iklan

√ Warta : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat Misalnya Lengkap

√ Informasi : Pengertian, Cir , Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Semua insan niscaya membutuhkan sebuah informasi biar mengetahui keadaan-keadaan dilingkungan masyarakat. Untuk Lebih jelasnya lagi ihwal Informasi. Disni akan mengulas ihwal Informasi secara lengkap. Oleh sebab itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


 


 Semua insan niscaya membutuhkan sebuah informasi biar mengetahui keadaan √ Informasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat  Contohnya Lengkap



 


Pengertian Informasi


Informasi yaitu suatu pesan ucapan kata dari orang lain melalui komunikasi eksklusif maupun tidak eksklusif yang mempunyai makna dan manfaat ,yang di kumpulkan melalui beberapa serangkaian suatu proses yang tidak terlalu panjang yang sehingga cepat di sebarkan dari orang yang satu ke orang yang lain.





Pengertian Informasi Menurut Para Ahli


 


1.Jogianto


Menurut Jogianto menyatakan bahwa Informasi yaitu sebuah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan mempunyai kegunaan bagi sih penerimanya untuk mengambil suatu keputusan masa sekarang maupun masa yang akan datang.


 


2.Joner Hasugian


Menurut Joner Hasugian menyatakan bahwa Informasi yaitu suatu konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, yang mencakup banyak hal dalam suatu ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.


 


3.Azhar Susanto


Menurut Azhar Susanto menyatakan bahwa informasi yaitu suatu hasil pengolahan data yang menunjukkan arti dan manfaat tertentu.


 


4.Kenneth C. Laudon


Menurut Kenneth C. Laudon menyatakan bahwa Informasi yaitu suatu data yang sudah dibuat ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan bisa dipakai untuk manusia.


 


5. Lani Sidharta


Menurut Lani Sidharta menyatakan bahwa informasi yaitu sebagai data yang diberikan dalam suatu bentuk yang lebih mempunyai kegunaan untuk menciptakan sebuah keputusan.


 


6. Anton M Meliono


Menurut Anton M Meliono menyatakan bahwa informasi yaitu sebuah data yang sudah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Yang dimana tujuannya yaitu biar menghasilkan suatu keputusan.


 


7. Tata Sutabri


Menurut Tata Sutabri menyatakan bahwa informasi yaitu sebuah data yang diolah / diinterpretasikan untuk mengambil suatu keputusan.


 


8. Abdul Kadir, MC Fadden DKK


Menurut Abdul Kadir, MC Fadden DKK menyatakan bahwa informasi yaitu sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa yang sehingga bisa meningkatkan sebuah pengetahuan seseorang yang memakai data tersebut.


 


9. Brurch & Strater


Menurut Brurch & Strater menyatakan bahwa informasi yaitu suatu proses pengumpulan atau pengolahan data untuk menunjukkan suatu pengetahuan atau keterangan.


 


10. George R Terry


Menurut George R Terry menyatakan bahwa informasi yaitu sebagai data yang terpenting untuk menunjukkan suatu pengetahuan yang bermanfaat.


 




Jenis-Jenis Informasi


 


1. Informasi Berdasarkan Fungsi


Jenis informasi yang satu ini yaitu informasi yang berdasarkan materi dan kegunaan informasi. Informasi jenis ini antara lain yaitu suatu informasi yang menambah suatu pengetahuan dan informasi yang mengajari sih pembaca (Informasi edukatif). informasi yang menambah suatu pengetahuan, misalnya, dalam peristiwa-peristiwa peristiwa alam, pembangunan daerah, aktivitas selebritis, dan lain sebagainya. Informasi edukatif contohnya yaitu tips menjadi analis yang handal, tips mebersihkan karbo motor, tips berbicara di depan umum, cara jitu menjadi programmer komputer yang handal, dan lain sebagainya.


 


2. Informasi berdasarkan format penyajian


Jenis informasi yang satu ini yaitu sebuah informasi yang berdasarkan bentuk penyajian informasi. Informasi jenis ini, antara lain yaitu berupa foto, karikatur, lukisan abstrak, dan goresan pena teks.


 


3. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa


Jenis informasi yang satu ini yaitu sebuah informasi yang berdasarkan lokasi kejadian berlangsung, yaitu sebuah informasi dari dalam negeri dan informasi dari luar negeri.


 


4. Informasi berdasarkan bidang kehidupan


Jenis informasi yang satu ini yaitu sebuah informasi yang berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada, contohnya pada pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.


 


5. Informasi Berdasar penyampaian



  • Informasi yang disediakan secara berkala.

  • Informasi yang disediakan secara tiba-tiba.

  • Informasi yang disediakan setiap saat.

  • Informasi yang dikecualikan.

  • Informasi yang diperoleh berdasarkan permintaan.


 




Ciri-Ciri Informasi



  • Informasi harus Relevan, artinya sebuah informasi tersebut harus mempunyai manfaat oleh penggunanya.

  • Informasi harus Akurat, artinya sebuah informasi tersebut harus bebas dari kesalahan-kesalahan & harus terang maksud dan tujuannya.

  • Tepat pada waktunya, artinya sebuah informasi yang diterima dihentikan terlambat.

  • Konsisten, artinya sebuah informasi yang diterima harus sesuai dengan data yang gotong royong dan tidak mengalami suatu perubahan.


 




Tujuan Informasi



  • Untuk menyediakan sebuah gosip yang akan di pakai dalam sebuah pengambilan keputusan.

  • Untuk menciptakan situasi menjadi damai sehabis mendengar kabar tersebut atau malah menjadi sebaliknya.

  • Untuk menunjukkan gosip kepada orang yang mulanya tidak tahu yang sehingga orang tersebut mengerti atau memahaminya.

  • Untuk membantu seseorang dalam melakukan suatu aktivitas atau tugasnya dari hari ke hari.


 




Manfaat Informasi



  • Dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan

  • Dapat mengetahui keadaan atau situasi dilingkungan sekitar karna ada nya informasi dari orang lain atau media informasi

  • Dapat mengetahui disaat kita tidak tahu, karna ada nya sebuah informasi.


 




Contoh Informasi



  • Seorang guru memberitahu salah satu murid nya bahwa guru akan mengadakan rapat, dan semua murid boleh pulang cepat. kemudian murid itu memberitahukan infromasi tersebut ke semua murid yang ada disekolah bahwa guru akan mengadakan rapat dan dibolehkan pulang cepat.

  • Ayah memberitahu ibu bahwa keluarga akan berlibur ke paris ketika anak anak libur sekolah, kemudian ibu menunjukkan infromasi tersebut ke anak anak bahwa libur sekolah akan berlibur ke paris.


 


Sebuah informasi sangat penting bagi kehidupan manusia, karna tanpa ada nya sebuah informasi tidak akan tahu informasi yang ada disebuah lingkungan sekitar atau linkungan yang lainnya.


 


Itulah ulasan ihwal √ Informasi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Resensi : Pengertian, Jenis, Tujuan, Unsur, Manfaat & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Cerpen : Pengertian, Ciri, Unsur & Strukturnya Lengkap

Baca Juga :  √ Kalimat Ambigu : Pengertian, Bentuk, Contoh, dan Faktor Terlengkap


Baca Juga :  √ Puisi : Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur, Struktur & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Pantun : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Terlengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Warta : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel