iklan

Panduan Budidaya Bunga Matahari Step By Step

Cara Menanam Bunga Matahari –  Tanaman yang masuk dalam keluarga Compositae  nama latin Helianthus annuus Linn, sama dengan pengecap buaya bunga matahari dipakai sebagai hiasan rumah dan sebagai obat tradisional menyerupai penyakit Hipertensi, Sakit kepala, Sakit gigi, nyeri menstruasi, reumatik, Nyeri lambung, radang payudara, Sulit melahirkan, Disentri, Campak, Infeksi kanal kencing, Bronkhitis, Batuk, Keputihan dan Malaria.


Budidaya bunga matahari dilakukan dengan banyak sekali macam tujuan baik sebagai hiasan rumah atau sebagai obat tradisional, bab bunga matahari yang sering dipakai yaitu akar, biji, daun dan bunga.


Cara menanam bunga matahari gotong royong mudah, namun banyak petani pemula yang kurang pengetahuan mengenai budidaya bunga matahari dengan benar, kesempatan kali ini kami akan menyajikan budidaya bunga matahari dari syarat tumbuh, proses penanaman, proses perawatan hingga tumbuhan ini berbunga.


sama dengan pengecap buaya bunga matahari dipakai sebagai hiasan rumah dan sebagai obat tra Panduan Budidaya Bunga Matahari Step by Step
Cara Menanam Bunga Matahari

Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Matahari


Tanaman bunga matahari sangat cocok ditanam pada kawasan yang terkena sinar matahari setiap hari, kemudian bunga matahari sanggup ditanam pada kawasan dataran tinggi dan dataran rendah namun dataran tinggi yaitu lokasi yang paling disukai bunga matahari.


Selain itu bunga matahari tidak sanggup tumbuh pada tanah yang tergenang air alasannya akarnya akan membusuk, tanah yang kaya akan unsur hara dan pH tanah 6-7 yaitu jenis tanah yang cocok untuk budidaya bunga matahari.


Cara Menanam Bunga Matahari 


Nah sehabis kami membahas syarat tumbuh tumbuhan bunga matahari, selanjutnya Sentrabudidaya akan membahas cara menanam bunga matahari step by step dibawah ini.


 Pemilihan Bibit Bunga Matahari


Sebelum anda memulai pemilihan bibit, tentukan dulu jenis bunga matahari yang akan ditanam alasannya terdapat beberapa jenis bunga matahari yaitu mommoth, Autumn Beauty, Sunbeam, Teddy Bear sehabis itu gres anda pilih bibit yang berkualitas.


sama dengan pengecap buaya bunga matahari dipakai sebagai hiasan rumah dan sebagai obat tra Panduan Budidaya Bunga Matahari Step by Step
Bibit Bunga Matahari

Pilih bibit bunga matahari dari indukan berkualitas alasannya dengan begitu bunga yang dihasilkan akan berkualitas juga. Indukan bunga matahari yang berkualitas mempunyai ciri ciri sebagai berikut:



  1. Tinggi batang tumbuhan bunga matahari sekitar 1 hingga 3 meter

  2. Batang bunga matahari yang berkualitas berbentuk batang yang basah

  3. Daun bunga matahari berbentuk hati dan tunggal

  4. Bunga yang dihasilkan berukuran besar menyerupai cawan bahkan besar lagi

  5. Bunga berwarna kuning menyerupai matahari

  6. Dan mempunyai biji bijian ditengah pada bab bunga


 Penyemaian Bibit Bunga Matahari


Proses penyemaian bibit yaitu salah satu tahap terpenting dari cara menanam bunga matahari, alasannya tujuan dari penyemaian semoga calon tumbuhan lebih gampang dikontrol, menerima asupan makan yang cukup serta lebih gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan yang baru



  1. Siapkan beberapa alat dan materi berupa cangkul kecil, tanah humus, pupuk sangkar kering dan polybag

  2. Setelah semua materi siap, campur tanah humus dan pupuk sangkar dengan perbandingan 3:1, kemudian isi polybag dengan media tanam tadi (jangan terlalu penuh)

  3. Ambil bibit yang sudah anda siapkan sebelumnya, rendam dengan air beberapa jam semoga proses kecambahnya lebih cepat, sehabis itu tumbuhan bibit tersebut kedalam polybag dan siram dengan air secukupnya

  4. Letak tempat penyemaian yang tida terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung

  5. Bibit siap dipindahkan kelahan tanaman, sehabis berusia 30 hari semenjak awal pembibitan


Pengolahan Lahan Tanam


Disini kami akan menjelaskan cara pengolahan yang benar, sebelum itu pastikan lahan yang anda pilih sudah memenuhi beberapa persyaratan tumbuh tumbuhan bunga matahari menyerupai jenis tanah, pH tanah, ketinggian tempat namun anda juga sanggup memakai pot sebagai tempat budidaya bunga matahari.


Baiklah sehabis semua persyaratan simpulan anda penuhi masuk ke tahap pengolahan lahan sebagai berikut :



  1. Bersihkan lahan dari hama pengganggu baik rumput atau pun tumbuhan pengganggu lainnya memakai cangkul dan sabit

  2. Lakukan penggempuran tanah dengan kedalam 40 cm tujuannya semoga akar calon tumbuhan bungan matahari lebih gampang berkembang. Selain itu anda juga sanggup menambah pupuk sangkar kering perbandingan 3:1

  3. Setelah itu buat bedengan dengan lebar 140 cm, ketinggian 50cm dan panjang sesuai dengan kondisi lahan. Jangan lupa untuk menciptakan drainase diantara bedengan semoga fatwa air mengalir lancar

  4. Setelah buat lubang yang akan dipakai untuk menanam bunga matahari, diamkan lahan beberapa ahad atau sambil menunggu bibit siap dipindah kan.


Begitu cara pengolahan lahan siap anda sanggup mengikut cara kami yang lain yaitu penggunaan pot sebagai tempat penanaman sebagai berikut :



  1. Pilih pot dengan ukuran besar tujuannya semoga akar flora bunga matahari sanggup berkembang maksimal

  2. Setelah itu pilih lokasi yang akan dipakai untuk meletakkan pot budidaya bunga matahari, lokasi yang cocok untuk budidaya matahari yaitu cukup terkena sinar matahari setiap hari

  3. Campur media tumbuhan bunga matahari berupa tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 3:1 secara rata, kemudian masukkan kedalam pot (jangan penuh)

  4. Siram dengan air secukupnya, kemudian tunggu hingga bibit siap dipindahkan dari tempat penyemaian ketempat budidaya.


Proses Penanaman Bunga Matahari


Pada proses ini anda hanya perlu memindahkan bibit bunga mawar dari tempat penyemain ketempat budidaya baik lahan kosong maupun pot. Sebelum itu pastikan dulu lokasi untuk peletakan pot terkena sinar matahari setiap hari alasannya tumbuhan ini sangat membutuh sinar matahari.


Cara menanam bunga matahari diawali dengan mengambil bibit dari tempat penyemaian, anda sanggup menciptakan plastik polybag dan menanam bibit tersebut bersamaan dengan tanahnya kemudian tutup kembali dengan tanah di sekitarnya dan lakukan penyiraman air secukupnya.


Proses Perawatan Tanaman Bunga Matahari


Tujuan dilakukan perawatan ini semoga bunga yang dihasilkan berukuran besar dan subur, perawatan tumbuhan bunga matahari gotong royong gampang namun perlu ketelitian yang tinggi semoga tidak salah bertindak.


Cara menanam bunga matahari berikutnya yaitu proses perawatan tanaman, anda sanggup memperlihatkan pupuk sangkar pada tumbuhan yang berumur 1 hingga 2 bulan selain itu anda sanggup memperlihatkan pupuk NPK sebanyak 15-30 gram.


Tanaman bunga matahari yang berumur 3 bulan akan mulai berbunga, satu tumbuhan sanggup menghasilkan 10 hingga 12 batang bunga namun bila anda menginginkan bunga berukuran besar sanggup melaksanakan pemotongan pada tangaki bunga yang lemah dan mempertahankan bunga diujung pangkal serta bunga yang mempunyai banyak yang kokoh sebaiknya 1 hingga 2 bunga.


Setelah mengetahui cara menanam bunga matahari, kami akan menyajikan tips memulai budidaya bunga matahari dibawah ini :



  • Bedakan benih bunga matahari dengan kwaci


Karena bibit bunga matahari dan kwaci mempunyai ciri yang sama, oleh alasannya penting bagi anda untuk mengetahui bibit yang anda tanam. Jika bibit yang anda tumbuhan yaitu kwaci hingga dunia ini berkembang menjadi kontak tidak akan tumbuh



  • Lahan yang terbuka cocok untuk menanam benih bunga matahari


Sebelumnya kami sudah membahas syarat tumbuh tumbuhan bunga matahari, tumbuhan bunga matahari sanggup tumbuh dengan baik pada kawasan dataran tinggi dan pH tanah 6-7



  • Perhatikan jarak dalam menanam benih bunga matahari


Dengan pertolongan jarak yang sempurna antar tumbuhan sanggup mempercepat proses pertumbuhan tumbuhan bunga matahari. Jarak yang sesuai antar tumbuhan yaitu 45 cm.


Demikian artikel dari kami yang membahas cara menanam bunga matahari Step by Step, semoga sanggup membantu anda dalam mengetahui informasi sebelum melaksanakan budidaya bunga matahari benar. Terima kasih.


Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Bunga Mawar Step by Step


 



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Panduan Budidaya Bunga Matahari Step By Step"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel