakam bin Umar mengisahkan, ”Saya menyaksikan para pengawal tiba dengan kendaraan khusus kekhalifahan kepada Umar bin Abdul Aziz sesaat dia diangkat menjadi Khalifah. Waktu itu Umar berkata, ’Bawa kendaraan itu ke pasar dan juallah, kemudian hasil penjualan itu simpan di Baitul Maal. Saya cukup naik kendaran ini saja (hewan tunggangan).’
’Atha al-Khurasani berkata, ”Umar bin Abdul Aziz memerintahkan pelayannya untuk memanaskan air untuknya. Lalu pelayannya memanaskan air di dapur umum. Kemudian Umar bin Abdul Aziz menyuruh pelayannya untuk membayar setiap satu batang kayu bakar dengan satu dirham.”
’Amir bin Muhajir menceritakan bahwa Umar bin Abdul Aziz akan menyalakan lampu milik umum kalau pekerjaannya berafiliasi dengan kepentingan kaum Muslimin. Ketika urusan kaum Muslimin selesai, maka dia akan memadamkannya dan segera menyalakan lampu miliknya sendiri.
Al-Hakam bin Umar meriwayarkan bahwa Umar bin Abdul Aziz mempunyai 300 penjaga. Umar berkata kepada para pengawalnya, ”Sesungguhnya saya mempunyai penjaga untuk kalian dan untukku, juga ada penjaga ajalku. Maka, siapa yang ingin tetap berada di sini, tetaplah di sini, dan siapa yang ingin pulang, pulanglah kepada keluarga kalian.”
2. Menerapkan referensi hidup sederhana, khususnya untuk diri dan keluarganya. Yunus bin Abi Syaib berkata, ”Sebelum menjadi Khalifah tali celananya masuk ke dalam perutnya yang besar. Namun, ketika dia menjadi Khalifah, dia sangat kurus. Bahkan kalau saya menghitung jumlah tulang rusuknya tanpa menyentuhnya, niscaya saya bisa menghitungnya.”
Hal senada diungkapkan putranya, Abdul Aziz bin Umar bin Abdul Aziz ketika ditanya oleh Abu Ja’far al-Manshur perihal jumlah kekayaan ayahnya. Ja’far bertanya, ”Berapa kekayaan ayahmu dikala mulai menjabat sebagai Khalifah?” Abdul Aziz menjawab, ”Empat puluh ribu dinar.” Ja’far bertanya lagi, ”Lalu berapa kekayaan ayahmu dikala meninggal dunia?” Jawab Abdul Aziz, ”Empat ratus dinar. Itu pun kalau belum berkurang.”
Kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz dalam kehidupan benar-benar diilhami oleh sikap hidup sederhana Rasulullah Saw. dan para sahabatnya. Beliau sangat sederhana dalam berpakaian. Suatu ketika Maslamah bin Abdul Malik menjenguk Umar bin Abdul Aziz yang sedang sakit. Maslamah melihat pakaian Umar sangat kotor. Maslamah berkata kepada istri umar, Fathimah binti Abdul Malik, ”Tidakkah engkau basuh bajunya?” Fathimah menjawab, ”Demi Allah, dia tidak mempunyai pakaian lain selain yang ia pakai.”
Pada kesempatan lain Umar bin Abdul Aziz shalat Jum’at di masjid bersama orang banyak dengan baju yang bertambal di sana-sini. Salah seorang jamaah bertanya, ”Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya Allah telah mengaruniakan kepadamu kenikmatan. Mengapa tak mau kau pergunakan walau sekedar berpakaian bagus?”
Umar bin Abdul Aziz tertunduk sejenak, kemudian dia mengangkat kepalanya dan berkata, 
”Sesungguhnya berlaku sederhana yang palinG baik yaitu pada dikala kita kaya dan sebaik-baik pengampunan yaitu dikala kita berada pada posisi kuat.”
Umar bin Abdul Aziz juga sangat sederhana dalam makanan. Seorang pelayan Umar, Abu Umayyah al-Khashy berkata, ”Saya tiba menemui istri Umar dan dia memberiku makan siang dengan kacang adas. Saya katakan kepadanya, ’Apakah setiap hari tuan makan dengan kacang adas?’” Fathimah menjawab, ”Wahai anakku, inilah masakan tuanmu, Amirul Mukminin.”
’Amr bin Muhajir berkata, ”Uang belanja Umar bin Abdul Aziz setiap harinya hanya dua dirham.”Sedangkan Yusuf bin Ya’qub al-Khalil berkata, ”Umar bin Abdul Aziz menggunakan pakaian dari bulu unta yang pendek. Sedangkan penerangan rumahnya terdiri dari tiga bambu yang di atasnya ada tanah.”
Umar bin Abdul Aziz juga senantiasa mengerjakan urusan-urusan kecil yang bergotong-royong tidak pantas dikerjakan oleh seorang Amirul Mukminin. Seperti diungkapkan oleh Abu Umayyah bahwa Umar bin Abdul Aziz pernah masuk ke satu kamar mandi. Tiba-tiba kamar mandi itu rusak, maka dia memberperbaikinya sendiri.
3. Menghapuskan hak-hak istimewa yang diberikan kepada keluarganya. Umar mengumpulkan Bani Marwan dan berkata, ”Sesungguhnya Rasulullah Saw. mempunyai tanah fadak, dan dari tanah itu dia menunjukkan nafkah kepada keluarga Bani Hasyim. Dan dari tanah itu pula Rasulullah Saw. mengawinkan gadis-gadis di kalangan mereka. Suatu saat, Fathimah memintanya untuk mengambil sebagian dari hasil tanah itu, tapi Rasulullah Saw. menolaknya.
Demikian pula yang dilakukan Abu Bakar Ra. dan Umar Ra. Kemudian harta itu diambil oleh Marwan dan kini menjadi milik Umar bin Abdul Aziz. Maka saya memandang bahwa suatu masalah yang tidak boleh Rasulullah Saw. melarangnya untuk Fathimah yaitu bukan menjadi hakku. Saya menyatakan kesaksian di hadapan kalian semua, bahwa saya telah mengembalikan tanah tersebut sebagaimana pada zaman Rasulullah Saw.” (Kisah ini diriwayatkan dari Mughirah).
Al-Awza’i meriwayatkan, ketika Umar bin Abdul Aziz menghapuskan hak-hak istimewa kepada anggota keluarganya, mereka berusaha membujuk Umar untuk mengembalikan hak tersebut. Umar berkata,”Harta yang ada padaku tak cukup untuk kalian. Sedangkan mengenai harta kaum Muslimin ini, maka hak kalian sama dengan hak kaum Muslimin yang berada di ujung dunia.”
Wahib al-Wadud mengisahkan, suatu dikala beberapa kerabat Umar bin Abdul Aziz dari Bani Marwan mendatangi rumah Umar. Saat itu Umar tengah uzur tak bisa menemui mereka. Lalu mereka berpesan kepada anaknya yang berjulukan Abdul Malik, ”Tolong katakan kepada ayahmu bahwa para Khalifah terdahulu selalu menunjukkan keistimewaan dan uang kepada kami, karena mereka tahu kedudukan kami. Sementara ayahmu kini telah menghapuskannya.”
Abdul Malik kemudian memberikan hal itu kepada ayahnya. Setelah kembali, Abdul Malik berkata kepada mereka, ”Sesungguhnya saya takut akan azab hari yang besar (hari kiamat), kalau saya mendurhakai Tuhanku” (Umar mengutip firman Allah QS Al-An’am: 15).
Salah seorang famili Umar bin Abdul Aziz yang berjulukan ’Anbasah bin Said al-’Ash menemuinya untuk memberikan keluhannya, ”Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya para Khalifah sebelum kau biasa menanggung kebutuhan-kebutuhan kami, tapi kini kau menghapuskan kebiasaan itu untuk kami, padahal kami mempunyai keluarga. Apakah kau izinkan saya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup kami?” Umar menjawab, ”Sesungguhnya orang yang paling dicintai di antara kau yaitu orang yang sanggup mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri.”
Lalu Umar bin Abdul Aziz menasehatinya, ”Perbanyaklah mengingat mati. Karena kalau kau berada dalam kesempitan hidup, maka kau akan merasa lapang. Dan kalau kau berada dalam kelapangan hidup, maka kau akan merasa sempit.”
4. Mengembalikan harta kekayaan yang dimilikinya dan keluarganya kepada Baitul Maal. Suatu saat, Umar bin Abdul Aziz memanggil istrinya, Fathimah binti Abdul Malik yang mempunyai banyak pemanis berupa intan dan mutiara, ”Wahai istriku, pilihlah olehmu, kau kembalikan perhiasan-perhiasan ini ke Baitul Maal atau kau izinkan saya meninggalkan kau untuk selamanya. Aku tidak suka bila aku, kamu, dan pemanis ini berada dalam satu rumah.” Fathimah menjawab, ”Saya menentukan kau daripada perhiasan-perhiasan ini. Bahkan bila lebih dari itu pun saya tetap menentukan kamu.”
5. Mengangkat orang-orang saleh di jajaran pemerintahannya. Setelah mencopot Khalid sebagai pengawal kekhalifahan karena telah menghukum orang tidak sesuai dengan kesalahannya, Umar bin Abdul Aziz meminta ’Amr bin Muhajir untuk menjadi salah seorang pengawalnya. Umar berkata, ”Wahai ’Amr, engkau tahu bahwa antara saya dan kau tidak ada kekerabatan kekerabatan, kecuali kerabat dalam Islam. Namun, saya mendengar bahwa kau banyak membaca ayat-ayat Al-Qur`an, dan saya melihat kau melaksanakan shalat di suatu tempat yang kau kira tidak ada seorang pun yang sanggup melihatmu. Saya melihat kau melaksanakan shalat dengan baik. Dan kau yaitu salah seorang dari golongan Anshar. Ambillah pedang ini dan semenjak dikala ini kau kuangkat sebagai pengawalku.”
6. Menolak suap dalam bentuk apa pun. ’Amr bin Muhajir meriwayatkan, suatu dikala Umar bin Abdul Aziz ingin makan apel, kemudian salah seorang anggota keluarganya memberi apel yang diinginkan. Lalu Umar berkata, ”Alangkah harum aromanya. Wahai pelayan, kembalikan apel ini kepada si pemberi dan sampaikan salam saya kepadanya bahwa hadiah yang dikirim telah sampai.”
’Amr bin Muhajir mempertanyakan sikap Umar tersebut, ”Wahai Amirul Mukminin, orang yang memberi hadiah apel itu tak lain yaitu sepupumu sendiri dan salah seorang yang masih mempunyai kekerabatan kerabat yang sangat bersahabat denganmu. Bukankah Rasulullah Saw. juga mendapatkan hadiah yang diberikan orang lain kepadanya?”
Umar bin Abdul Aziz menjawab, 
”Celaka kamu, sesungguhnya hadiah yang diberikan kepada Rasulullah Saw. yaitu benar-benar hadiah, sedangkan yang diberikan kepadaku ini yaitu suap.”
7. Menolak sistem kekhalifahan yang diwariskan secara turun-temurun. Ja’unah mengatakan, suatu ketika Abdul Malik bin Umar bin Abdul Aziz, putranya, meninggal dunia. Umar memujinya. Lalu Ja’unah bertanya kepada Umar, ”Apakah kalau dia masih hidup, kau akan mewasiatkan biar dia menjadi penggantimu?”
Umar menjawab, 
”Tidak.”
”Lalu mengapa kau memujinya?” tanya Ja’unah lagi.
”Karena saya khawatir, bila saya mengangkatnya, dia akan dihormati karena ayahnya dihormati,”jawab Umar.
8. Menghapuskan budaya materialistik di kalangan pejabat. Putra Umar bin Abdul Aziz yang berjulukan Abdul Aziz mengisahkan, beberapa orang bawahan Umar menulis surat kepadanya. Di antara isi suratnya berbunyi, ”Sesungguhnya kota telah rusak. Jika Amirul Mukminin menunjukkan kepada kami sejumlah uang biar kami memperbaiki kota itu, maka kami akan melakukannya.” Umar membalas surat itu, ”Jika kau membaca surat ini, maka jagalah kota itu dengan cara kau berlaku adil dan bersihkan jalan-jalannya dari kezaliman. Karena itulah sebenar-benar perbaikan.”

9. Melakukan amar ma’ruf nahi munkar secara bijaksana.
 Suatu ketika Abdul Malik bin Umar bin Abdul Aziz, salah seorang putra Umar, menemui ayahnya, dan berkata, ”Wahai Amirul Mukminin, jawaban apa yang engkau persiapkan di hadapan Allah Swt. di hari Kiamat nanti, seandainya Allah menanyakan kepadamu, ’Mengapa engkau melihat bid’ah, tapi engkau tidak membasminya, dan engkau melihat Sunnah, tapi engkau tidak menghidupkannya di tengah-tengah masyarakat?’”
Umar menjawab, 
”Semoga Allah Swt. mencurahkan rahmat-Nya kepadamu dan semoga Allah memberimu ganjaran atas kebaikanmu. Wahai anakku, sesungguhnya kaummu melaksanakan perbuatan dalam agama ini sedikit demi sedikit. Jika saya melaksanakan pembasmian terhadap apa yang mereka lakukan, maka saya tidak merasa kondusif bahwa tindakanku itu akan menimbulkan peristiwa dan pertumpahan darah, serta mereka akan menghujatku. Demi Allah, hilangnya dunia bagiku jauh lebih ringan daripada munculnya pertumpahan darah yang disebabkan oleh tindakanku. Ataukah kau tidak rela kalau tiba suatu masa, dimana ayahmu bisa membasmi bid’ah dan menghidupkan Sunnah?”
Ibnu Asakir meriwayatkan dari Ibnu Ja’unah, Umar bin Abdul Aziz berpesan kepada ’Amr bin Qais sebagai pejabat gres di Ash-Shaifah, ”Terimalah orang yang baik di antara mereka, dan ampunilah orang-orang jahatnya. Janganlah kau berada di potongan paling depan di kalangan mereka, sehingga kau dibunuh, dan jangan pula menjadi orang yang berdiri di potongan paling belakang, sehingga kau akan gagal. Jadilah di tengah-tengah dimana posisimu sanggup dilihat dan suaramu sanggup didengar.”
Ibnu Asakir juga meriwayatkan dari As-Saib bin Muhammad, Al-Jarrah bin Abdullah menulis surat kepada Umar bin Abdul Aziz sebagai berikut: “Sesungguhnya orang-orang Khurasan yaitu orang-orang yang sulit diatur, kecuali dengan pedang dan cemeti. Jika Amirul Mukminin mengizinkanku memerintah mereka dengan pedang dan cemeti, maka saya akan lakukan.”
Dalam surat balasannya, Umar bin Abdul Aziz menulis: “Telah hingga surat yang kau kirimkan kepadaku yang menyebutkan bahwa penduduk Khurasan tidak bisa diatur kecuali dengan pedang dan cemeti. Namun, saya yakin bahwa apa yang kau katakan itu yaitu bohong. Mereka niscaya bisa diatur dan diperbaiki dengan keadilan dan kebenaran. Maka, sebarkanlah itu di antara mereka.”
10. Menegakkan keadilan dan mengabdikan diri untuk menyejahterakan umat. Tekad Umar bin Abdul Aziz untuk menyejahterakan rakyatnya dan menegakkan keadilan yaitu prioritas utama. Fathimah binti Abdul Malik, istrinya, pernah menemuinya sedang menangis di tempat shalatnya. Lalu istrinya berusaha membesarkan hatinya. Umar bin Abdul Aziz berkata, ”Wahai Fathimah, sesungguhnya saya memikul beban umat Muhammad dari yang hitam hingga yang merah. Dan saya memikirkan problem orang-orang fakir dan kelaparan, orang-orang sakit dan tersia-siakan, orang-orang yang tak sanggup berpakaian dan orang yang tersisihkan, yang teraniaya dan terintimidasi, yang terasing dan tertawan dalam perbudakan, yang bau tanah dan yang jompo, yang mempunyai banyak kerabat, tapi hartanya sedikit, dan orang-orang yang serupa dengan itu di seluruh pelosok negeri. Saya tahu dan sadar bahwa Rabbku kelak akan menanyakan hal ini di hari Kiamat. Saya khawatir dikala itu saya tidak mempunyai alasan yang berpengaruh di hadapan Rabbku. Itulah yang membuatku menangis.”
Keseriusan Umar bin Abdul Aziz dalam menegakkan keadilan sanggup disimak dalam tafsir yang ditulis Ibnu Abi Hatim. Dalam kitab itu disebutkan Muhammad bin Ka’ab al-Qurazhi menyampaikan bahwa Umar bin Abdul Aziz memanggilnya dan berkata, ”Katakan kepadaku perihal keadilan.”
Muhammad bin Ka’ab al-Qurazhi berkata, ”Engkau telah menanyakan suatu masalah yang sangat besar. Jadilah engkau kepada anak kecil laksana seorang ayah, dan kepada orangtua laksana seorang anak kecil. Sedangkan kepada yang sebaya laksana seorang saudara, demikian pula kepada kaum wanita. Berilah insan hukuman sesuai dengan kesalahanya, dan sesuai dengan kondisi fisiknya. Janganlah kau memukul seseorang dengan satu cemeti pun karena kemarahanmu, sehingga kau akan dianggap sebagai orang yang melampaui batas.”
Malik bin Dinar berkata, ”Ketika Umar bin Abdul Aziz menjadi Khalifah, para penggembala domba dan kambing berkata, ”Siapa orang saleh yang kini menjadi Khalifah umat ini? Keadilannya telah mencegah serigala memakan domba-domba kami.”
Musa bin A’yun bercerita, ”Kami pernah menggembalakan domba-domba kami di Karman pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz. Saat itulah antara serigala dan domba berada di satu tempat. Namun, pada suatu malam kami mendapatkan seekor serigala telah memangsa seekor domba. Maka saya katakan, ’Pasti lelaki saleh itu kini telah meninggal. Lalu mereka mengaitkan kejadian itu dengan hari wafatnya Umar bin Abdul Aziz yang ternyata dia memang meninggal di malam dikala serigala mulai memakan domba.”
Kisah ini sanggup dimaknai bahwa pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz umat dan masyarakat hidup dalam keadaan sejahtera dan berkecukupan. Keadilan ditegakkan. Sehingga tidak ada orang yang merasa dizalimi atau dicurangi yang menjadikan munculnya pertikaian dan tindak kriminalitas.
Selama pemerintahan Umar bin Abdul Aziz, umat dan masyarakat berada dalam kemakmuran. Tidak ada orang miskin dan terabaikan. Tak ada orang yang kelaparan. Semuanya hidup serba kecukupan. Hal ini diungkapkan oleh Umar bin Usaid, ”Demi Allah, Umar bin Abdul Aziz tidak meninggal dunia hingga seorang pria tiba kepada kami dengan sejumlah harta dalam jumlah besar dan berkata, ’Salurkan harta ini sesuai kehendakmu.’ Ternyata tak ada seorang pun yang berhak menerimanya. Sungguh Umar bin Abdul Aziz telah menciptakan insan hidup berkecukupan.”
11. Melestarikan lingkungan hidup. Jisr al-Qashshab berkata, ”Saya melihat serigala dan kambing hidup tenang di masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz. Lalu saya katakan, ’Subhanallah! Ternyata serigala sama sekali tidak berbahaya berada di tengah-tengah kambing?’”
Secara tekstual, pernyataan Jisr al-Qashshab ini menunjukkan pemahaman kepada kita bahwa Umar bin Abdul Aziz benar-benar memperhatikan aspek lingkungan hidup, dimana semua makhluk hidup, termasuk binatang dan flora mendapatkan keadilan. Karena hutan dilestarikan, maka binatang-binatang liar menyerupai serigala tak perlu turun ke desa untuk mencari mangsa. Hewan-hewan tersebut telah mendapatkan segala apa yang dibutuhkan.
12. Menolak nepotisme. Al-Azwa’i menceritakan suatu ketika Umar bin Abdul Aziz duduk di rumahnya bersama para pembesar Bani Umayyah. Umar berkata, ”Sukakah kalau kalian saya jadikan salah seorang pemimpin pasukan?” Mereka menjawab, ”Mengapa kau tawarkan kepada kami sesuatu yang kau sendiri tidak mengerjakannya?” Umar berkata, ”Tidakkah kalian melihat hamparan tempat saya kini berada? Sesungguhnya saya menyadari sepenuhnya bahwa ia akan hancur dan sirna. Dan saya tidak suka bila tempat ini dikotori oleh kaki-kaki kalian. Lalu bagaimana mungkin akan saya jadikan kalian sebagai pemimpin dan pengawas orang-orang. Tidak mungkin. Dan jangan harap itu terjadi.”
Para pembesar itu berkata, ”Mengapa tidak? Bukankah kita mempunyai kekerabatan kerabat? Bukankah kita juga berhak?”
Umar berkata, ”Antara kau sekalian dan orang yang berada jauh di ujung dunia dalam pandanganku yaitu sama. Tidak ada bedanya.”
13. Menghukum orang sesuai dengan kesalahannya. Yahya al-Ghassani menceritakan, ketika masih menjabat sebagai gubernur, Umar bin Abdul Aziz pernah melarang Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik untuk membunuh orang-orang Haruri (kaum Khawarij yang bermarkas di Desa Haruri). Umar memberi saran kepada Khalifah, ”Penjarakan saja orang-orang itu hingga mereka bertaubat.”
Lalu Sulaiman bin Abdul Malik mendatangkan salah seorang Haruri dan menyuruh orang itu bicara. Haruri itu berkata,
 ”Apa yang harus saya katakan wahai orang fasik anaknya orang fasik.” Ucapan orang Haruri itu diulanginya lagi di hadapan Umar bin Abdul Aziz.
Sulaiman bin Abdul Malik berkata kepada Umar, ”Bagaimana pendapatmu perihal orang ini?”
Umar bin Abdul Aziz diam. Sulaiman berkata lagi, 
”Saya ingin kau memberikan pendapatmu perihal orang ini kini juga.”
Umar berkata, ”Cacilah dia sebagaimana dia mencacimu.”
Sulaiman berkata, ”Persoalannya tidak semudah itu.” Kemudian Sulaiman menyuruh pengawalnya untuk memenggal kepala Haruri.
Umar bin Abdul Aziz keluar dari ruangan itu dan bertemu dengan Khalid bin Walid, pengawal Khalifah. Khalid berkata, ”Wahai Umar, bagaimana mungkin kau menyuruh Khalifah untuk mencaci Haruri sebagaimana dia mencaci Khalifah? Demi Allah, tadinya saya menerka Khalifah akan menyuruhku untuk memenggal kepalamu.”
Umar bertanya kepada Khalid, ”Apa yang akan kau lakukan seandainya Khalifah benar-benar menyuruhmu memenggal kepalaku?”
Pengawal itu berkata, 
”Demi Allah, saya niscaya akan lakukan itu.”
Ketika Umar bin Abdul Aziz menjadi Khalifah, Khalid tiba menemuinya untuk bertugas sebagai pengawal Umar. Umar bin Abdul Aziz berkata kepada Khalid, 
”Letakkan pedang itu!” Lalu dilanjutkan dengan berdoa, ”Ya Allah, saya telah mencopot pedang itu dari Khalid dan saya memohon kepada-Mu janganlah Engkau angkat pedang itu untuk selamanya.”
Yahya al-Ghassani menceritakan, saat Umar bin Abdul Aziz mengangkatku sebagai pejabat di Mosul, saya mendapatkan wilayah itu dipenuhi tindak kriminal yang sangat tinggi. Lalu saya menulis surat untuk meminta nasehat kepada Umar apakah harus menghukum mereka dengan prasangka dan tuduhan tanpa bukti konkrit, atau dengan bukti-bukti dan keterangan yang terperinci sebagaimana diajarkan di dalam Sunnah Rasulullah Saw.?”
Umar bin Abdul Aziz kemudian mengirim surat tanggapan yang isinya perintah biar saya melaksanakan proses aturan menurut fakta sesuai dengan Sunah Rasulullah Saw. ”Jika kebenaran dan keadilan tidak juga bisa menghadirkan perbaikan kepada mereka, maka jangan harap mereka akan menjadi baik,” jelas Umar.
Yahya menambahkan, ”Tatkala saya melaksanakan apa yang diperintahkan Umar, Mosul menjadi satu wilayah yang paling sedikit mempunyai masalah tindak kriminal.”
IV. HARI-HARI TERAKHIR UMAR BIN ABDUL-AZIZ
Umar bin Abdul-Aziz wafat disebabkan oleh sakit tanggapan diracun oleh pembantunya. Umat Islam tiba berziarah melihat kedhaifan hidup khalifah sehingga ditegur oleh menteri kepada isterinya, “Gantilah baju khalifah itu”, dibalas isterinya, “Itu saja pakaian yang khalifah miliki”.
Apabila ia ditanya 
“Wahai Amirul Mukminin, tidakkah engkau mau mewasiatkan sesuatu kepada anak-anakmu?”
Umar Abdul Aziz menjawab: 
“Apa yang ingin kuwasiatkan? Aku tidak mempunyai apa-apa”
“Mengapa engkau tinggalkan anak-anakmu dalam keadaan tidak memiliki?”
“Jika anak-anakku orang soleh, Allah lah yang menguruskan orang-orang soleh. Jika mereka orang-orang yang tidak soleh, saya tidak mau meninggalkan hartaku di tangan orang yang mendurhakai Allah kemudian menggunakan hartaku untuk mendurhakai Allah”
Pada waktu lain, Umar bin Abdul-Aziz memanggil semua anaknya dan berkata: “Wahai anak-anakku, sesungguhnya ayahmu telah diberi dua pilihan, pertama : menjadikan kau semua kaya dan ayah masuk ke dalam neraka, kedua: kau miskin menyerupai kini dan ayah masuk ke dalam nirwana (kerana tidak menggunakan uang rakyat). Sesungguhnya wahai anak-anakku, saya telah menentukan surga.” (beliau tidak berkata : saya telah menentukan kau susah)
Anak-anaknya ditinggalkan tidak berharta dibandingkan bawah umur gubernur lain yang kaya. Setelah kejatuhan Bani Umayyah dan masa-masa setelahnya, keturunan Umar bin Abdul-Aziz yaitu golongan yang kaya berkat doa dan tawakkal Umar bin Abdul-Aziz.
Referensi
^ a b c d (Inggris) Umar II (Umayyad caliph)Britannica Online Encyclopedia.
^ Abdurrahman, Jamal (9 November 2007) (dalam bahasa Indonesia). Keagungan Generasi Salaf (disertai kisah-kisahnya). Darus Sunnah.
^ (Arab) Jalaluddin Suyuthi (w. 911 H). Tarikh al-Khulafa (Sejarah Para Khalifah).
Azra, Azyumardi (9 November 2004) (dalam bahasa Indonesia). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Prenada Media. hlm. 27-28.

Sumber http://vostfourth.blogspot.com

0 Response to "Umar Bin Abdul Aziz"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel