iklan

7 Tips Ekonomis Ala Anak Kost

Belajar berdikari dengan cara tinggal di kos bersama-sama bukanlah pilihan yang buruk. Hal ini dikarenakan, dengan tinggal di kos, tentu Anda harus mengatur segala sesuatunya sendiri.

Tapi, ada hal menyedihkan yang sering menghampiri anak kost, salah satunya ialah duduk kasus keuangan. Nah, supaya hal tersebut tak terjadi pada Anda, Anda perlu menerapkan tips ekonomis ala anak kos yang akan dijelaskan berikut ini.

5 Tips Hemat Ala Anak Kost

1. Susun Anggaran Bulanan dengan Rinci

Tips yang pertama ialah silahkan Anda susun anggaran bulanan dengan rinci. Hal ini sangat berkhasiat terutama dalam hal mengingatkan Anda untuk apa sajakah uang yang sudah keluar itu, apakah untuk memenuhi kebutuhan, atau justru hanya untuk memuaskan impian saja. Anda sanggup memakai aplikasi keuangan android untuk mencatat anggaran anda.

Memang menyusun anggaran bulanan dengan rinci itu sedikit menyusahkan, tetapi jikalau melihat betapa pentingnya anggaran bulanan ini, sebaiknya Anda jangan malas lagi menyusunnya.

Dalam penyusunan anggaran ini, ingatlah untuk selalu memprioritaskan kebutuhan yang penting-penting saja. Untuk hal lain yang kurang penting, tolong diabaikan dulu. Jumlahkan asumsi harga semua kebutuhan tersebut sehingga Anda sanggup tahu berapa banyak uang yang mesti dikeluarkan untuk membeli semua itu.

2. Menabung Secara Teratur

Tips yang selanjutnya ialah menabung secara teratur. Berikut panduan cara menabung supaya cepat terkumpul.

Mengenai jumlahnya, silahkan Anda tentukan sendiri dan sebaiknya, pisahkan uang tabungan ini dalam dompet atau rekening khusus sehingga tidak campur aduk dengan uang yang lain.

Mau disimpan di celengan? Boleh juga kok, hanya saja, simpan uang ini dengan baik supaya tidak hilang. Jika Anda memperhatikan tips ini, nanti Anda akan lebih gampang dalam menghadapi kondisi darurat menyerupai uang kiriman yang telat atau kondisi darurat lainnnya.

3. Masak Sendiri

Ada baiknya jikalau Anda menentukan kos yang memperbolehkan penghuninya untuk masak. Walaupun sedikit, acara masak sendiri ini juga sanggup membantu Anda menghemat pengeluaran. Jangan biasakan untuk membeli makanan jadi di luar atau bahkan pesan online, alasannya yaitu disadari atau tidak, hal ini juga sanggup menciptakan isi kantong Anda terkuras dengan cepat.

Selain sanggup lebih hemat, ada keuntungan lain yang juga sanggup Anda sanggup dari memasak sendiri, diantaranya ialah sanggup mengatur sajian sesuai selera dan kebersihannya juga lebih terjamin. Bahkan jikalau perlu, bawa bekal dikala pergi kuliah atau bekerja supaya tidak jajan.

4. Jika Ingin Makan Diluar, Cari Tempat Makan yang Bersahabat dengan Kondisi Keuangan

Kalau sesekali Anda ingin cari suasana gres dengan cara makan di luar, sebaiknya Anda cari kawasan makan yang mau dekat dengan kondisi keuangan Anda. Toh makan itu tidak harus mahal kan, asalkan higienis dan sanggup mengenyangkan itu sudah cukup.

5. Kalau Keluar, Bawa Uang Secukupnya Saja

Tips selanjutnya ialah sebaiknya Anda bawa uang secukupnya saja dikala keluar. Jangan membawa uang dalam jumlah yang cukup banyak alasannya yaitu ini sanggup memicu Anda untuk boros. Selain itu, membawa uang dalam jumlah secukupnya ini juga sebagai langkah antisipasi supaya ketika terjadi hal yang tak diinginkan, Anda tidak terlalu kehilangan.

Contoh hal yang tak diinginkan itu yaitu dompet terjatuh di jalan, kecopetan dikala di angkot dan lain sebagainya.

6. Belajar Mencuci Pakaian Sendiri

Pada dasarnya laundry memang ada untuk membantu setiap orang yang kesusahan mencuci pakaiannya sendiri, entah alasannya yaitu sibuk atau alasannya yaitu alasan lainnya. Tapi, perlu ditekankan bahwa sebaiknya Anda lebih menentukan untuk mencuci pakaian sendiri.

Memang, harga jasa laundry sangat terjangkau, tetapi jikalau hendak ditotal, uang yang Anda pakai untuk laundry dalam sebulan jumlahnya juga tidak mengecewakan loh.

Ambil teladan saja jasa laundry per kilonya Rp 6.000. Misalkan dalam seminggu pakaian kotor Anda mencapai 3 kg, maka biaya yang harus Anda keluarkan untuk laundry jadi Rp 6.000 x 3 kg = Rp 18.000 dalam seminggu.

Sedangkan dalam 1 bulan ada 4 minggu. Jika Anda rutin laundry tiap minggunya, maka dalam sebulan saja Anda sanggup menghabiskan sekitar Rp 72.000 hanya untuk laundry. Itupun kalau harga per kilonya Rp 6.000, bagaimana jikalau lebih? Tentu uang yang harus Anda keluarkan lebih banyak lagi bukan?

Namun sanggup saja anda membuka perjuangan laundry untuk mendapat penghasilan tambahan. Simak tips membuka perjuangan laundry bagi pemula.

7. Kesalahan yang Sering Dilakukan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Sebenarnya, kasus anak kost yang sering kekurangan uang itu sebagian besar dikarenakan mereka yang melaksanakan sejumlah kesalahan dalam mengelola keuangan. Seringkali tanpa disadari, anak kost itu terlalu boros dalam berbelanja dan ini yaitu faktor utama kenapa keuangan jadi berantakan. Baca juga cara mengelola keuangan anak sekolah.

Banyak loh mahasiswa ataupun pekerja yang suka kehilangan kontrol dikala beliau berbelanja, sehingga beliau cenderung membeli aneka macam hal yang bersama-sama tidak diperlukan.

Apabila ini terus dibiarkan, maka bukan mustahil jikalau setiap bulan nanti beliau akan kelabakan alasannya yaitu kurang uang. Biasanya, duduk kasus yang juga akan muncul akhir hal ini yaitu ‘gali lubang tutup lubang’.

Memang gali lubang tutup lubang sanggup menciptakan Anda bertahan hidup, tapi jikalau Anda tidak melaksanakan perubahan atas sikap tersebut, maka kemandirian dalam hal finansial akan sulit didapat. Apakah hal ini sanggup dihindari? Tentu saja bisa. Coba deh terapkan aneka macam tips ekonomis ala anak kost di atas, dijamin kantong Anda tetap ada isinya dikala simpulan bulan.

Tak ada salahnya juga jikalau Anda bekerja paruh waktu atau menjalankan bisnis untuk mendapat uang tambahan. Banyak kok pekerjaan atau bisnis yang ramah dan sanggup dijalankan oleh anak kost, contohnya dengan menjadi dropshipper, penulis artikel dan lain-lainnya. Yuk dicoba saja. Siapa tahu bisnis ini jadi penyelamat keuangan Anda bahkan di masa yang akan datang..


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "7 Tips Ekonomis Ala Anak Kost"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel