iklan

Membuat Dan Membaca Sandi Si Kecil Yang Berjasa

Satu lagi sandi pramuka yang cukup mengasikkan ialah sandi yang dapat disebut sebagai "Sandi Si Kecil yang Berjasa". Penamaan sandi ini sebagai Si Kecil yang Berjasa sebab dalam menciptakan dan memecahkan (membaca) sandi ini berpedoman pada perbedaan penggunaan abjad dimana ada abjad yang ditulis secara 'kapital' (besar) dan ada pula yang ditulis dengan abjad kecil.

Untuk menciptakan Sandi Si Kecil yang Berjasa tidak terlau sulit. Meski demikian, sebagaimana sandi-sandi lain yang kerap dipakai di kepramukaan, sandi ini cukup mengasikkan untuk dipecahkan. Tidak mengherankan kalau kemudian jenis sandi ini kerap menjadi pilihan dalam banyak sekali aktivitas kepramukaan baik untuk Siaga, Penggalang, Penegak, maupun Pandega.

Karena itu, Blog ria akan mengulas bagaimana cara menciptakan dan membaca (memecahkan) Sandi Si Kecil yang Berjasa ini.

Baca juga banyak sekali jenis sandi dalam kepramukaan lainnya:


1. Contoh Sandi Si Kecil yang Berjasa


Untuk mengenali sandi ini tidak terlalu sulit. Bisa pribadi dilihat dari soal sandi yang penulisan kata-katanya merupakan adonan antara abjad kapital (besar) dan abjad kecil yang saling acak. 

Bisa juga diketahui dari penggunaan kata kunci sandi yang umumnya menyertakan kata kecil. Contoh kata kunci yang kerap digunakan:
  1. Jangan pernah sekali-kali adik meremehkan 'orang kecil'
  2. Kecil-kecil cabai rawit semoga kecil pedas rasanya.
  3. 'Kecil' orangnya tapi besar sekali nyalinya
Contoh soal Sandi Si Kecil yang Berjasa ialah sebagaimana gambar berikut ini.

Satu lagi sandi pramuka yang cukup mengasikkan ialah sandi yang dapat disebut sebagai  Membuat dan Membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa

2. Cara Membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa


Untuk membaca sandi Si Kecil yang Berjasa cukup mudah. Coret (hapus) semua abjad kapital sampai menyisakan huruf-huruf yang ditulis dengan abjad kecil saja.

Dari pola pada gambar di atas, soal Sandi Si Kecil yang Berjasa ini ialah "SAma KAu gaK PEDulI NyAMuk GiGIT kuLItKU pEraSAANmu kUaT". Coret semua abjad kapital (besar) ibarat pada kata "SAma" dicoret sampai menjadi "SAma" (ma) dan kata "KAu" menjadi "KAu" (u).

Lakukan pada semua kata pada soal yang disediakan. Kemudian susunlah huruf-huruf yang tersisa (huruf kecil) menjadi kalimat yang terbaca dengan benar.

Untuk lebih memahami cara menciptakan dan membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa, simak video berikut ini.


Demikianlah cara menciptakan dan membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa. Sandi sederhana dan gampang tetapi sangat mengasyikkan. Selamat berkreasi dengan Sandi Si Kecil yang Berjasa.

Sumber http://pramukaria.blogspot.com

0 Response to "Membuat Dan Membaca Sandi Si Kecil Yang Berjasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel