iklan

Alat Musik Tradisional Keso Sulawesi Selatan

Alat Musik keso-keso atau P’keso
Sulawesi Selatan tepatnya tempat Toraja memiliki alat musik tradisional yang diberi nama keso atau P’keso. Alat musik yang satu ini sepintas akan tampak menyerupai alat musik rebab yang berasal dari Pulau Jawa. Dan fungsi dari alat musik ini tidak jauh berbeda dengan fungsi alat musik yang berada di tempat lainnya, alat musik keso ini dimainkan dengan cara di gesek menyerupai biola, keso dilengkapi dengan dua buah dawai.
Adapun materi yang dipakai untuk membuat  Alat musik keso ini tempurung kelapa sebagai tabung suara, bambu atau kayu sebagai batang keso, saat masih belum tersedia dawai tasi, dahulu dawai keso ini dibentuk dari balu’bu’ atau benang-benang agresif yang biasanya menempel di batang pohon enau.
Menurut cerita dari masyarakat suku Toraja yang masih ada sampai sekarang, alat musik yaitu permainan yang tidak sanggup terlepaskan dari kehidupan sehari-hari. Namun perkembangannya tidak begitu pesat, sehingga bawah umur masa kini akan merasa terheran-heran jikalau melihat alat musik ini dimainkan.

Ciri-ciri Alat Musik Keso-Keso Sualawesi Selatan

a.      Berdasarkan abjad bunyi yang dikeluarkan oleh alat musik Keso-Keso ini, sanggup disimpulkan bahwa keso tergolong alat musik chordopone, yaitu alat musik yang suaranya dihasilkan alasannya yaitu dawai yang digesekkan .
b.     Keso dimainkan dengan cara menggesek dawai yang ada pada body dengan dawai yang ada pada penggeseknya.
c.      Terbuat dari tempurung kelapa sebagai tabung suaranya, kayu sebagai batang dawai, dan dawai dari balu’bu’, yaitu benang-benang agresif yang biasanya menempel di batang pohon enau.
d.     Fungsi dari alat musik keso-keso yaitu sebagai hiburan keseharian masyarakat Sulawesi Selatan.


Demikianlah tadi klarifikasi wacana Alat Musik keso-keso atau P’keso dari provinsi Sulawesi Selatan, agar bermanfaat bagi kita semua, dan agar mengakibatkan kecintaan kita terhadap kekayaan budaya bangsa semakin tumbuh subur, sekian dan Salam .


Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Tradisional Keso Sulawesi Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel