iklan

Pengertian Mesin Boiler

Boiler/ketel uap merupakan baskom tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air hingga terbentuk air panas atau steam berupa energi kerja. Air yakni media yang berkhasiat dan murah untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Air panas atau steam pada tekanan dan suhu tertentu mempunyai nilai energi yang kemudian dipakai untuk mengalirkan panas dalam bentuk energi kalor ke suatu proses. Jika air didihkan hingga menjadi steam, maka volumenya akan meningkat sekitar  1600  kali,  menghasilkan  tenaga  yang  menyerupai  bubuk  mesiu  yang gampang meledak, sehingga sistem boiler merupakan peralatan yang harus dikelola dan dijaga dengan sangat baik.

Gambar : Mesin BOiler

Energi  kalor  yang  dibangkitkan  dalam  sistem  boiler  memiliki  nilai tekanan, temperatur, dan laju ajaran yang memilih pemanfaatan steam yang akan digunakan. Berdasarkan ketiga hal tersebut sistem boiler mengenal keadaan tekanan-temperatur  rendah  (low  pressure/LP),  dan  tekanan-temperatur  tinggi (high pressure/HP), dengan perbedaan itu pemanfaatan steam yang keluar dari sistem boiler dimanfaatkan dalam suatu proses untuk memanasakan cairan dan menjalankan suatu mesin (commercial  and industrial boilers), atau membangkitkan energi listrik dengan merubah energi kalor menjadi energi mekanik  kemudian  memutar  generator  sehingga  menghasilkan  energi  listrik (power boilers). Namun, ada juga yang menggabungkan kedua sistem boiler tersebut,  yang memanfaatkan tekanan-temperatur tinggi  untuk  membangkitkan energi listrik, kemudian sisa steam dari turbin dengan keadaan tekanan-temperatur rendah sanggup dimanfaatkan ke dalam proses industri.

Sistem boiler terdiri dari sistem air umpan, sistem steam, dan sistem materi bakar. Sistem air umpan menyediakan air untuk boiler secara otomatis sesuai dengan kebutuhan steam. Berbagai kran disediakan untuk keperluan perawatan dan perbaikan dari sistem air umpan, penanganan air umpan dibutuhkan sebagai bentuk pemeliharaan untuk mencegah terjadi kerusakan dari sistem steam. Sistem steam mengumpulkan dan mengontrol produksi steam dalam boiler. Steam dialirkan melalui sistem pemipaan ke titik pengguna. Pada keseluruhan sistem, tekanan steam diatur memakai kran dan dipantau dengan alat pemantau tekanan. Sistem materi bakar yakni semua perlatan yang dipakai untuk menyediakan materi bakar untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan pada sistem materi bakar tergantung pada jenis materi bakar yang dipakai pada sistem.


Sumber http://ilmuteknikmesinindonesia.blogspot.com

1 Response to "Pengertian Mesin Boiler"

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel