iklan

Cara Memakai Microsoft Excel Dengan Mudah

Cara memakai microsoft excel sanggup dengan gampang dipelajari oleh siapapun. Sebelumnya kita kenalan dulu dengan makhluk yang berjulukan Microsoft Excel, atau yang lebih umum di sebut dengan Excel saja, yaitu jadwal aplikasi office yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membantu kita dalam urusan pekerjaan menghitung, menganalisa, dan mengintrepetasikan data baik dalam bentuk tabel maupun dengan grafik. Penggunaan excel akan sangat berkhasiat bagi seseorang atau instansi yang berurusan dengan banyak data dan perlu dilakukan telaah yang lebih dalam untuk mengambil sebuah kesimpulan atau sebuah keputusan. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai cara memakai microsoft excel, mari kita kenali dulu area kerja pada jendela microsoft excel.

Lembar Kerja Microsoft Excel

 

 Cara memakai microsoft excel sanggup dengan gampang dipelajari oleh siapapun Cara Menggunakan Microsoft Excel dengan Mudah

 

  • Kolom (coloumn) yaitu penanda kolom pada excel yang berurutan secara abjad. Pada area kolom ini ada salah satu kolom yang di-highlight (berwarna berbeda) yang mengatakan dimana terdapat cell aktif
  • Baris (row) yaitu penanda baris pada excel yang berurutan secara numeric. Sama menyerupai kolom, pada area baris ini juga terdapat salah satu yang di-highlight untuk mengatakan dimana terdapat cell aktif
  • Cell Aktif yaitu penunjuk cell yang sedang aktif. Cell yang aktif ini merupakan perpotongan baris dan kolom yang di-highlight. Contoh cell B2 yaitu perpotongan antara kolom B dan baris 2.
  • Formula Bar yaitu daerah dimana kita ingin menuliskan rumus atau fungsi pada excel yang akan kita gunakan. Untuk menuliskan rumus diawali dengan tanda "=" (tanpa tanda kutip). Contoh kita ingin menjumlahkan cell A1 dan B2 maka penulisan rumus pada formula kafe yaitu =A1+B2.
  • Tab Lembar Kerja yaitu kumpulan dari beberapa lembar kerja. Pada satu file excel, kita sanggup memiliki beberapa lembar kerja sekaligus. Lembar kerja yang aktif yaitu yang di-highlight.

Cara Membaca Alamat Cell

 

Mengetahui cara membaca alamat cell sangat penting dalam mencar ilmu excel. Masing-masing cell memiliki alamat sendiri-sendiri. Cara membaca cell yaitu dengan melihat kolom dan barisnya. Misalnya sebuah cell memiliki alamat B3 maka cell tersebut berada pada kolom B dan baris ke 3. Perhatikan gambar di bawah ini.

 Cara memakai microsoft excel sanggup dengan gampang dipelajari oleh siapapun Cara Menggunakan Microsoft Excel dengan Mudah


Cara Menggunakan Rumus pada Excel

 

Sesuai fungsinya, excel akan sangat berkhasiat untuk pengolahan dan analisis data. Excel dilengkapi dengan rumus-rumus atau fungsi yang lengkap untuk aplikasi aritmatika, statistik, financial, olah database, dan lain-lain. Untuk memakai rumus yang ada pada excel selalu diawali denga tanda "=" (tanpa tanda petik). Untuk lebih mengenali cara penggunaannya, mari kita buat data tabel menyerupai di bawah ini.

 

 

Kita akan mengisi cell B3 yaitu dengan menjumlahkan banyaknya apel dan jeruk memakai rumus excel. Ada beberapa cara yang sanggup ditempuh yaitu :

  1. Menulis rumus dengan angka, cara ini dilakukan dengan menuliskan rumus pada cell B3 dengan "=10+20" (tanpa tanda kutip) kemudian tekan Enter.
  2. Menulis rumus dengan menunjuk alamat cell, yaitu dengan menuliskan rumus pada cell B3 dengan "=B1+B2" (tanpa tanda kutip) kemudian tekan Enter.
  3. Menulis rumus dengan menunjuk alamat cell dengan mouse, cara ini dilakukan dengan cara
    1. Ketik "=" (tanpa tanda kutip) pada cell B3
    2. Arahkan kursor mouse pada cell B1 kemudian klik
    3. Ketik "+" (tanpa tanda kutip)
    4. Arahkan kursor mouse pada cell B2 kemudian klik
    5. Tekan Enter

Menyimpan File yang telah dibuat

 

Setelah selesai maka simpan file excel yang telah dibentuk dengan cara klik tombol save (gambar disket) pada pojok kiri atas jendela kerja excel atau klik Ctrl+S pada keyboard secara bersamaan. Akan muncul jendela menyerupai berikut ini

 Cara memakai microsoft excel sanggup dengan gampang dipelajari oleh siapapun Cara Menggunakan Microsoft Excel dengan Mudah




Pada kotak isian file name isikan dengan nama file terserah Anda, pada pola di atas file diberi nama "latihan excel" kemudian klik Save. Pada tahap ini Anda sudah sanggup menciptakan file excel sederhana dengan rumus penjumlahan pada excel.

Sekian dulu posting kali ini, bila dirasa artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman Anda melalui tombol facebook, twitter, dan Google+ di bawah. Jika ada pertanyaan silakan isi komentar di bawah. Terima kasih telah membaca tutorial cara memakai microsoft excel.






Sumber http://sinauexcel.blogspot.com

0 Response to "Cara Memakai Microsoft Excel Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel