iklan

Jenis Masakan Burung Nuri Semoga Tetap Sehat

Makanan Burung Nuri – Sebagai salah satu burung unik yang banyak peminatnya, burung Nuri mempunyai keunikan tersendiri dalam mengolah kicauannya sehingga bisa menghasilkan banyak sekali bunyi unik, termasuk bunyi manusia.


Meski begitu, untuk mendapat kemampuan yang ahli dalam menirukan kicauan dan bunyi bukan termasuk hal yang gampang. Diperlukan adanya latihan yang berkelanjutan dan juga kuliner burung nuri yang kaya dengan nutrisi untuk mencukupi energi dan menunjang perkembangannya.


 Sebagai salah satu burung unik yang banyak peminatnya Jenis Makanan Burung Nuri Agar Tetap Sehat
Ilustrasi: Makanan Burung Nuri

Makanan Burung Nuri


Untuk lebih mengetahui bahwasanya pakan apa yang bisa memaksimalkan perkembangan dan menciptakan perawakannya sehat, berikut beberapa kuliner burung Nuri yang bisa anda berikan untuk burung Nuri peliharaan di rumah:


Biji-bijian


 Sebagai salah satu burung unik yang banyak peminatnya Jenis Makanan Burung Nuri Agar Tetap Sehat
Biji Bijian Makanan Burung

Salah satu kuliner yang bisa diberikan pada burung Nuri sebagai kuliner pokoknya yaitu biji-bijian. Akan tetapi jikalau burung nuri tidak dibiasakan makan biji-bijian semenjak anakan, mereka akan cenderung susah dan ada baiknya untuk tidak memaksakan.


Jika burung Nuri anda memang sudah terbiasa, anda bisa meberikannya biji jagung yang masih segar dan muda alasannya ialah mempunyai rasa manis. Selain jagung, biji-bijian lain menyerupai milet dan biji bunga matahari juga bisa menjadi kombinasi pakan yang baik.


Pelet Burung


 Sebagai salah satu burung unik yang banyak peminatnya Jenis Makanan Burung Nuri Agar Tetap Sehat
Voer Burung

Selain biji-bijian, anda juga bisa meberikan pakan pelet sebagai kuliner pokok untuk burung Nuri. Jenis pakan ini bisa dibilang mempunyai kandungan yang lengkap dan diperkaya dengan banyak sekali vitamin tambahan untuk menciptakan burung lebih sehat dan berstamina dalam menghasilkan kicauan-kicauan.


Pada umumnya, pelet ini dibentuk dari banyak sekali racikan materi menyerupai buah, sayur, bijian, dan lain sebagainya biar burung mendapat nutrisi lengkap dengan pakan yang lebih praktis.


Bubur Buatan


Untuk anda yang ingin meracik sendiri pakan biar lebih ekonomis dan alami, anda bisa meracik sendiri bubur buatan di rumah. Bubur ini dibentuk dengan mencampurkan banyak sekali materi biji-bijian menyerupai gandum, milet, beras merah, jewawut jagung, dan juga sayuran, lalu dimasak hingga lumat dan bertekstur lembut. Anda bisa menyajikan bubur kaya serat dan karbohidrat ini pada burung Nuri selagi masih hangat.


Buah Segar


 Sebagai salah satu burung unik yang banyak peminatnya Jenis Makanan Burung Nuri Agar Tetap Sehat
Buah-buahan

Makanan burung nuri selanjutnya berupa buah-buahan ini sifatnya sebagai suplemen untuk meberikan vitamin dan nutrisi lebih pada burung. Buah pertama yang umum diberikan yakni buah apel. Kandungan antioksidan yang ada dalam buah ini akan menciptakan daya tahan burung lebih meningkat dan tak mudah sakit alasannya ialah polusi udara terutama kalau anda tinggal di daerah perkotaan atau daerah pabrik.


Selain itu, buah menyerupai pisang dan pepaya juga cantik untuk diberikan. Kedua buah ini selain mempunyai rasa yang disukai oleh burung nuri juga membawa manfaat baik untuk meningkatkan kekebalan badan dan mengatasi banyak sekali gangguan pencernaan pada si burung.


Sayur


Selain buah, jenis kuliner lain yang kaya akan vitamin yaitu banyak sekali jenis sayuran. Pemberian pakan berupa sayur ini bisa anda berikan pada burung sebagai kombinasi pakan suplemen sekitar 2 kali seminggu atau bisa menyesuaikan dengan kebutuhan si burung. Beberapa jenis sayuran yang disukai burung Nuri diantaranya wortel, brokoli, dan juga anda bisa memperlihatkan sayur kangkung sesekali.


Umbi


Untuk memperlancar pencernaan pada burung, selain memperlihatkan sayuran dan buah, anda juga bisa mencoba pakan kaya serat lain berupa umbi-umbian. Beberapa umbian yang umum dan memang digemari oleh burung Nuri yakni kentang dan juga ubi jalar.


Selain memperlihatkan energi yang cukup untuk kebutuhan harian si burung dari karbohidrat, kuliner burung nuri tersebut juga menghindarkan mereka dari gangguan pencernaan yang bisa mensugesti kelincahan.


Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Kakatua Terbaru


Cara Menjinakan Burung Nuri


Selain memperhatikan kuliner yang diharapkan oleh burung nuri, anda sebaiknya juga memperhatikan perawatan burung nuri itu sendiri. Berikut ini beberapa tips menjinakkan burung nuri biar lengket sama kita:


#Perawatan Kandang


Hal pertama yang harus kita perhatikan biar burung nuri mau jinak ialah dengan memperhatikan sangkar yang akan ditmepatinya.


Pastikan sangkar burung nuri itu nyaman dan jauh dari pemangsa atau anak-anak. Tempatkan burung nuri anda di area yang lebih ramai dengan banyak manusia, biar burung tersebut bisa lebih terbiasa berinteraksi dengan insan atau pemiliknya.


Merawat burung nuri di lingkungan yang tertutup justru akan menciptakan burung kurang suka berinteraksi, sebaiknya saya sarankan biar burung tersebut lebih terbuka dalam penempatan kandang.


#Cara Menempatkan


Jika burung nuri anda sudah mulai jinak dan aktif, maka secara umum juga tidak akan takut terhadap keramaian, sehingga saat burung nuri yang kita pelihara tidak akan canggung lagi.


Kalau pun berada di keramaian dan keributan sehingga menimbulkan burung stres, maka burung nuri akan lebih mendekati kita, dan burung nuri ini akan bisa lebih kita pegang, dan bisa di kasih makan dengan tangan kita secara langsung, dan sesekali burung nuri akan bisa hinggap pada tangan dan punggung kita.


#Tips Memandikan Burung


Usahakan untuk bisa memandikan burung nuri minimal 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Cara memandikannya yang benar yaitu dengan disemprot dengan botol spray. Mandikan burung nuri hingga berair kuyup.


Saat burung sudah berair kuyup, biasanya burung nuri akan kedinginan lalu lapar. alasannya ialah burung banyak aben kalori untuk menghangatkan tubuhnya. Begitu akibat mandi, sebaiknya burung tersebut di jemur biar cepat kering.


#Cara Pemasteran


Tahap pemasteran ini bisa dibilang sebagai tahap kunci dari keberhasilan seseorang memelihara burung nuri. Tahap ini bisa kita lakukan dengan efektif jikalau burung nuri sudah sangat jinak.


Bagaimana cara pemasteran burung nuri ini? Caranya yaitu dengan memutarkan bunyi burung- burung berkicau pada mp3 player.


Jika anda ingin mendapat burung nuri yang bisa berbicara menyerupai manusia, maka anda bisa menempatkan burung tersebut di tempat yang sering di ruang tamu atau di ruang yang sering banyak interaksi terhadap manusia. Sering-seringlah mengajak burung nuri berbicara, maka usang kelamaan burung nuri anda akan bisa berbicara layaknya manusia.


****


Demikianlah tips perawatan dan jenis kuliner burung nuri yang bisa anda berikan biar burung nuri anda tetap sehat dan lincah bahkan bisa berbicara layaknya manusia. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda semua.


Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Nuri Terbaru Lengkap



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Jenis Masakan Burung Nuri Semoga Tetap Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel