Soal-Soal Prakarya Dan Kewirausahaan (Kerajinan) Klas X Sma
1. Kain dengan patola yang digunakan untuk epilog mayat dan panjangnya ± 4 M, di produksi di daerah….
a. Sumatra barat d. Pekalongan
b. Jawa tengah e. NTT
c. Bali
2. Kain epilog mayat tersebut dengan kain…..
a. Sembangi d. Katipan
b. Lio e. Tapis
c. Yate yoku
3. Berapakah suhu yang dianjurkan untuk memanaskan malam/lilin dikala membatik…..
a. 90°c d. 120°c
b. 60°c e. 45°c
c. 30°c
4. Kain cinde yang dikembang di Indonesia dibentuk dengan teknik ………..
a. Tenun ikat ganda d. Drop Print
b. Dianyam e. Pan Printing
c. Direet print
5. Ragam hias yang bersifat artificial dan penggabungan dari beberapa ragam hias yaitu ……
a. Ragam hias geometris d. Ragam hias simetris
b. Ragam hias dekoratif e. ragam hias simbolis
c. Ragam hias abstrak
6. Pola yang disusun dengan ukuran yang bangkit sendiri tanpa diberi bentuk lain …..
a. Pola ulang himpunan d. Pola tunggal
b. Pola ulang menyeluruh e. pola tunggal berpotongan
c. Pola ulang sebagian
7. Suku yang menghasilkan dan membuatkan kain tapis adalah……………..
a. Pepadun d. Toraja
b. Dayak e. Madani
c. Batuk
8. Pewarna tekstil yang dibentuk dari arang, watu bara, dan minyak bumi adalah…………
a. Zat pemarna alami d. zat pewarna tradisional
b. Zat pewarna sintetis e. zat pewarna dekorasi
c. Zat pewarna campuran
9. Kain Tapis merupakan kerajinan tekstil dengan teknik sulaman diproduksi dari daerah…….
a. Jawa Barat d. Makasar
b. Kalimatan Timur e. Lampung
c. Bali
10. Kain patola yang dikembangkan di tempat Gujarat dibentuk dengan teknik……….
a. Tenun tunggal d. Tenun sula
b. Tenun ikat celup e. Tenun Batik
c. Tenun ikat ganda
11. Kapan pedagang gujatar memperkenalkan motif patola di Indonesia
a. Abad ke-11 d. Abad ke-14
b. Abad ke-12 e. Abad ke-15
c. Abad ke-13
12. Kain Indonesia yang memanfaatkan proses celup dengan rintang warna yaitu……….
a. Kain seko mandi d. Kain Susirangan
b. Kain iban pua kumbu e. Kain Gringsing
c. Kain semen remo
13. Indigo ialah istilah dari warna…………..
a. Biru d. Orange
b. Kuning e. Merah
c. Hijau
14. Ragam hias yang berfungsi untuk memberi nilai tambah estetika saja disebut…..
a. Murni d. Geometris
b. Dekoratif e. Makhluk hidup
c. Simbolis
15. Serat alami dalam tumbuhan antara lain sebagai berikut kecuali ………….
a. Emas d. Serat nanas
b. Pelepah pisan e. Kapas
c. Batang rami
16. Ciri-ciri serat alami dibawah ini yaitu benar, kecuali……
a. Nyaman d. Rentan terhadap jamur
b. Ramah lingkungan e. Harganya terjangkau
c. Terasa sejuk
17. Kelemahan serat sintetis yaitu sebagai berikut, kecuali…………
a. Daya serap rendah d. Rentan terhadap jamur
b. Kurang nyaman e. Kurang sejuk
c. Panas
18. Dibawah ini yang bukan merupakan perilaku dan abjad kewirausahaan adalah………..
a. Percaya diri d. Berani mengambil resiko
b. Kepemimpinan e. Kreatif dan inovatif
c. Berputus asa
19. Pewarnaan alami yang menghasilkan warna merah adalah…..
a. Indofera d. Curcuma
b. Ceriops Condolleana arn e. Aloe Verra
c. Morinda Citrifelia
20. Langkah ke dua dalam pewarnaan teknik ikat celup adalah………
a. Menempatkan benang pakan/lungsin
b. Mengikat bab benang sesuai motif
c. Benang yang sudah diikat dicelup dengan warna sesuai rancangan
d. Menggambarkan pola motif pada benang yang sudah terpasang pada plangkan
e. Lepas ikatan pada kain yang telah dicelupkan ke pewarna
21. Kegunaan kain cinde yaitu sebagi berikut kecuali……
a. Celana dan kain panjang untuk upacara adat
b. Selendang untuk menari
c. Ikat pinggang pernikahan
d. Kemben untuk menari
e. Penutup mayat yang panjangnya 4 M
22. Proses kain tenun
1. Memasang benang lungsin pada cucukan
2. Penenunan dilakukan dengan memasukkan benang pakan ke antara benang-benang lungsin
3. Menyiapkan benang pakan
4. Menyiapkan benang lungsin yang panjangnya sama dengan panjang kain yang diinginkan
Urutan proses teknik tenun yang benar yaitu …
a. 1,2,3,4 d. 4,1,3,2
b. 4,3,2,1 e. 4,3,1,2
c. 4,2,1,3
23. Motif batik yang terdiri dari elemen dunia bawah, tengah dan atas yaitu motif batik….
a. Cirebon d. Pekalongan
b. Semen room e. Yogyakarta
c. Jlamprang
24. Serat alami yang digunakan pada tenun songket yaitu serat alami dari….
a. Wol d. Logam
b. Batang rami e. Sutra
c. Kapas
25. Kain yang digunakan untuk program ruwatan yaitu kain…
a. Tapis d. cepuk
b. Poleng e. Batik
c. Songket
26. Kain tapis jung sarat digunakan oleh………
a. Seorang istri yang mengantar suaminya mengambil gelar sultan
b. Seseorang yang melaksanakan sersembahan
c. Sesorang yang melaksanakan upacara
d. Suami yang mengambil gelar sultan
e. Pengantin perempuan pada upacara perkawinan adat
27. Ragam hias dengan kombinasi-kombinasi ulangan disertai dengan membubuhkan bentuk lain disebut jenis pola…
a. Himpunan d. Ulang menyeluruh
b. Pattern e. Tunggal
c. Assemblage
28. 1. Pernah puas yang dilakukan dengan cara-cara dikala ini
2. Memiliki semangat juang yang tinggi dan komitmen yang tinggi
3. Mampu mengantisipasi banyak sekali resiko dan persaingan
4. Memiliki keahlian dibidangnya
5. Selalui ingin tampil berbeda / selalu memanfaatkan perbedaan
Dari pernyataan diatas yang merupakan syarat untuk menjadi kewirausahaan adalah…
a. 1,2,4 d. 2,3,4,
b. 2,4,5 e. 1,4,5
c. 1,3,5,
29. Jalinan antara benang lungsing dan benang pakan biasa disebut dengan …..
a. Produk d. Ragam Hias
b. Tekstil e. Rajutan
c. Acrylic
30. Di bawah ini yaitu contoh-contoh serat alami dari tumbuhan, kecuali …..
a. Kapas d. Serat nanas
b. Pelepah pisang e. Sutra
c. Batang rami
31. Ciri kerajianan tekstil modern adalah …..
a. Dibuat dengan alat tenun bukan mesin d. Mengandung makna simbolis
b. Dibuat dengan pewarna kimia e. Dibuat untuk ritual budbahasa
c. Dibuat dengan mesin yang canggih
32. Sebagai pemanis interior yaitu salah satu fungsi kerajinan …….
a. Kerajinan tekstil dekoratif d. Kerajianan tekstil tradisional
b. Kerajinan tekstil simbolis e. Kerajinan tekstil modern
c. Kerajinan tekstil murni
33. Motif Patola yang berkembang di Indonesia antara lain di tempat berikut, kecuali …..
a. Sumatra d. Malaka
b. Jawa Tengah e. Pekalongan
c. Nusa Tenggara Timur
34. Teknik tenung ikat ganda yang ada di Indonesia, diproduksi di daerah……
a. Bali d. Madura
b. NTT e. Sumatra
c. Pekalongan
35.
Gambar di atas termasuk jenis ragam hias……
a. Proses pengulangan himpunan d. Proses pengulangan serasi
b. Proses pengulangan sejajar e. Proses pengulanan tunggal
c. Proses pengulangan berpotongan
36. Ragam hias yang hanya berfungsi untuk nilai tambah estetika pada suatu benda dan tidak berafiliasi dengan nilai fungsi benda tersebut disebut dengan…..
a. Ragam hias simbolis d. Ragam hias geometris
b. Ragam hias murni e. Ragam hias artifisial
c. Ragam hias dekoratif
37. Ragam hias yang bersifat artifisial dan penggabungan dari beberapa ide ragam hias dan dimodifikasi sehingga menjadi ragam hias yang gres disebut dengan…..
a. Ragam hias simbolis d. Ragam hias geometris
b. Ragam hias murni e. Ragam hias artifisial
c. Ragam hias dekoratif
38. Ragam hias yang mengulang suatu bentuk baku tertentu dengan ukuran tertentu dalam komposisi yang seimbang pada seluruh sisinya disebut dengan…..
a. Ragam hias simbolis d. Ragam hias geometris
b. Ragam hias murni e. Ragam hias artifisial
c. Ragam hias dekoratif
39. Kain Cinde diproduksi di tempat …..
a. Madura d. Jawa Tengah
b. Sumatra Barat e. Bali
c. Jawa Barat
40. Di bawah ini yaitu kain dengan teknik tenun ikat ganda adalah …...
a. Batik d. Nitik
b. Patola e. Tapis
c. Katipa
41. Suhu yang dianjurkan untuk memanaskan malam pada kompor batik adalah….
a. 900 C d. 800 C
b. 1200 C e. 600 C
c. 1000 C
42. Kain yang digunakan sebagai alat ritual budbahasa di Pulau Nusa Penida yaitu ….
a. Kain Patola d. Kain Katipa
b. Kain Sembagi e. Kain Tapis
c. Kain Cepuk
43. Salah satu materi pewarna alami yaitu akar mengkudu akar mengkudu akan menghasilkan warna……
a. Hijau d. Biru
b. Merah e. Ungu
c. Kuning
44. Yang bukan termasuk cirri-ciri wirausahawan yaitu ….
a. Percaya diri d. Keberanian mengambil resiko
b. Berani menolak janji e. Memiliki jiwa kepemimpinan
c. Kreativitas dan inovasi
45. Motif pada Batik Nitik yang dikembangkan di Yogyakarta dan Surakarta berwarna Sogan. Apa yang dimaksud dengan warna sogan pada batik nitik ……
a. Kecokelatan d. Biru
b. Kuning e. Abu-abu
c. Indigo
46. Sebuah kain yang diproduksi di Kalimantan yang bersimbol sebagai kain kesuburan disebut dengan ….
a. Kain Seko Mandi d. Kain Iban Pua-Kumbu
b. Kain Tenun Gringsing e. Kain Semen Romo
c. Kain Cepuk
47. Sebuah kain yang dibentuk dengan teknik tenin ikat benang katun yang digunakan sebagai kain epilog jasad (kematian) ialah ….
a. Kain Seko Mandi d. Kain Iban Pua-Kumbu
b. Kain Tenun Gringsing e. Kain Semen Romo
c. Kain Cepuk
48. Suatu potongan kain polos dan bermotif yang digabungkan membentuk pola-pola tertentu disebut dengan istilah ….
a. Under block d. Directprint
b. Quilting e. Patcwork
c. Block print
49. Proses teknit membatik yang pertama ialah …...
a. Memilih canting yang akan dipakai
b. Memanaskan lilin di atas kompor
c. Membuat denah motif batik pada kain polos
d. Memilih warna yang diingnkan
e. Mencelupkan kain yang di batik
50. Di bawah ini teknik-teknik pembentukan motif pada kerajinan tekstil, kecuali ….
a. Memberikan aplikasi payet, memintal benang, dan tenun ikat pakan
b. Tenun ikat ganda, songket, perinting dengan mesin dan cap pada batik
c. Block print, menawarkan pewarnaan, sablon, border, menyulam
d. Tenun ikat celup, sablon tangan, aplikasi hiasan logam, tenun ikat pakan
e. Memberikan aplikasi batik, songket, sasirangan, aplikasi manic-manik
0 Response to "Soal-Soal Prakarya Dan Kewirausahaan (Kerajinan) Klas X Sma"
Posting Komentar