iklan

3. Cara Menciptakan Variabel Pada Php


Ok, sehabis kita belajar Cara Menjalankan File PHP Untuk Pertama Kali, kali ini saya akan membahas wacana bagaimana cara menciptakan variabel. Kalau pada tutorial sebelumnya, kita sudah dapat menampilkan goresan pena 'Hello World' ke browser, kini pada tutorial kali ini, kita akan menciptakan sebuah tampungan atau sering disebut variabel yang akan menyimpan suatu nilai.

Contoh, variabel bernama kalimat yang berisi 'Halo, Apa Kabar ?'

Caranya cukup simpel, kita tinggal bikin script berikut ini :
 <?php $kalimat = "Halo, Apa Kabar ?"; echo $kalimat; ?> 

Lalu simpan di folder C:/xampp/htdocs/belajarPHP/Materi2/ dengan nama halo.php. Lalu jangan lupa buka xampp, kemudian aktifkan 'Apache' dan 'Mysql'. Lalu buka browser, buka localhost/belajarPHP/Materi2/halo.php. Maka jadinya akan menyerupai ini :


Nah, gampang sekali kan cara menciptakan variabel di PHP itu ?

Ingat, intinya variabel itu mempunyai tipe yang majemuk !

Contoh tipe variabel ialah : String (yang barusan kita buat diatas), integer, float, double, char, boolean, dll.

Namun, pada ketika kita menciptakan variabel di PHP, tipe variabelnya akan secara otomatis mengikuti !

Pada ketika kita menciptakan variabel berjulukan 'kalimat' dan kita isi dengan kata-kata, maka PHP akan secara otomatis mendeteksi bahwa variabel tersebut bertipe String

Namun, berbeda ketika kita mengisi variabel kalimat dengan nilai angka. Contoh : 
 <?php $kalimat = "5"; echo $kalimat + 3; ?> 

Maka outputnya ialah 8 !








Kok dapat 8 ? Ya alasannya ialah pada ketika kita menciptakan variabel kalimat dan kita isi dengan nilai 5, maka secara otomatis PHP akan mendeteksi bahwa tipe variabel tersebut ialah integer atau bilangan lingkaran (walaupun sudah memakai petik dua, namun PHP tetap mendeteksi sebagai angka).

Di PHP, tipe variabel memang cukup membingungkan ! 

Kok dapat membingungkan ? Ya, alasannya ialah menyerupai yang sudah saya katakan diatas, bahwa PHP dapat mendeteksi tipe variabel dari nilai variabel yang kita buat. Tanpa disadari, hal tersebut justru sangat membingungkan, alasannya ialah dapat jadi tipe variabel pada variabel PHP dapat berubah-rubah sendiri. Belum lagi kalo ada 2 tipe variabel didalam nilai variabel. Nih, semoga terperinci lihat pola berikut !

Coba Anda pikirkan, kira-kira output apa yang dikeluarkan dari script PHP berikut : 

<?php $kalimat = "5aku"; echo $kalimat + 2; ?> 

Kalo Anda sudah terbiasa dengan pemrograman C++, VB, Pascal, niscaya menebak output dari script PHP diatas adalah
5aku2
Namun ternyata tidak, outputnya ialah :
Output bekerjsama ialah 7 ! Kok dapat ? Ya alasannya ialah PHP mendeteksi adanya angka diawal kalimat, sehingga pada ketika operasi penjumlahan dilakukan, maka PHP akan menganggap nilai dari variabel kalimat ialah 5. Aneh ya ?

Sebenarnya masih banyak keanehan-keanehan dari tipe-tipe variabel di PHP yang dikarenakan kita tidak menciptakan variabel dengan konsisten !

Biasakan buat variabel secara KONSISTEN !

Apa yang dimaksud menciptakan variabel secara konsisten ? Ya, yang saya maksud ialah kita harus menciptakan variabel sesuai tipe nya. Jangan menyerupai yang sudah saya contohkan diatas, kita buat variabel kalimat dengan nilai "5aku", tapi malah dijumlahkan dengan angka 3. Kan ngawur ! String itu tidak dapat dijumlahkan !

Kalau memang terpaksa harus melaksanakan operasi penjumlahan, ya convertlah dahulu ke tipe integer ! Pembuatan variabel secara konsisten juga sangat baik untuk programmu, alasannya ialah akan meminimalisir bug yang terjadi

Oke, kesimpulannya, cara menciptakan variabel di PHP itu sangatlah mudah, alasannya ialah kita tidak perlu menuliskan tipe variabelnya. Namun ingat, gunakan tipe variabel secara konsisten menyerupai yang sudah saya jelaskan diatas !

Trus gimana kalo terpaksa kita harus mengubah tipe variabel dari string ke integer ? Ya kita harus memakai convert variabel yang akan dijelaskan di bahan selanjutnya.

Sumber http://komputer67.blogspot.com

0 Response to "3. Cara Menciptakan Variabel Pada Php"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel