iklan

Penyebab Layar Tv Bergaris Garis Dan Cara Memperbaikinya

Penyebab tv bergaris garis - Gejala kerusakan ditandai dengan pada layar tv Nampak bank putih bergaris-garis putih. Tidak hanya bergaris putih saja, ada tanda-tanda lainya ibarat tv bergaris garis warna hijau, biru dan merah.  Namun kali ini kita akan membahas perihal tv dengan kerusakan tv bergaris putih.
 Gejala kerusakan ditandai dengan pada layar tv Nampak bank putih bergaris  Penyebab Layar TV Bergaris Garis dan cara memperbaikinya

Pertama lakukan pengecekan pada pecahan soket CRT soldering ulang pada blog pecahan sistem warna. Pernah saya mengalami kerusakan dengan tanda-tanda ibarat ini disebabkan oleh solderan retak pada pecahan kabel penghubung antar mobo dengan PCB R, G, B. Sehingga perlu pengecekan pada pecahan ini pertama harus dilakukan. Belajar dari pengalaman bahwa solderan sangat mengetikan kinerja dari komponen elektronik. Sebagai langkah pertama ini sangat penting untuk dilakukan. Sebelum menjangkau ke langkah perbaikan Selanjutnya.↓

Setelah melalui langkah soldering ulang pada pecahan warna kini kita melaksanakan uji pengukuran. Kerusakan dengan tanda-tanda layar tv bergaris-garis disebabkan oleh beberapa tegangan dari sistem suplay pada crt ada yang bermasalah. Berikut merupakan pecahan penting dari sistem kerja pada sistem gambar.

1.    Tegangan 180 Volt

Ini berfungsi sebagai penguat video jikalau tegangan ini bermasalah akan menyebabkan terjadinya kerusakan kontras berkurang, warna bercampur, gambar kurang jelas, dll.⇣

2.    Flyback

Flyback bekerjasama eksklusif dari tegangan 180 volt. Sehingga permasalahan tegangan 180v sanggup disebabkan dari flyback. Ciri kerusakan jikalau berasal dari flyback yaitu layar tv blangking lantaran berkurangnya tegangan video output.⇃

3.    Kelebihan Tegangan Screen

Ini biasanya ditandai dengan layar Nampak blanking namun masih terlihat gambar, hanya saja terlihat layar lebih terang. Dan nilai kontras sudah tidak berfungsi keta diatur. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh screen adjuster mengalami kerusakan atau berubah nilai dengan sendirinya. Ata bahkan blong. Sehingga jikalau terjadi kerusakan maka ini harus mengganti flyback secara keseluruhan. Karena bagaimanapun flyback tidak sanggup diperbaiki.

4.    Kerusakan pada IC croma/gambar

Kerusakan paling parah di sebabkan oleh ic croma/ic utama mengalami ajal yang parah sehingga tidak sanggup menyuplay atau mengirimkan sinyal ke pecahan penguat warna merah biru hijau. Sehingga yang terjadi pada layar Nampak hanya layar putih polos bergaris garis blangking.

5.    Soket CRT

Soket crt sangat penting peranannya sebagai konektor tegangan. Ketika terjadi korosi dan timbul jamur pada soket crt akan mengalami kerusakan. Salah satunya layar hanya Nampak blanking saja. Kemudian akan terjadi kerusakan ang lainya contohnya tidak ada sedikitpun cahaya pada Crt atau tv tidak ada gambarnya ada suaranya.


6.    Kabel penghubung PCB

Pernah waktu itu saya dikerjain oleh kebel konektor antara pcb utama dan pcb rgb. Sudah muter kesana kemari namun tidak ada hasil ternyata disebabkan oleh kabel tersebut. Sepele namun membingungkan. Hal ini perlu menjadi perhatian pertama dikala mendapati kerusakan ibarat ini.

tulah beberapa penyebab tv Penyebab Layar TV Bergaris Garis. Semoga sedikit mencerahkan bagi anda yang kebingungan menangani kerusakan ibarat ini.
Sumber http://soldiradem.blogspot.com

0 Response to "Penyebab Layar Tv Bergaris Garis Dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel