iklan

√ Pola Soal Pembahasan Belahan Himpunan Smp

Contoh Soal & Pembahasan Bab Himpunan SMP





style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">



Soal No.1

Jika diketahui A = {3, 5, 9, 12, 15} maka banyaknya himpunan bab dari A adalah…


  1. 12

  2. 32

  3. 64

  4. 16


PEMBAHASAN :

Menentukan himpunan bab sanggup dicari memakai rumus : 2n

Karena jumlah anggota A (n(A)) = 5, maka himpunan bagiannya = 25= 32

Jawaban B


DOWNLOAD CONTOH SOAL & PEMBAHASAN BAB HIMPUNAN Sekolah Menengah Pertama DALAM BENTUK PDF KLIK DISINI




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Soal No.2

Jika diketahui A = {bilangan ganjil di bawah 10} dan B = {bilangan prima di bawah 10} maka A ∩ B adalah….


  1. Ø

  2. 0

  3. {3, 5, 7, 9}

  4. {2}


PEMBAHASAN :

Anggota A = {bilangan ganjil} = {1, 3, 5, 7, 9}

Anggota B = {bilangan prima} = {2, 3, 5, 7, 9}

3, 5, 7, 9 merupakan anggota A dan B, maka

A ∩ B = {3, 5, 7, 9}

Jawaban C


Soal No.3

A = Himpunan binatang berkaki empat

B = Himpunan binatang bertanduk

A ∩ B adalah….


  1. himpunan binatang berkaki empat atau bertanduk

  2. himpunan binatang berkaki empat dan binatang bertanduk

  3. himpunan binatang berkaki empat dan himpunan binatang bertanduk

  4. himpunan binatang berkaki empat yang bertanduk


PEMBAHASAN :

A ∩ B merupakan adonan anggota himpunan A dan anggota himpunan B. Maka:

A ∩ B = himpunan binatang berkaki empat dan binatang bertanduk

Jawaban B


Soal No.4

Yang merupakan himpunan ekuivalen adalah….


  1. A = {a, i, u, e, o}

    B = {1, 2, 3, 4, 5}

  2. A = {m, a, n, d, i}

    B = {i, d, n, a, m}

  3. A = {ayam, bebek, kelinci, sapi}

    B = {domba, jerapah, gajah, kerbau, angsa}

  4. A = {1, 2, 3 , 4, 5}

    B = {2, 4, 6, 8}


PEMBAHASAN :

Himpunan ekuivalen merupakan dua himpunan yang jumlah anggota kedua himpunan itu sama tetapi tidak sama. Yang termasuk himpunan ekuivalen ialah tanggapan A alasannya ialah jumlah anggotanya sama dan tidak sama

Jawaban A




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Soal No.5

Jika diketahui

P = {semua jenis hewan}

Q = {semua binatang berkaki empat}

R = {semua binatang berkaki dua}

Pernyataan yang salah adalah…


  1. Q ⊂ P

  2. Q ⊂ (P ∪ Q)

  3. P ⊂ R

  4. R ⊂ P


PEMBAHASAN :

P = {semua jenis hewan}


Q = {semua binatang berkaki empat}

R = {semua binatang berkaki dua}

himpunan Q merupakan anggota himpunan P atau di tulis Q ⊂ P

himpunan R merupakan anggota himpunan P atau di tulis R ⊂ P

P ∪ Q = adonan himpunan A dan B akan sama dengan himpunan A, atau

P ∪ Q = P, maka Q ⊂ (P ∪ Q) benar alasannya ialah sama dengan Q ⊂ P

Maka tanggapan yang salah ialah P ⊂ R alasannya ialah seharusnya R ⊂ P

Jawaban C


Soal No.6

Jumlah siswa dari dalam satu kelas ialah 46 siswa, 25 diantaranya gemar IPA dan 21 orang gemar matematika. Jika ada 5 orang yang tidak gemar IPA dan matematika maka banyaknya anak yang gemar IPA dan matematika adalah…


  1. 8

  2. 5

  3. 6

  4. 4


PEMBAHASAN :

Diketahui:

Jumlah siswa yang gemar IPA n(A) = 25 siswa

Jumlah siswa yang gemar matematika n(B) = 21 siswa

Menentukan jumlah siswa yang gemar IPA atau matematika

n(A ∪ B) = 46 – 5 = 41 siswa

Menentukan siswa yang gemar IPA dan matematika n(A ∩ B) adalah

n(A ∪ B) = n(A) + n(B) – n(A ∩ B)

⇔ 41 = 25 + 21 – n(A ∩ B)

⇔ n(A ∩ B) = (25 + 21) – 41 = 5 siswa

Jawaban B


Soal No.7

Jika diketahui n(P) = 21 dan n(Q) = 14, n(P ∩ Q) = Ø, serta n(P ∪ Q)c = 5 maka n(Pc) adalah….


  1. 23

  2. 19

  3. 16

  4. 30


PEMBAHASAN :

Menentukan jumlah himpunan semesta n(S)

n(P ∪ Q) = n(p) + n(q) – n(P ∩ Q) = 21 + 14 – 0 = 35

maka

n(S) = n(P ∪ Q) + n(P ∪ Q)c = 35 + 5 = 40

Menentukan n(Pc) atau jumlah pelengkap himpunan P (anggota himpunan semesta yang bukan anggota P)

n(Pc) = n(S) – n(P) = 40 – 21 = 19

Jawaban B




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Soal No.8

Jika diketahui

S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}

P = {1, 3, 5, 6, 7, 9}

Q = {2, 5, 7, 8, 9}

(P ∩ Q)∪(P – Q) adalah….



  1. P

  2. Q

  3. {1, 3}

  4. {2, 4, 5}



PEMBAHASAN :

Menentukan (P ∩ Q)

(P ∩ Q) = {1, 3, 5, 6, 7, 9} ∩ {2, 5, 7, 8, 9} = {5, 7, 9}

Menentukan P – Q (merupakan anggota P tapi bukan anggota Q)

P – Q = {1, 3, 5, 6, 7, 9} – {2, 5, 7, 8, 9} = {1, 3, 6}

Maka (P ∩ Q)∪(P – Q)

(P ∩ Q)∪(P – Q) = {5, 7, 9} ∪ {1, 3, 6} = {1, 3, 5, 6, 7, 9} = P

Jawaban A


Soal No.9

Himpunan {1, 2, 5, 6, 15, 30} sanggup dinyatakan dalam bentuk notasi yang tepat, yaitu….



  1. {x | x bilangan cacah}

  2. {x | x faktor dari 30}

  3. {x | x bilangan asli}

  4. {x | x faktor dari 44}



PEMBAHASAN 

Himpunan {1, 2, 5, 6, 15, 30} merupakan faktor dari 30, maka notasinya sanggup ditulis {x | x faktor dari 30}

Jawaban B


Soal No.10

Dalam sebuah kelas terdapat 45 anak. 15 orang gemar sepak bola, 20 orang gemar bulu tangkis, dan 10 orang gemar tenis meja. Diketahui 4 anak gemar sepak bola dan bulu tangkis, 6 anak gemar badminton dan tenis meja, 5 orang gemar sepak bola dan tenis meja, serta 9 anak gemar ketiganya. Jumlah anak yang tidak gemar ketiga olahraga tersebut adalah….


  1. 1

  2. 6

  3. 4

  4. 7


PEMBAHASAN :

himpunan semesta n(S) = 45

himpunan siswa yang gemar sepak bola n(B) = 15

himpunan siswa yang gemar badminton n(T) = 20

himpunan siswa yang gemar tenis meja n(M) = 10

n(B ∩ T) = 4

n(T ∩ M) = 6

n(B ∩ M) = 5

n(B ∩ T ∩ M) = 9

Menentukan n(B ∪ T ∪ M)

n(B ∪ T ∪ M) = n(B) + n(T) + n(M) – n(B ∩ T) – n(T ∩ M) – n(B ∩ M) + n(B ∩ T ∩ M) = 15 + 20 + 10 – 4 – 6 – 5 + 9 = 39

Menentukan siswa yang tidak menyukai ketiga olahraga tersebut

n(S) – n(B ∪ T ∪ M) = 45 – 39 = 6 orang

Jawaban B


DOWNLOAD CONTOH SOAL & PEMBAHASAN BAB HIMPUNAN Sekolah Menengah Pertama DALAM BENTUK PDF KLIK DISINI





style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Pola Soal Pembahasan Belahan Himpunan Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel