iklan

Keunikan Binatang Siput

Siput Bukanlah Hewan Lemah 

Siput, Menurut beberapa orang dikatakan sebagai binatang yang lamban dan juga menjijikkan. Bahkan alasannya yaitu gerakannya yang begitu lamban, tak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan dikarenakan badannya yang penuh lendir.


Sebenarnya siput mempunyai kelebihan serta keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini yaitu karunia Tuhan yang tak dimiliki oleh hewan binatang lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan siput tersebut? Siput merupakan binatang yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. 

Mengapa dikatakan berjasa? alasannya yaitu siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil, dengan demikian daun-daunan akan gampang diuraikan oleh bakteri. bila benda-benda yang besar seperti daun bermetamorfosis serpihan serta diuraikan tentu kegiatan siput tersebut sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Result penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk natural sehingga tanah pun akan menjadi subur.

Siput merupakan sang pengembara yang mandiri. Walaupun siput berjalan lamban, namun siput mempunyai stamina yang amat bagus. Daerah jelajah pengembaraan siput pun cukup luas. Pengembaraan siput dimulai semenjak siput menetas, sehabis menetas, siput eksklusif mandiri. Siput tidak lagi terikat serta bergantung pada induknya.

Siput mempunyai pertahanan diri yang baik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan serta mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun badan siput mempunyai lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas serta pelindung bagi badannya ketika berjalan di permukaan, Jalan sekasar serta seterjal apa pun akan mudah dilalui dengan tubuh tidak terluka. Disamping itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang sebagai pelindung bagi tubuhnya, uniknya cangkang akat ikut besar dikala tubuh siput semakin besar.


Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memperlihatkan kenyamanan serta keamanan bagi badannya. Cangkang juga berfungsi sebagai daerah persembunyian dikala ia terancam oleh lingkungan atau predator. Walau terik panas atau pun hujan, siput tetap dapat hidup nyaman serta safe dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan buat memangsa siput, dikarenakan badannya terlindungi oleh cangkang yang keras.


Jadi, siput bukanlah binatang yang tidak kuat. Siput ialah binatang istimewa yang mempunyai banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan dan juga kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan serta kekurangan. Oleh alasannya yaitu itu kita tak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kita miliki. dan juga  jangan minder kalau kita mempunyai kekurangan.

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Keunikan Binatang Siput"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel