iklan

Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 Ke Komputer Lain Dengan Wifi

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari-hari sering memakai printer? baik itu di kantor maupun di rumah. Biasanya ketika anda hendak mencetak dokumen memakai printer, maka diharapkan sebuah kabel yang akan menghubungkan mesin Printer ke Komputer atau Laptop. Jika kabel printer tersebut tidak ada, maka tentu saja anda tidak akan sanggup melaksanakan aktifitas Print dokumen dari Komputer atau Laptop.

Berbeda halnya ketika yang anda gunakan yaitu sebuah Printer Wireless yang memakai media WiFi sebagai pengganti kabel. Jadi, anda tidak lagi membutuhkan kabel yang akan menghubungkan printer dan komputer. Anda sanggup pribadi print dokumen dari komputer hanya dengan mengkoneksikan komputer atau laptop yang dipakai ke WiFi dari printer tersebut.

Adanya printer Wireless tentu saja sangat membantu dan memudahkan dalam mencetak dokumen. Jika anda memakai printer kabel, maka biasanya ketika hendak mencetak hasil pekerjaan memakai Laptop atau Komputer yang tidak terhubung ke printer, anda harus copy file yang akan diprint ke flashdisk. Setelah itu barulah anda sanggup mencetaknya memakai komputer yang terhubung dengan printer. Kadang juga kalau memakai Laptop, maka Laptop akan dipindahkan semoga sanggup dihubungkan dengan Printer memakai kabel.

Keadaan tersebut tentu saja akan menciptakan anda menjadi repot dan membuat-buang waktu, dan tentu saja lebih gampang dan cepat ketika memakai printer wireless. Namun, bagaimana kalau anda tidak mempunyai printer wireless, melainkan hanya mempunyai sebuah printer biasa yang memakai kabel untuk menghubungkan printer ke komputer.

Anda jangan khawatir alasannya bekerjsama printer biasa yang dipakai sehari-hari sanggup diubah semoga sanggup diakses memakai Wireless atau WiFi. Tentu saja anda tidak harus membeli sebuah printer Wireless yang harganya jauh lebih mahal dari printer biasa, tetapi cara yang akan dilakukan yaitu melaksanakan sharing printer. Cara sharing printer ini sanggup anda terapkan di Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.

Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, atau 10 dengan WiFi

Jika anda mempunyai sebuah printer biasa atau printer yang memakai kabel, maka ada cara yang sanggup dilakukan semoga printer tersebut sanggup diakses dari jarak jauh memakai WiFi, yaitu dengan melaksanakan sharing printer ke komputer lain. Sehingga kalau anda melaksanakan pekerjaan pada komputer yang tidak terhubung ke printer, anda tidak perlu lagi memindahkan laptop semoga sanggup disambungkan ke Printer. Anda sanggup pribadi mencetak dokumen yang dikerjakan memakai WiFi dari komputer manapun.

Perlu diketahui bahwa anda tidak harus membongkar printer kemudian menambahkan perangkat WiFi semoga cara ini bekerja. Yang dibutuhkan untuk melaksanakan cara sharing printer ini hanyalah sebuah komputer yang terhubung ke printer memakai kabel. Melalui komputer inilah Printer akan di share melalui WiFi, entah itu berupa Hotspot maupun Wireless Router. Sehingga dikemudian hari anda sanggup mengakses Printer yang telah anda share via WiFi untuk mencetak dokumen. Hal yang tidak kalah penting adalah, komputer yang terhubung ke Printer harus mempunyai adapter WiFi atau sanggup memakai WiFi.

Agar anda sanggup mengubah Printer biasa menjadi printer Wireless, silahkan ikuti langkah-langkah cara sharing printer di Windows 7, 8.1, atau Windows 10 berikut ini. Langkah-langkah dibawah ini sanggup anda lakukan kalau hendak sharing printer Canon MP237, Epson l210, Epson l360, HP Laserjet P2202, maupun jenis printer lainnya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk sharing printer ke komputer lain yaitu pastikan bahwa terdapat satu komputer yang terhubung ke printer memakai kabel. Pada komputer yang terhubung ke Printer via kabel printer, silahkan buka Control Panel. Pada jendela Control Panel, silahkan pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers.

Selanjutnya, pada jendela Control Panel tersebut anda akan melihat daftar printer yang terhubung ke PC Desktop atau laptop anda. Silahkan cari printer yang hendak diubah menjadi printer wireless pada daftar tersebut. Pada printer yang hendak di share via WiFi, silahkan klik kanan kemudian pilih Printer Properties.

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

Pada jendela printer properties, silahkan klik tab Sharing kemudian centang pada checbox Share this printer. Anda juga sanggup mengubah share name sesuai keinginan, share name merupakan nama printer yang akan tampil pada komputer atau laptop lain ketika diakses melalui WiFi. Jika sudah simpulan silahkan klik Apply kemudian klik Ok.

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

Agar printer sanggup diakses dari komputer lain melalui WiFi, silahkan buka Control Panel kemudian pergi ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Kemudian klik Change advanced sharing settings pada panel sebelah kiri.

Pada jendela selanjutnya, silahkan klik tulisan Guest or Public kemudian klik opsi Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Setelah itu, kalau semua sudah simpulan diatur silahkan klik Save Changes.

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

Agar anda tidak dimintai password ketika mengases printer yang telah dishare via WiFi, maka silahkan klik All Networks, kemudian klik opsi Turn on password protected sharing kemudian klik Save Changes.

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

Sekarang anda sudah berhasil melaksanakan cara sharing printer ini atau dengan kata lain mengubah printer biasa yang memakai kabel menjadi printer Wireless. Agar sanggup memakai printer ini dari komputer lain, silahkan baca artikel Cara memakai printer wireless.

Cara Sharing Printer ke Windows Beda Bit (Arsitektur)

Pada beberapa kasus, ketika anda hendak memakai printer yang telah di share via WiFi, maka anda tidak sanggup menggunakannya untuk mencetak dokumen. Penyebab yang paling sering terjadi yaitu alasannya perbedaan arsitektur atau bit yang dipakai pada kedua komputer. Misalnya saja komputer atau laptop yang terhubung ke printer memakai Windows 64 bit, kemudian Laptop yang akan dihubungkan ke Printer via WiFi memakai Windows 32 bit atau sebaliknya. Pada masalah ibarat ini anda tidak akan sanggup pribadi terhubung ke printer tersebut untuk mencetak dokumen. Agar sanggup terhubung ke Printer dan mencetak dokumen, anda akan diminta untuk menginstall driver printer pada laptop yang akan dihubungkan via WiFi.

Keadaan ini tentu saja akan menciptakan repot ketika setiap ingin menghubungkan Laptop yang gres ke printer WiFi tersebut harus menginstall driver printernya, terlebih lagi kalau anda tidak memilikinya pada laptop yang digunakan. Namun jangan khawatir, anda sanggup melaksanakan sedikit pengaturan semoga kalau yang ingin dihubungkan yaitu laptop gres dan belum terhubung sebelumnya tidak perlu install driver. Untuk itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Siapkan driver printer yang digunakan, baik untuk Windows 32 bit dan Windows 64 bit. Pada komputer yang terhubung ke printer memakai kabel Printer, Silahkan buka kembali printer properties. Kemudian pada tab sharing silahkan klik Additional Drivers….

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

Pada jendela additional drivers, kalau komputer anda memakai Windows 64 bit (x64), maka akan terlihat bahwa driver untuk Windows 32 bit (x86) tidak terinstall, sehingga ketika anda mengaksesnya mengunakan Windows 32 bit maka tidak akan sanggup terhubung. Untuk mengatasi dilema ini silahkan centang pada checkbox x86, kemudian klik Ok.

Akan muncul jendela install printer drivers, silahkan ekstrak driver printer untuk Windows 32 bit yang telah anda siapkan kemudian klik Browse. Pada jendela yang muncul, cari file dengan ekstensi .inf pada lokasi daerah anda mengekstrak driver printer tadi. Jika sudah ditemukan, klik file tersebut kemudian klik Open. Pada jendela install driver tadi, silahkan klik Ok, Jika ada peringatan silahkan klik Ok.

Jika sudah simpulan silahkan klik Ok pada jendela Additional drivers. Kemudian silahkan lakukan hal sebaliknya kalau anda memakai komputer Windows 32 bit yang terhubung ke Printer memakai kabel. Sekarang anda sanggup tehubung ke printer via WiFi meskipun memakai arsitektur Windows yang berbeda.

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

Itulah cara sharing printer untuk mengubah printer biasa menjadi printer wireless. Cara ini sanggup anda lakukan untuk share printer di Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10 ke komputer lain dengan WiFi. Sebagai catatan, anda hanya akan sanggup mengakses printer yang telah di share kalau komputer yang tehubung ke Printer memakai kabal dan komputer yang akan anda hubungkan ke printer via WiFi terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama. Makara tentu saja komputer yang terhubung ke printer memakai kabel dan komputer yang akan mengakses via WiFi harus mempunyai perangkat semoga sanggup memakai jaringan WiFi.

Jika ternyata pada lokasi anda tidak tersedia jaringan WiFi, maka anda sanggup menjadikan komputer yang terhubung ke printer memakai kabel printer sebagai Hotspot, kemudian hubungkan komputer lainnya ke hotspot yang telah dibuat. Dengan demikian anda sanggup dengan leluasa mencetak dokumen via WiFi.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 Ke Komputer Lain Dengan Wifi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel