iklan

√ Cara Mengiris Tempe Biar Tipis Yang Dapat Dicoba Di Rumah

Tempe merupakan kuliner orisinil Indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan utama untuk menciptakan tempe yaitu kacang kedelai yang kaya akan protein. Walaupun Indonesia punya, tapi materi baku utamanya masih didatangkan dari luar negeri alias impor.


Tidak ada unsur hewani pada proses pembuatan tempe, sehingga kuliner ini sanggup dikonsumsi oleh mereka yang vegetarian. Olahan tempe yang paling umum kita temukan yaitu tempe mendoan yang nikmat disantap hangat-hangat dengan saus kecap pedas.


Tempe yang dijual di pasaran umumnya berbentuk kotak persegi panjang. Apakah harga jualnya masih terjangkau atau tidak penulis tidak tahu. Hal ini sanggup ditanyakan kepada para ibu rumah tangga yang sering keluar masuk pasar.


Selain diolah sebagai gorengan atau tumis-tumisan, tempe juga sanggup diolah menjadi cemilan keripik tempe. Jika kau mengunjungi kota Bandung, kau akan menemukan cukup banyak toko yang menjual olahan tempe cemilan yang diiris tipis-tipis.


Apakah susah mengiris tempe tipis-tipis? Jika dilakukan secara manual, maka itu cukup sulit. Sulit bukan berarti tidak bisa. Jika kau sudah terbiasa, kau sanggup mengiris tempe tipis-tipis hanya dengan memakai alat-alat dapur. Berikut ini yaitu beberapa cara yang sanggup kau lakukan supaya tempe yang kau iris berbentuk tipis.


Cara Mengiris Tempe Agar Tipis


1. Menggunakan Cara Manual


Tempe merupakan kuliner orisinil Indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia dan sering kita temukan dalam k √ Cara Mengiris Tempe Agar Tipis yang Bisa Dicoba di Rumah

* sumber: www.youtube.com


Jika kau ingin mencoba menciptakan keripik tempe sendiri di rumah namun tidak mempunyai alatnya, maka kau sanggup mencoba cara ini. Hal yang perlu kau siapkan hanyalah alat pengukur yang higienis dan alat pengiris yang cukup tajam. Berikut yaitu langkahnya:



  • Siapkan Alat-Alat


Alat-alat yang perlu kau persiapkan yaitu pengiris, pengukur (dari plastik atau besi), dan talenan. Pastikan semua alat dalam keadaan higienis sebab tempenya juga sudah tiba dalam keadaan tertutup rapat. Siapkan juga wadah untuk menampung tempe yang sudah diiris.



  • Posisikan Tempe


Tempe merupakan kuliner orisinil Indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia dan sering kita temukan dalam k √ Cara Mengiris Tempe Agar Tipis yang Bisa Dicoba di Rumah

* sumber: id.wikipedia.org


Agar tempe sanggup diiris dengan mudah, kau harus menempatkan tempe di atas talenan dengan posisi memanjang. Jika tempe berbentuk persegi panjang, maka akan dengan gampang diposisikan. Sebaliknya, kalau tempe berbentuk bulat, kau harus memegangnya cukup kuat.



  • Ukur dan Iris


Dengan memakai pengukur, kau sanggup memilih seberapa tipis tempe yang ingin kau iris. Hanya saja alat pengukur tidak sanggup dipakai untuk tempe bulat. Jadi, kau hanya sanggup melakukannya dengan tempe persegi panjang. Jika sudah siap, mulailah mengukur dan mengiris tempe setipis mungkin dan berukuran sama.


Tempe merupakan kuliner orisinil Indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia dan sering kita temukan dalam k √ Cara Mengiris Tempe Agar Tipis yang Bisa Dicoba di Rumah

* sumber: kueresep.com


Mengiris tempe tipis-tipis secara manual ibarat di atas pastinya cukup sulit dilakukan (dan harus ekstra hati-hati!). Dibutuhkan keterampilan khusus supaya tempe yang diiris tipis tidak hancur walaupun ketebalannya bermilimeter. Namun, kalau kau ingin mencobanya, kau niscaya sanggup melakukannya kok. Kuncinya yaitu harus hati-hati, teliti, dan bersabar.


Frustasi dengan cara di atas? Tidak perlu khawatir! Kamu sanggup menemukan alat pengiris tempe khusus loh. Dengan alat ini, kau sanggup mengiris tempe tipis-tipis tanpa perlu khawatir rusak atau berbeda ukuran. Alatnya sederhana sih, namun akan sangat membantu dibanding dengan cara manual.


Baik tempe persegi atau bulat, kau tetap sanggup menghasilkan irisan tempe yang tipis mulai dari 0,5 mm sampai 5 mm dengan alat ini. Dengan pengiris tempe khusus ini juga, kau sanggup menghemat banyak waktu dan tenaga.


2. Menggunakan Alat Pengiris Khusus


Tempe merupakan kuliner orisinil Indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia dan sering kita temukan dalam k √ Cara Mengiris Tempe Agar Tipis yang Bisa Dicoba di Rumah

* sumber: www.elportaltcr.tk


Perlu kau ketahui bahwa alat khusus pengiris tempe ini ada yang dijalankan dengan mesin atau manual. Namun, untuk keperluan rumah tangga kau sanggup memakai alat yang manual saja. Alat khusus pengiris tempe yang manual dibentuk dari materi kayu yang berpengaruh dan bertahan lama. Dengan mata pisau yang tajam, kau sanggup mengiris tempe setipis mungkin dengan gampang (dalam hitungan milimeter) dan cepat. Jika sudah terasa tumpul, kau masih sanggup mengasah sendiri mata pisaunya.


Selain dipakai untuk mengiris tempe, alat ini sanggup kau gunakan untuk mengiris materi kuliner lainnya ibarat singkong, pisang, bawang-bawangan, cabe, dan masih banyak lagi. Jadi, alat ini sangat serbaguna, bukan? Pekerjaan mengiris bahan-bahan dapur sanggup dilakukan lebih cepat dengan alat ini.


Pengiris khusus kuliner ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan sanggup dipakai berkali-kali. Jika kau tertarik, kau sanggup membelinya di Bukalapak. Klik di sini untuk membeli alat pengiris khusus kuliner tersebut. Lalu bagaimana cara mengiris tempe tipis-tipis dengan alat ini? Berikut yaitu langkah-langkahnya:



  • Siapkan Alat Pengiris


Karena sanggup mengiris banyak materi makanan, maka alat ini disebut alat pengiris multi-cut. Setelah kau membelinya di Bukalapak, siapkan alat tersebut di dapurmu. Kamu sanggup sambil lesehan untuk memakai alat pengiris tempe ini.



  • Masukan Tempe


Selanjutnya yaitu memasukan tempe ke dalam kotak irisan yang tersedia. Ukurannya sudah didesain dengan bentuk standar tempe yang dijual di pasar-pasar. Jika ternyata tempe yang kau beli terlalu panjang, kau sanggup memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan ukuran kotak irisan tersebut.



  • Tekan Tempe


Alat ini dilengkapi dengan balok penekan supaya tempe sanggup diiris dengan baik. Jadi, sesudah dimasukan ke dalam kotak irisan, tekan tempe tersebut dengan balok penekan. Tekanannya dihentikan terlalu berpengaruh ya sebab sanggup merusak tekstur tempe itu sendiri.



  • Siapkan Wadah


Agar nanti tempe yang sudah diiris tidak terdampar kemana-mana, maka kau perlu menyiapkan wadah yang sanggup menampung hasil irisan tempe. Tempatkan wadah tersebut sempurna di bawah alat pengiris tempe tersebut. Gunakan wadah yang ukurannya sesuai dengan tinggi alat tersebut.



  • Mulai Mengiris


Tempe merupakan kuliner orisinil Indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia dan sering kita temukan dalam k √ Cara Mengiris Tempe Agar Tipis yang Bisa Dicoba di Rumah

* sumber: pengirisserbaguna.com


Sekarang sudah saatnya mengiris tempe. Caranya yaitu tekan tempe dengan balok yang sudah disediakan, kemudian lakukan gerakan maju mundur (iramanya jangan terlalu cepat ya). Setelah itu, tempe akan teriris secara otomatis dengan tipis dan mempunyai lebar yang sama. Hasil irisan tempe akan pribadi tersimpan dalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya.


Itulah cara gampang mengiris tempe supaya tipis dengan alat pengiris yang dibentuk secara khusus untuk banyak materi makanan. Jika kau ingin mencoba perjuangan kecil-kecilan dengan menjual keripik tempe, kentang, atau singkong, maka alat ini perlu kau miliki di dapurmu.


Selain sanggup lebih cepat, alat ini juga lebih kondusif digunakan. Kamu sanggup menghemat banyak waktu dan tenaga dengan memakai alat pengiris khusus ini. Jika nantinya kau membutuhkan alat pengiris tempe yang lebih sanggup diandalkan lagi, maka kau sanggup memakai alat pengiris khusus yang digerakan oleh mesin. Dengan demikian, pekerjaan atau usahamu sanggup sangat terbantu dengan teknologi ini. \


Sebagai kuliner orisinil Indonesia, tempe ini wajib kita lestarikan. Dunia juga sudah mengakui keunggulan dari kuliner ini. Jadi, ayo kita buat tempe ini lebih terkenal lagi supaya semakin banyak orang di aneka macam sudut dunia mengetahuinya.


Jika kau gundah cara menyimpan tempe supaya lebih tahan usang dan awet, sanggup temukan tipsnya di artikel Cara Menyimpan Tempe supaya Tidak Cepat Busuk.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Cara Mengiris Tempe Biar Tipis Yang Dapat Dicoba Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel