Belajar Rumus Dasar Microsoft Excel (Bagian 2)
Pada posting kali ini, kita masih membahas perihal rumus-rumus dasar excel yang paling sering dipakai oleh para pengguna. Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai operasi dasar excel ibarat penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian maka saatnya kita mempelajari rumus sum, average, max, dan min.
Sebagai latihan, anggap kita punya data penjualan selama satu semester ibarat di bawah ini.
Rumus SUM Excel
Fungsi rumus sum pada excel yaitu untuk menjumlahkan sekumpulan data sekaligus. Rumus ini akan sangat mempunyai kegunaan jikalau data yang akan kita jumlahkan berjumlah banyak sehingga kita gak perlu repot-repot menjumlahkan satu per satu. Contoh penggunaan rumus sum yaitu sebagai berikut :
Ada 2 cara dalam menuliskan rumus sum dan rumus-rumus excel pada umumnya. Yang pertama yaitu ketik =sum( kemudian kita blok area data yang akan kita jumlahkan kemudian tekan Enter. Cara yang kedua yaitu ketik =sum( kemudian kita ketik manual cell awal penjumlahan kemudian ketik titik dua ( : ) kemudian diikuti dengan cell final data yang akan dijumlahkan kemudian tekan Enter.
Rumus AVERAGE Excel
Cara mencari rata-rata di microsoft excel yaitu dengan memakai rumus average. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak caranya ibarat pola di bawah ini.
Ketikkan rumus ibarat di atas, kemudian tekan Enter maka nilai rata-rata dari data di atas akan didapatkan. Praktis kan? Cara penulisan rumus sama dengan pembahasan rumus sum tadi ya :) .
Rumus MAX Excel
Rumus max pada excel dipakai untuk mencari nilai tertinggi pada suatu kumpulan data. Misalnya, kita punya data penjualan ibarat pola di atas, kemudian kita ingin mengetahui berapa sih puncak nilai penjualan kita? Nah, untuk itu kita sanggup menggunkan rumus max. Berikut pola penggunaannya.
Rumus MIN Excel
Kebalikan dengan rumus max, rumus min dipakai untuk mencari nilai terendah dari kumpulan data. Oke, eksklusif aja ke pola ya :)
Oke itulah tadi pola dari beberapa rumus microsoft excel yang mungkin akan sering dipakai oleh para pengguna excel. Kalau aku sih yakin tiap kali ada perhitungan memakai excel niscaya akan memakai rumus sum, hehe..pengalaman pribadi. Yang belum terang dan paham silahkan untuk mengisi komentar di bawah :)
Terima Kasih.
0 Response to "Belajar Rumus Dasar Microsoft Excel (Bagian 2)"
Posting Komentar