iklan

3 Cara Melihat Bit Laptop (32-Bit Atau 64-Bit) Di Windows 7/8/10

 cara melihat atau mengetahui bit Laptop tanpa software 3 Cara Melihat Bit Laptop (32-bit atau 64-bit) di Windows 7/8/10

Seperti yang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa komputer yang beredar ketika ini terdiri dari dua jenis sistem bit. Ketika anda hendak membeli sebuah komputer atau laptop maka anda bisa menentukan apakah menginginkan laptop yang memakai CPU atau prosesor 32 bit atau 64 bit. Bagi anda yang belum tahu, kedua angka tersebut merupakan lebar atau banyaknya data maksimal yang sanggup diproses dalam satu waktu. Artinya, prosesor 32 bit bisa memproses 32 data dalam sekali eksekusi, begitu juga dengan prosesor 64 bit yang bisa memproses sampai 64 data sekaligus.

Oleh alasannya ialah itu, sangat penting untuk mengetahui tipe prosesor yang dipakai oleh komputer anda, apakah 32 bit atau 64 bit. Pasalnya, tipe prosesor tersebut akan sangat besar lengan berkuasa terhadap sistem operasi yang digunakan. Prosesor 64 bit bisa menjalankan sistem operasi 32 bit maupun 64 bit. Namun, kalau laptop anda memakai prosesor 32 bit, maka anda hanya sanggup memakai OS 32 bit dan tidak sanggup memakai OS 64 bit. Oleh alasannya ialah itu, sebelum anda melaksanakan proses install sebuah sistem operasi menyerupai Windows, maka silahkan cek bit prosesor Laptop terlebih dahulu untuk diubahsuaikan dengan bit Windows yang akan digunakan.

Pengecekan tipe prosesor sangat penting dilakukan sebelum menginstall sebuah OS, alasannya ialah terdapat perbedaan antara 32 bit dan 64 bit yang tentu saja akan menghipnotis kinerja Laptop anda. Tidak hanya pada sistem operasi, software-software yang akan anda install juga perlu diperiksa sistem bit yang digunakan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kalau Laptop anda memakai prosesor 32 bit, tentu harus memakai OS 32 bit juga. Begitu pula dengan semua software atau aplikasi yang hendak anda gunakan hanya bisa dipasang kalau mempunyai sistem 32 bit. Dengan demikian sangat penting untuk mengetahui bit Laptop yang ketika ini anda gunakan.

Cara Mengetahui atau Melihat Bit Laptop di Windows Tanpa Software

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa anda perlu mencocokkan bit Windows yang akan diinstall dengan bit prosesor laptop anda. Oleh alasannya ialah itu anda harus mengetahui atau melihat bit prosesor Laptop anda. Untuk melaksanakan hal ini, ada beberapa cara yang sanggup anda gunakan.

1. Melihat Bit Laptop Melalui System Properties

Cara pertama yang sanggup anda gunakan untuk mengetahui tipe atau bit prosesor komputer ialah dengan cara cek melalui System Properties. System properties merupakan salah satu layanan yang akan menawarkan warta terkait sistem operasi yang anda gunakan. Tidak hanya itu saja, pada bab ini juga akan ditampilkan warta terkait beberapa hardware, termasuk bit processor. Dengan demikian anda sanggup mengetahui bit prosesor dan bit Windows yang anda gunakan.

Untuk melihat bit Laptop, cara yang dilakukan sangatlah mudah, yaitu hanya dengan beberapa langkah. Langkah yang pertama ialah silahkan buka file explorer di Windows. Kemudian pada jendela file explorer, silahkan klik kanan pada My Computer (Windows 7) atau This PC (Windows 8 atau Windows 10). Kemudian pada context sajian silahkan pilih Properties untuk membuka System Properties.

 cara melihat atau mengetahui bit Laptop tanpa software 3 Cara Melihat Bit Laptop (32-bit atau 64-bit) di Windows 7/8/10

Pada jendela System Control Panel, anda akan melihat beberapa warta terkait OS dan Hardware Laptop anda. Pada bab System, silahkan lihat pada System type yang merupakan bit OS dan bit prosesor Laptop anda. Informasi sebelum tanda koma merupakan type atau bit OS Windows anda, sementara warta sehabis koma ialah type atau bit prosesor Laptop anda. Jika keterangannya berisi warta x64 artinya Laptop anda memakai prosesor 64 bit. Sebaliknya, kalau tertulis x86 artinya Laptop anda memakai prosesor 32 bit.

 cara melihat atau mengetahui bit Laptop tanpa software 3 Cara Melihat Bit Laptop (32-bit atau 64-bit) di Windows 7/8/10

2. Melihat Bit Laptop Melalui System Information

Cara kedua yang sanggup anda lakukan untuk melihat type atau bit Laptop yang ketika ini dipakai ialah dengan memakai aplikasi System Information. Aplikasi System Information merupakan aplikasi built-in Windows yang berarti anda tidak perlu menginstallnya secara manual. Aplikasi ini akan menawarkan banyak warta terkait Laptop anda, mulai dari jenis prosesor, tipe prosesor, versi Windows dan lain sebagainya.

Untuk memakai aplikasi bawaan ini caranya sangat mudah, dan sanggup dilakukan baik pada Windows 7, Windows 8/8.1 maupun pada Windows 10. Langkah pertama ialah silahkan buka Start Menu, kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “System Information”. Jika hasil pencarian sudah tampil dan anda sudah menemukan aplikasi System Information, silahkan buka aplikasi tersebut.

 cara melihat atau mengetahui bit Laptop tanpa software 3 Cara Melihat Bit Laptop (32-bit atau 64-bit) di Windows 7/8/10

Pada jendela System Information anda akan melihat bermacam-macam warta terkait Laptop anda, mulai dari jenis OS, merk Laptop, model Laptop, dan lainnya. Untuk mengetahui tipe prosesor melalui aplikasi ini, silahkan perhatikan bab System Type yang merupakan type prosesor Laptop anda. Jika pada bab tersebut tertulis x64 artinya Laptop anda memakai prosesor 64 bit. Sebaliknya, kalau pada bab tersebut tertulis x86 artinya Laptop anda memakai prosesor 32 bit.

 cara melihat atau mengetahui bit Laptop tanpa software 3 Cara Melihat Bit Laptop (32-bit atau 64-bit) di Windows 7/8/10

3. Melihat Bit Laptop Menggunakan CMD

Cara ketiga untuk mengetahui type prosesor komputer atau melihat bit laptop anda ialah dengan memakai CMD. Seperti yang sudah diketahui bahwa Command Prompt (CMD) merupakan tools bawaan Windows yang sangat powerfull dan sanggup melaksanakan apa saja, termasuk mengetahui spesifikasi komputer anda. Seperti pada kedua cara sebelumnya, melalui CMD anda juga sanggup memperoleh bermacam-macam warta terkait Laptop atau PC Desktop yang ketika ini digunakan, termasuk bit atau tipe prosesor Laptop anda.

Untuk mengetahui bit Laptop dengan memakai Command Prompt caranya sangatlah mudah. Silahkan buka aplikasi atau tool CMD di Laptop Windows anda. Kemudian pada jendela CMD silahkan ketikkan perintah berikut.

systeminfo

Perintah tersebut merupakan sebuah perintah untuk menampilkan warta lengkap Laptop anda di jendela CMD. Untuk mengetahui bit atau tipe prosesor Laptop anda, silahkan cari bab System Type yang berisi warta terkait tipe CPU Laptop anda. Jika pada bab tersebut tertulis X64 artinya Laptop anda memakai CPU 64 bit. Sebaliknya, kalau tertulis x86 artinya Laptop anda memakai CPU 32 bit.

 cara melihat atau mengetahui bit Laptop tanpa software 3 Cara Melihat Bit Laptop (32-bit atau 64-bit) di Windows 7/8/10

Itulah cara gampang melihat atau mengetahui tipe atau bit prosesor laptop anda. Setelah anda mengetahui tipe prosesor yang dipakai oleh komputer anda, maka selanjutnya bisa memili OS dan Software yang sesuai untuk dipasang pada komputer tersebut. Jika Laptop atau PC Desktop anda memakai prosesor 32 bit, maka anda hanya sanggup menginstall Windows 32 bit. Sementara itu, kalau Laptop anda memakai prosesor 64 bit, maka anda sanggup install Windows 32 bit maupun 64 bit, tetapi lebih disarankan untuk install Windows 64 bit. Artinya tidak akan terjadi kesalahan dan juga komputer sanggup bekerja dengan kinerja maksimal.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "3 Cara Melihat Bit Laptop (32-Bit Atau 64-Bit) Di Windows 7/8/10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel