iklan

Fungsi Protein

Fungsi Protein

Menurut Winarno (2004), protein memiliki majemuk fungsi bagi tubuh, ialah sebagai enzim, zat pengatur pergerakan, pertahanan tubuh, alat pengangkut dan lain-lain.

a. Sebagai Enzim

Hampir semua reaksi biologis dipercapat atau dibantu oleh senyawa makromolekul spesifik yang disebut enzim dari reaksi yang sangat sederhana menyerupai reaksi transportasi karbon diokasida hingga yang sangat rumit menyerupai replika kromosom.

Hampir semua enzim pertanda daya katalitik yang luar biasa dan biasanya sanggup mempercepat reaksi hingga beberapa juta kali. Sampai sekarang lebih dari seribu enzim telah sanggup diketahui sifat-sifatnya dan jumlah tersebut masih terus bertambah. Protein besar peranannya terhadap perubahan-perubahan kimia dalam sistem biologis.

b. Alat Pengangkut dan Alat Penyimpan

Banyak molekul dengan BM kecil serta beberapa ion sanggup diangkut atau dipindahkan oleh protein-protein tertentu. Misalnya himoglobin mengangkut oksigen dalam eritrosit, sedang mioglobin mengangkut oksigen dalam otot. Ion besi diangkut dalam plasma darah oleh transferin dan disimpan dalam hai sebagai kompleks dengan feritin, suatu protein yang berbeda dengan transferin.

c. Pengatur Pergerakan

Protein merupakan komponen utama daging gerakan otot terjadi lantaran adanya dua molekul protein yang saling bergeseran. Pergerakan flagela sperma disebabkan oleh protein.

d. Penunjunag Mekanis

Kekuatan dan daya tahan robek kulit dan tulang disebabkan kolagen, suatu protein berbentuk lingkaran panjang dan gampang membentuk serabut.

e. Pertahanan Tubuh/Imunisasi

Pertahanan badan biasanya dalam bentuk antibodi, ialah suatu protein khusus yang sanggup mengenal dan melekat atau mengikat benda-benda absurd yang masuk kedalam badan menyerupai virus, bacteria, dan sel-sel absurd lain. Protein ini terpelajar sekali membedakan benda-benda yang menjadi anggota badan dengan benda-benda asing.

f. Media Perambatan Implus Syaraf

Protein yang memiliki fungsi ini biasanya berbentuk reseptor; contohnya rodopsin, suatu protein yang bertindak sebagai reseptor/penerima warna atau cahaya pada sel-sel mata.

g. Pengendalian Pertumbuhan

Protein ini bekerja sebagi reseptor (dalam bakteri) yang sanggup mempengaruhi fungsi bagian-bagian DNA yang mengatur sifat dan abjad bahan.

Daftar Pustaka:

Winarno, F.G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia.

Sumber http://materipengetahuanumum.blogspot.com

0 Response to "Fungsi Protein"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel