iklan

Pengertian Sifat Listrik Batuan

Pengertian Sifat Listrik Batuan

Menurut Telford (1990) fatwa arus listrik di dalam batuan dan mineral sanggup digolongkan menjadi tiga macam, yaitu konduksi secara elektronik, konduksi secara elektrolitik, dan konduksi secara dielektrik.

1. Konduksi Secara elektronik

Konduksi ini terjadi kalau batuan atau mineral mempunyai banyak elektron bebas sehingga arus listrik dialirkan dalam batuan atau mineral oleh elektron-elektron bebas tersebut. Aliran listrik ini juga dipengaruhi oleh sifat atau karakteristik masing-masing batuan yang dilewatinya. Salah satu sifat atau karakteristik batuan tersebut ialah resistivitasi (tahanan jenis). Resistivitas ialah karakteristik materi yang menandakan kemampuan materi tersebut untuk menghantarkan arus listrik. Semakin besar nilai resistivitas suatu materi maka semakin sulit materi tersebut menghantarkan arus listrik. Resistivitas mempunyai pengertian yang berbeda dengan resistansi (hambatan), dimana resistansi tidak hanya tergantung pada materi tetapi juga bergantung pada faktor geometri atau bentuk materi tersebut. Sedangkan resistivitas tidak bergantung pada faktor geometri.

2. Konduksi Secara Elektrolitik

Sebagian besar batuan merupakan konduktor yang jelek dan mempunyai resistivitas yang sangat tinggi. Batuan biasanya bersifat porus dan mempunyai pori-pori yang terisi oleh fluida, terutama air. Batuan-batuan tersebut menjadi konduktor elektrolitik, di mana konduksi arus listrik dibawa oleh ion-ion elektrolitik dalam air. Konduktivitas dan resistivitas batuan porus bergantung pada volume dan susunan pori-porinya. Konduktivitas akan semakin besar kalau kandungan air dalam batuan bertambah banyak, dan sebaliknya resistivitas akan semakin besar kalau kandungan air dalam batuan berkurang.

3. Konduktifitas Secara Dielektrik

Konduksi pada batuan atau mineral bersifat dielektrik terhadap fatwa listrik, artinya batuan atau mineral tersebut mempunyai elektron bebas sedikit, bahkan tidak ada sama sekali. Tetapi adanya efek medan listrik dari luar maka elektron dalam materi berpindah dan berkumpul terpisah dari inti, sehingga terjadi polarisasi. Peristiwa ini tergantung pada konduksi dielektrik masing-masing batuan yang bersangkutan, pola : mika.

Nilai resistivitas sebagian material-material di bumi (Telford, 1990)


MaterialResistivitas (Ohm-meter)
Air (Udara)0
Sandstone (Batu pasir)200-8.000
Sand (Pasir)1-1.000
Clay (Lempung)1-100
Ground Water (air tanah)0.5-300
Sea water (air laut)0,2
Dry gravel (kerikil kering)600-10.000
Alluvium (aluvulium)10-800
Gravel (kerikil)100-600

Daftar Pustaka:

Telford, L.P. Geldart, R.E. Sheriff. 1990. Applied Geophysics 2nd ed. Cambridge Universiti Press.

Sumber http://materipengetahuanumum.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Sifat Listrik Batuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel