iklan

Alat Musik Gamelan Provinsi Jawa Timur Lengkap

Gamelan Jawa Timur

Di Indonesia terdapat banyak sekal jenis-jenis alat musik tradisional, dahulu fungsi dari alat musik tersebut yaitu sebagai sarana untuk mendukung aneka macam macam program susila yang diantaranya yaitu upacara pernikahan, upacara susila dalam bentuk syukuran, dan lain sebagainya, hal ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di Provinsi Jawa Timur pada masa lampau keberadaan alat musik tradisional juga turut mendukung acara-acara yang diselenggarakan masyarakat, beberapa acar tersebut diantaranya yaitu upacara mantenan, syukuran panen raya, syukuran atas binatang ternak yang gemuk-gemuk serta sehat-sehat.
Nah mirip apa klarifikasi perihal alat musik khas provinsi Jawa Timur, mari kita simak penjelasannya di bawah ini ;

1. Alat Musik Angklung Reog Jawa Timur

Alat musik Angklung Reog Jawa Timur terbuat dari materi utama bambu, dan dihiasi dengan benang berwarna merah dan kuning, alat musik tersebut biasa digunakan sebagai musik pengiring kesenian Reog Ponorogo Jawa Timur, angklung khas Jawa Timur ini di desain sedikit agak melengkung, namun tetap tertata dengan rapi.

Sejarah Perkembangan Alat Musik Angklung Reog ini sudah ada semenjak dahulu, masa itu Indonesia masih berbentuk kerajaan-kerajaan, Anglung Reog tersebut disusun dengan rapi mirip pagar bambu dan kemudian diberi jimat yang berkhasiat untuk membantu mengalahkan musuh-musuh mereka, sehabis peperangan usai dan para prajurit yang menang dengan rasa bahagia akan memukul-mukul bambu itu dan kemudian terbentuklah suara-suara dari bambu yang di pukul tersebut.

Dan Angklung Reog ini merupakan salah satu alat musik tradisional khas Provinsi Jawa Timur yang hingga sekarang keberadaan alat musik ini masih lestari dan telah diakui oleh Dunia. Nah Berikut ini yaitu ciri-ciri alat musik Angklung Reog Jawa Timur.

Ciri-ciri Angklung Reog Khas Jawa Timur :

1.     Alat musik angklung reog dilengkapi dengan gagang atau tangkai yang diletakkan di tepi bawah, sehingga pemain musik ini sanggup memainkan serta memegangnya 2 buah sekaligus,
2.     Di setiap ujung bambu diberi benang woll berwarna kuning dan merah berbentuk bulat, berdasarkan kisahnya pada awalnya benang-benang itu yaitu jimat yang sanggup melumpuhkan musuh kalau terkena tusukkan bambu tersebut,
3.     Suara yang dikeluarkan cukup keras dan khas mempunyai aura mistis serta kalau kita mendengar bunyi tersebut maka kita akan mencicipi getaran-getaran secara spiritual,
4.     Memiliki dua jenis nada, yaitu bunyi “klong” besar  serta “klung” kecil,
5.     Beberapa kelompok grup band terkadang menciptakan alat musik Angklung Reog dengan jumlah tabung bambu mulai 1,2,3 bahkan ada yang hingga 9 tabung, namun aslinya angklung reog ini hanya mempunyai 3 tabung saja,
6.    Model alat musik angklung reog ini hampir mirip bentuk gapura serta tangga, yang tersusun mulai dari kecil hingga besar dari yang pendek hingga yang tinggi, hal ini berkaitan dengan kehidupan insan yang diawali dari kecil hingga menuju besar atau dewasa.

 Cara Memainkan Angklung Reog Jawa Timur
1.     Yang pertama yaitu memegang bab ujung angklung mirip memegang sebuah pistol,
2.     Selanjutnya pegang pula leher serta pinggang angklung, kemudian di hentakkan,
3.     Yang ke tiga ini dilakukan mirip pada nomor 2, akan tetapi gerakannya dibantu memakai tangan, digerakkan kearah kanan serta kiri, sehingga bunyi yang dihasilkan akan terdengar lebih panjang.

2. Terompet Reog Khas Jawa Timur



Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup yang satu ini terbuat dari materi kayu, bambu, logam penghubung antara bodi terompet dengan peniup dan tempurung kelapa, alat ini hingga ketika ini masih selalu digunakan ketika mengiringi kesenian tari Reog Ponorogo di Provinsi Jawa timur, 
Terompet reog mempunyai jumlah 6 lubang yang digunakan sebagai pengatur nada, dan 1 lubang yang terletak diujung terompet yang digunakan sebagai peniup. Biasanya teropmet ini dibagian ujungnya berhiaskan kepala naga.


3. Alat Musik Bonang Khas Jawa Timur


Alat musik tradisional Jawa timur Bonang merupakan salah satu alat musik yang yang masuk kedalam instrumen gamelan dan alat musik ini sangat populer di Indonesia, alat musik yang dimainkan dengan ciri di pukul ini mempunyai ciri-ciri terdapat tonjolan dibagian permukaan nya, bentuknya mirip gong namun ukurannya jauh lebih kecil, dan hal ini menjadikannya terlihat unik, alat musik ini tersusun dari gong-gong kecil, ada sebagian masyarakat yang menyebutnya dengan nama ceret / pot kemudian dan tersusun diatas rak kayu yang sudah di bentuk, bingkai atau rak bonang sering disebut dengan istilah lain, diantaranya yaitu :


*  Bingkai kayu yang di pakai untuk menyusun bonang dinamakan Rancak
*  Pada baris pertama alat musik bonang dinamakan Brunjung atau Jaleran
*  Sedanhkan untuk baris kedua sering dengan istilah Dhempok atau Setren

Para pengamat alat musik ensemble gending terdapat dua jenis nada yang digunakan dalam alat musik ini yaitu jenis nada slendro dan pelog, dan masing masing tangga nadanya tersusun sebagai berikut :
SUSUNAN BONANG DENGAN NADA SELENDRO
6
5
3
2
1
2
1
2
3
5
6
1
SUSUNAN BONANG DENGAN NADA PELOG
4
6
5
2
1
7
7
1
2
5
6
4

Untuk sanggup memainkan alat musik bonang ini haruslah berguru dengan tekun, serta harus memainkan dengan ketukan yang benar sehingga bunyi yang didengar juga akan terasa indah.


4. Alat Musik Gamelan Jawa Timur
Gamelan merupakan ensembel musik yang sangat menonjolkan metalofon, dan di Jawa timur alat musik gamelan ini cukup terkenal, gamelan Jawa timur terdiri dari beberapa jenis alat musik yang diantaranya yaitu gambang, gendang, dan gong. Nama gamelan sendiri berkaitan dengan beberapa kelompok instrumennya alat musik yang dijadikan dalam satu kesatuan yang utuh sehingga sanggup saling padu menghasilkan bunyi musik yang sanggup dibunyikan secara bersama. 

Selain di Jawa Timur Gamelan ini juga ada di provinsi lain mirip Jawa Tengah, DI Yogyakarta, terdapat Istilah gamelan sendiri yaitu berasal dari bahasa Jawa, dimana gamelan mempunyai arti memukul, dan mempunyai akhiran an yang menyatakan kata benda.

Ensemble jenis gamelan ini banyak terdapat di wilayah hampir seluruh pulau Jawa, mirip tempat Jawa Tengah, Madura, Pulau Bali, dan Lombok, sedangkan ukuran dan bentuknya di tiap-tiap tempat mempunyai bentuk dan nama berbeda-beda.

5. Ketipung Khas Jawa Timur


Aslinya alat musik ketipung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa timur dimainkan dengan cara di pukul memakai tangan, ketipung mempunyai dua buah membrane yang dipasang secara berdampingan, mirip dengan gendang namun ukurannya lebih kecil, ketipung di buat dari kayu berbentuk lingkaran dan masing-masing lubang berukuran 20cm satu lagi  40cm, ukurannya biasanya juga berbeda-beda hal ini diubahsuaikan dengan impian pemainnya.
Jenis alat musik khas Jawa timur ini mirip sekali dengan “ketapang”. Sebagian orang menganggap ketipung yaitu nama lain dari gendang dangdut, hal ini dikarenakan memanglah sulit membedakan yang mana ketipung dan yang mana kendang.

Demikianlah klarifikasi perihal alat musik khas Provinsi Jawa Timur Kali ini semoga bermanfaat dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Gamelan Provinsi Jawa Timur Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel