iklan

Keunikan Alat Musik Kalimantan Tengah

Alat Musik Kalimantan Tengah  Japen, Garantung, dan Katambung

Kalimantan tengah yakni sebuah kawasan yang berada di pulau Kalimantan bab tengah, dan beribukota di Palangka Raya, dan provinsi tersebut sudah ada semenjak jaman Soekarno tahun 1957, menyerupai kawasan lainnya provinsi ini juga mempunyai keanekaragaman budaya yang salah satunya yakni di bidang musik tradisional, dan berikut ini admin akan jelaskan 3 alat musik tradisional dari Kalimantan tengah, berikut klarifikasi singkatnya ;

1. Japen
Japen merupakan salah satu alat musik tradisional khas provinsi Kalimantan tengah, dan alat musik tersebut sudah sangat popular di kalangan masyarakat, alat musik Japen ini dimainkan degan cara dipetik dan dilengkapi dengan dawai menyerupai mirip gitar, serta dihiasi dengan gesekan khas Kalimantan tengah, hal ini bertanda bahwa alat musik tersebut merupakan alat musik yang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah.

Selain bentuknya yang unik menyerupai gitar, japen ini juga mempunyai bunyi yang justru menyerupai dengan alat musik kecapi, bunyi petikan yang di keluarkan menyerupai sekali dengan petikan yang  khas Melalui-Tionghoa.

2. Garantung
Yang berikutnya yakni Garantung, garantung  adalah alat musik tradisional khas Kalimantan Tengah , dan pada umumnya sering dipakai oleh masyarakat suku Dayak orisinil , alat musik yang bentuknya menyerupai dengan gong jawa ini termasuk jenis idiofon. Adapun materi pembuatan dari garantung tersebut yakni logam adonan antara kuningan dan perunggu.


2. Katambung
Katambung yakni alat musik jenis perkusi, yang bentuknya menyerupai dengan tifa dari papua , alat musik ini mempunyai panjang sekitar 75cm dan dilengkapi dengan membran dari kulit hewan pada bab sisi atasnya dan kulit hewan tersebut di ikat memakai rotan biar tidak gampang kendur dan lepas, materi dasarnya yakni kayu dan di mainkan dengan cara di pukul atau ditepuk memakai tangan. Pada umumnya alat musik ini sudah ada semenjak jaman dahulu, dan sering dipakai oleh masyarakat suku Dayak. Alat musik katabung biasanya dipakai dikala ada  upacara besar atau Gawi Belom dan Gawi Matey.


Untuk fungsinya sendiri juga beragam, hal ini tergantung pada jenis upacaranya yang akan digelar. Namun umumnya pada upacara Gawi Belom biasanya alat musik ini difungsikan sebagai iringan penyambutan tamu, sedangkan pada  upacara Gawi Matey alat musik ini hanya dipakai dikala upacara maut dan dimainkan dalam suasana murung dan hening. Alat musik katambung standarnya mempunyai ukuran yang beragam, dan biasanya dimainkan oleh 5 hingga 7 orang.


Demikianlah klarifikasi singkat perihal alat musik tradisional khas Kalimantan tengah kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, sekian dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Keunikan Alat Musik Kalimantan Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel