iklan

5 Fakta Menarik Rendang Yang Bikin Kau Lapar!

Hai, Smart Buddies! Pasti pernah merasakan kuliner khas Indonesia berjulukan rendang, kan? Sayang sekali bila belum alasannya selain rasanya yang enak, rendang juga gampang ditemui di banyak rumah makan, khususnya rumah makan padang. Meskipun sudah banyak yang menikmati dan jatuh cinta dengan masakan ini, masih sedikit yang tahu perihal fakta-fakta rendang. Salah satunya, kelezatan rendang sudah diakui dunia lho. Mulai penasaran, smart buddies? Yuk kita intip fakta unik rendang yang jarang diketahui!

1. Rendang Diakui Dunia

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kau lapar! Rendang dengan nasi. (Sumber: CNN.com) 

Kamu seharusnya besar hati alasannya kuliner khas Sumatera Barat ini sudah menerima legalisasi dunia, lho. Salah satu penghargaan yang diraih kuliner enak satu ini yaitu pada tahun 2011 dari CNN International. Rendang dinobati oleh CNN sebagai peringkat 1 dalam World’s 50 Delicious Food. Penghargaan lain yang didapat oleh rendang diraih pada 2012 ketika dinobatkan sebagai “The Most Balanced Food” dalam program  LA Travel & Adventure Show, sebuah bazar terbesar di Amerika pada 2012. Makanan yang satu ini sangat membanggakan ya?

2. Makanan Bersejarah

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kau lapar! Rendang ayam. (Sumber: blogopsi.com) 

Catatan mengenai rendang sebagai masakan khas Sumatera Barat sudah ada semenjak awal kala ke-19. Namun data lain mengambarkan bahwa rendang sudah ada semenjak kala ke-16, menyerupai yang diutarakan oleh Gusti Asnan, sejarawan Universitas Andalas. Masyarakat Minang tradisional selalu mengawetkan kuliner dengan metode pengasapan dan pengeringan. Proses pengawetan ini dilakukan dengan memasak dalam waktu yang sangat lama. Masyarakat Minang jaman dahulu sangat suka bepergian, perjalanan yang dilakukan sanggup hingga hitungan bulan. Seringkali tidak ada perkampungan untuk beristirahat, oleh alasannya itu para perantau   harus mencari alternatif kuliner yang awet, yakni bekal berjulukan rendang. Dilihat dari proses pembuatannya, rendang dimasak dalam waktu yang usang dan hingga kuahnya kering. Itulah alasannya kuliner dinamakan rendang, dari kata “merandang” yang berarti memasak santan kelapa hingga mengering perlahan.

3. Filosofi Rendang 

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kau lapar! Rendang tengah dimasak. (Sumber: http://anekakreasiresepmasakan.blogspot.co.id)

Ternyata rendang punya filosofinya tersendiri bagi masyarakat Minang, lho. Menurut masyarakat Minang rendang mempunyai makna “musyawarah” yang berangkat dari empat materi pokoknya. Bahan dagiang (daging sapi) merupakan lambang dari Niniak Mamak atau para pemimpin suku adat. Bahan karambia (kelapa) merupakan lambang dari Cadiak Pandai atau kaum intelektual. Bahan lado (cabai) merupakan lambang alim ulama yang pedas dan tegas dalam mengajak kebaikan. Terakhir pemasak (bumbu) merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang.

4. Rasa Rendang yang Mendunia 

Kuliner Malaysia dengan rendang. (Sumber: lifestyle.okezone.com) Kuliner Malaysia dengan rendang. (Sumber: lifestyle.okezone.com) 

Ada alasannya rendang diakui sebagai kuliner terenak di dunia. Rasa rendang ternyata cocok di pengecap masyarakat internasional. Hal ini tidak terlepas dari rendang sendiri mempunyai kemiripan rasa dengan kuliner-kuliner bangsa lain. Meskipun rendang berasal dari Sumatera Barat, rendang mempunyai cita rasa yang menyerupai dengan kuliner khas India menyerupai kari daging. Rendang juga cocok dengan pengecap orang Eropa alasannya mempunyai kemiripan cita rasa dengan kuliner Eropa Timur. Selain itu, Malaysia juga mempunyai masakan sejenis rendang dengan sedikit perbedaan. Hal ini mengakibatkan rendang cocok sebagai kuliner global.

5. Ada Lebih dari Satu Jenis Rendang 

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kau lapar! Rendang telur. (Sumber: resephariini.com) 

Rendang identik dengan daging sapi yang dimasak dengan kelapa dan berwarna gelap. Masakan rendang menyerupai namanya berarti kuliner yang dimasak perlahan dengan santan kelapa hingga kering. Selain daging sapi, ada beberapa materi lain yang dijadikan rendang. Seperti salah satunya rendang lokan, rendang yang dimasak memakai lokan, sejenis kerang-kerangan. Ada juga rendang maco yang memakai semacam ikan asin menggantikan daging sapi yang mahal. Ada juga rendang ayam dan rendang itik yang memakai materi utama ayam-ayaman. Selain itu, juga ada rendang yang memakai materi telur, daging kambing, paru, dan hati sapi. Jika dikumpulkan ada sekitar 11 macam rendang yang tercatat sebagai masakan susila Minang.

Itulah beberapa fakta unik dari rendang. Kita harus besar hati dengan kuliner khas bangsa ya, Smart Buddies! Kita harus pelajari dan pahami bermacam-macam masakan khas Indonesia. Kamu sendiri punya fakta lain perihal rendang? Atau punya kuliner khas Indonesia lain yang sungguh menarik? Ceritakan di kolom komentar ya! (SP/DR)

0 Response to "5 Fakta Menarik Rendang Yang Bikin Kau Lapar!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel