iklan

3 Cara Mengetahui Plagiarisme Dalam Tulisan!

Baru-baru ini, media umum kita semarak alasannya perkara plagiarisme dalam goresan pena seorang anak muda di salah satu akun media sosialnya.  Smart Buddies, pernah dengar istilah plagiarisme dan plagiat? Jika ya, apa tahu definisi keduanya? Kali ini Ruangguru akan membahas keduanya; mulai dari pengertian dan bahayanya, sampai bagaimana mengetahui sebuah goresan pena itu plagiat atau tidak.

Kata plagiarisme dan plagiat sendiri sangat bersahabat kaitannya dengan dunia pendidikan.  Plagiarisme berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah penjiplakan yang melanggar hak cipta, sedangkan plagiat berdasarkan KBBI ialah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seakan-akan karangan sendiri, contohnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri. Singkatnya, plagiarisme ialah penjiplakan karya orang lain secara umum, ibarat penjiplakan lagu, tulisan, sampai desain, sedangkan plagiat lebih merujuk pada penjiplakan pada tulisan.

Kemudahan mencari banyak sekali isu di internet tidak hanya mengakibatkan hal-hal positif, tetapi juga beberapa hal negatif. Salah satunya ialah semakin maraknya plagiarisme dan plagiat. Dalam karya tulis, plagiarisme sanggup dilihat dikala penulis tidak mencantumkan sumber melalui kutipan ataupun dalam kalimat yang telah diparafrase. Para pelaku plagiat, disebut juga sebagai plagiator, tindakan mereka dianggap tidak menghargai hasil karya orang lain. Karyanya tidak akan mendapat pengakuan, bahkan sanggup dikenakan hukuman eksekusi penjara.

Lalu, bagaimana cara mengetahui plagiarisme dalam sebuah tulisan, Smart Buddies? Yuk kita simak beberapa tips di bawah ini.

 

1. Perbanyak membaca 

Cara Mengetahui Plagiarisme - Membaca buku untuk mengenali plagiarisme
Membaca buku untuk mengenali plagiarisme (Sumber: www.picjumbo.com)

 

Seperti yang kita tahu, membaca membuka wawasan kita. Buku dikenal sebagai jendela dunia dan juga jendela inspirasi. Dengan membaca, kita menjadi semakin kaya akan isu dan pengetahuan, serta sanggup melihat dunia dari banyak sekali sudut pandang. Hal ini juga berkhasiat dalam mengetahui bentuk plagiarisme. Semakin banyaknya yang kita membaca, semakin gampang juga kita mengenali karya yang cenderung plagiat dari isi tulisannya.

 

2. Mendeteksi kemungkinan kata kunci melalui Google

Cara Mengetahui Plagiarisme - Penggunaan mesin pencarian Google Penggunaan mesin pencarian Google (Sumber: www.indianexpress.com)

 

Ketika smart buddies mengenali adanya kejanggalan dalam sebuah karya tulis yang merujuk pada ciri-ciri plagiarisme, selain membaca buku, kita juga sanggup melaksanakan pencarian kata kunci yang ibarat di Google. Kita sanggup memasukan kata kunci disertai dengan tanda kutip ke dalam mesin pencari Google dan Voila! Kata kunci yang dimaksud akan segera ditemukan.

 

3. Menggunakan aplikasi plagiarism checker

cara mengetahui plagiarisme - Pendeteksi plagiarisme melalui plagiarism checker Pendeteksi plagiarisme melalui plagiarism checker (Sumber: www.khatvongsong.vn)

 

Nah, cara ini merupakan cara termudah untuk mendeteksi adanya plagiarisme dalam sebuah tulisan. Kamu hanya perlu membuka aplikasi plagiarism checker yang tersedia secara gratis di internet, ibarat Smallseotools, Plagiarisma, dan Copyscape. Kemudian, memasukan artikel yang ingin dicek dengan cara mengunggah dokumen atau melaksanakan copy-paste ke dalam website tersebut. Lalu, secara otomatis, plagiarisme dalam artikel akan terdeteksi.

Setelah mengenai plagiat dan plagiarisme, ada baiknya kita untuk mulai berhati-hati ya, Smart Buddies. Jangan malas berkarya, ingat bahwa eksekusi untuk plagiator itu berat. Kalian tentu tidak mau juga kan kalau hasil karyanya dituduh menggandakan hasil karya orang lain. Jadi, pastikan mulai kini kalian untuk mencantumkan sumber dalam karya tulis kalian ya. (AK/DR)

0 Response to "3 Cara Mengetahui Plagiarisme Dalam Tulisan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel