iklan

40 Soal Simulasi Unbk Matematika Smp Tahun 2020 (*Soal Dan Pembahasan Paket B)

jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)Ujian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampir $100\%$ dilaksanakan oleh tingkat satuan pendidikan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama atau SMA. Salah satu keistimewaan UNBK ini yakni pelaksanaan simulasi UNBK, dimana pelaksanaannya menyerupai UNBK sesungguhnya. Perbedaan simulasi UNBK dengan UNBK bahwasanya hanya pada soal yang diujikan, pada simulasi UNBK soal yang diujikan yakni soal UNBK tahun sebelumnya, sehingga tingkat kesulitan soal mayoritas masih sama.

Sebelumnya sudah kita diskusikan soal dan pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama tahun 2020 yang kita anggap sebagai simulasi UNBK Paket A, berikut ini kita coba diskusikan simulasi UNBK paket B.

Meskipun soal simulasi UNBK tidak persis sama dengan soal UNBK nanti, tetapi soal simulasi UNBK ini sudah sanggup jadi tolak ukur dasar untuk melihat kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK nanti. Atau dengan kata lain semoga hasil UNBK nanti tidak mengecewakan, terkhusus untuk mata pelajaran matematika SMP, mari berlatih dan diskusi dari soal simulasi UNBK matematika berikut:

1. Diketahui $ H = \{ x | 1 \lt x \lt 16, \text{bilangan genap} \}$
Banyak himpunan bab dari $H$ yang terdiri dari $6$ anggota adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12 \\
(B)\ & 10 \\
(C)\ & 9 \\
(D)\ & 7
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak anggota himpunan bab (HB) suatu himpunan yakni $2^{n}$, dimana $n$ yakni banyak anggota himpunan.

Himpunan $H$ jikalau kita tuliskan anggota himpunannya menjadi;
$ H = \{ 2,4,6,8,10,12,14 \}$, $n=7$

Banyak anggota himpunan bab $H$ yakni $2^{7}=128$.
Untuk memilih banyak anggota himpunan bab (HB) yang terdiri dari $0$, $1$, $2$, $3$ hingga $6$ anggota sanggup kita gunakan segitiga pascal;

jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Dari segitiga pascal diatas, kita coba hubungkan dengan banyak anggota himpunan bagian. Hubungannya kurang lebih menyerupai berikut ini;
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $0$ anggota dari $7$ yakni $1$.
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $1$ anggota dari $7$ yakni $7$.
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $2$ anggota dari $7$ yakni $21$.
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $3$ anggota dari $7$ yakni $35$.
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $4$ anggota dari $7$ yakni $35$.
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $5$ anggota dari $7$ yakni $21$.
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $6$ anggota dari $7$ yakni $7$.
  • Banyak anggota HB yang terdiri dari $7$ anggota dari $7$ yakni $1$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 7$

2. Jumlah dua buah bilangan lingkaran $38$. Dua kali bilangan pertama dikurang bilangan kedua $13$. Selisih jedua bilangan tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 3 \\
(B)\ & 4 \\
(C)\ & 5 \\
(D)\ & 8
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Misalkan bilangan tersebut yakni $m$ dan $n$, sehingga berlaku:
$\begin{array}{c|c|cc}
m+n = 38 & \\
2m-n = 13 & + \\
\hline
3m = 51 \\
m = 17 \\
n = 21
\end{array} $
Selish kedua bilangan yakni $21-17=4$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 4$

3. Diketahui sebuah prisma dengan banyak rusuk dan banyak sisi berturut-turut $18$ dan $8$. Alas prisma tersebut berupa...
$\begin{align}
(A)\ & \text{segienam} \\
(B)\ & \text{segitiga} \\
(C)\ & \text{segidelapan} \\
(D)\ & \text{segiempat}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak rusuk yakni $18$ dan banyak sisi yakni $8$.
Kita coba analisis dari banyak sisi, alasannya yakni prisma yakni berdiri ruang dimana sisi atas dan sisi ganjal sama maka sisi samping tinggal $8-2=6$.

Karena sisi samping yakni $6$, maka alasnya berbentuk segienam.
Ini juga sesuai dengan banyak rusuk $18$ yang terdiri dari rusuk ganjal $6$, rusuk atas $6$ dan rusuk samping $6$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ \text{segienam}$

4. Pak Anton mempunyai lahan seluas $1\dfrac{1}{4}$ hektar, kemudian ia membeli tanah lagi seluas $4\dfrac{1}{6}$ hektar. Lahan tersebut akan dibagi untuk ditaam banyak sekali tanaman. Jika luas masing-masing lahan flora $1\dfrac{1}{12}$ hektar, maka banyak jenis flora yang sanggup ditanam dilahan Pak Anton adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 3\ \text{jenis} \\
(B)\ & 4\ \text{jenis} \\
(C)\ & 5\ \text{jenis} \\
(D)\ & 6\ \text{jenis}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Total lahan yang dimiliki Pak Anton yakni $1 \frac{1}{4} + 4 \frac{1}{6} = 5 \frac{5}{12} $

Lalu akan ditanami satu jenis flora masing-masing seluas $1\dfrac{1}{12}$, maka jenis flora yang sanggup ditanam adalah:
$5 \frac{5}{12} : 1\dfrac{1}{12}=5$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(C)\ 5\ \text{jenis} $

5. Sebuah taman bermain anak berbentuk persegipanjang. Ukuran panjang $(3x+2)$ meter dan lebar $(4x-3)$ meter. Jika keliling taman tidak lebih dari $96$ meter, maka ukuran panjang ($p$) taman tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & p \leq 7\ \text{meter} \\
(B)\ & p \leq 23\ \text{meter} \\
(C)\ & p \leq 25\ \text{meter} \\
(D)\ & p \leq 36\ \text{meter}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Taman berbentuk persegipanjang dengan $p=3x+2$, $l=4x-3$ dan keliling tidak lebih dari $96$.
$\begin{align}
2p+2l & \leq 96 \\
2(p+l) & \leq 96 \\
p+l & \leq 48 \\
3x+2+4x-3 & \leq 48 \\
7x-1 & \leq 48 \\
7x & \leq 49 \\
x & \leq \dfrac{49}{7} \\
x & \leq 7
\end{align}$

alasannya yakni $x \leq 7$ dan $p=3x+2$ maka:
$\begin{align}
3x+2 & = p \\
3x & = p-2 \\
x & = \dfrac{p-2}{3} \\
\dfrac{p-2}{3} & \leq 7 \\
p-2 & \leq 21 \\
p & \leq 23
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ p \leq 23\ \text{meter}$

6. Yugo menabung di sebuah bank sebesar $Rp200.000,00$. Setelah sembilan bulan tabungan Yugo menjadi $Rp218.000,00$. Besar suku bunga yang ditetapkan bank pertahun adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 9 \% \\
(B)\ & 10 \% \\
(C)\ & 12 \% \\
(D)\ & 15 \%
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Uang Yugo mula-mula yakni $Rp200.000,00$ kemudian sesudah $9$ bulan menjadi $Rp218.000,00$, artinya uang Revi bertambah $Rp18.000,00$

Dengan anggapan bunga di bank yakni bunga tunggal maka uang Yugo dalam tiap bulan bertambah $\frac{18.000}{9}=2.000$.

Dalam satu tahun uang Revi kira-kira bertambah $2.000 \times 12=24.000$.

Jika kita hitung dalam persen, pertambahan uang Revi adalah
$\begin{align}
& \frac{24.000}{200.000} \times 100 \% \\
& = \frac{24}{200} \times 100 \% \\
& = \frac{24}{2} \% \\
& = 12 \%
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuia yakni $(C)\ 12 \%$


7. Hasil panen padi suatu tempat selama $5$ tahun tergambar pada diagram berikut.
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Jika total hasil panen selama $5$ tahun $195$ ton, besar panen pada tahun 2014 adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 60\ \text{ton} \\
(B)\ & 55\ \text{ton} \\
(C)\ & 50\ \text{ton} \\
(D)\ & 45\ \text{ton}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari grafik kita peroleh data hasil panen sebagai berikut:

  • 2011: $40$
  • 2012: $30$
  • 2013: $45$
  • 2013: $x$
  • 2015: $25$
Total yang ada di grafik yakni $40+30+45+x+25=140+x$.
Jumlah hasil panen yakni $190$, sehingga panen tahun 2014 yakni $x=190-140=50$

$\therefore$ Pilihan yang sesua yakni $(C)\ 50\ \text{ton}$

8. Seorang pengamat berada di atas mercusuar yang tingginya $36$ meter. Ia melihat kapal $A$ dan kapal $B$ yang berlayar di laut. Jarak pengamat dengan kapal $A$ dan $B$ berturut-turut $45$ meter dan $39$ meter. Posisi kapal $A$, kapal $B$ dan kaki mercusuar terletak segaris. Jarak kapal $A$ dan kapal $B$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12\ \text{meter} \\
(B)\ & 15\ \text{meter} \\
(C)\ & 27\ \text{meter} \\
(D)\ & 42\ \text{meter}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan ilstrasi keadaan gambar bahtera dan menara, kurang lebih menyerupai berikut;

jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Dari gambaran gambar diatas, sanggup kita lihat bahwa pada $\bigtriangleup BDP$ dan $\bigtriangleup ADP$ berlaku teorema phytagoras.
Perhatikan $\bigtriangleup BDP$
$\begin{align}
BD^{2} & = BP^{2}-PD^{2} \\
& = 39^{2}-36^{2} \\
& = 1.521-1.296 \\
& = 225 \\
BD & = \sqrt{225}=15
\end{align}$

Perhatikan $\bigtriangleup ADP$
$\begin{align}
AD^{2} & = AP^{2}-DP^{2} \\
& = 45^{2}-36^{2} \\
& = 2.025-1.296 \\
& = 729 \\
AD & = 27 \\
AB & = AD-BD \\
AB & = 27-15=12
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 12\ \text{meter}$

9. Perhatikan gambar berikut!
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Titik $O$ dalah sentra lingkaran. Jika besar sudut $BOC=100^{\circ}$, maka besar sudut $ADB$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 25^{\circ} \\
(B)\ & 30^{\circ} \\
(C)\ & 40^{\circ} \\
(D)\ & 50^{\circ}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar $\angle BOC=100^{\circ}$ maka $\angle BOA=80^{\circ}$ alasannya yakni $\angle BOA$ dan $\angle BOC$ yakni sudut pelurus.

$\angle BOA$ yakni sudut sentra lingkaran dan $\angle ADB$ yakni sudut keliling lingkaran maka berlaku:
$\begin{align}
2 \angle ADB & = \angle ADB \\
2 \angle ADB & = 80 \\
\angle ADB & = 40
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(C)\ 40^{\circ}$


10. Bentuk sederhana dari $\dfrac{2\sqrt{3}+3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12-5\sqrt{6} \\
(B)\ & 12 -\sqrt{6} \\
(C)\ & -5-\sqrt{6} \\
(D)\ & 6-5\sqrt{6}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \times \dfrac{\sqrt{3}-\sqrt{2}}{\sqrt{3}-\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{6-2\sqrt{6}-3\sqrt{6}+6}{3-2} \\
& = \dfrac{12-5\sqrt{6}}{1} \\
& = 12-5\sqrt{6}
\end{align}$

(*Jika tertarik Matematika Dasar: Bentuk Akar [Soal UN Sekolah Menengah Pertama dan Pembahasan])

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 12-5\sqrt{6}$

11. Hasil dari $(-4)^{3} + (-4)^{2} +(-4)^{1} + (-4)^{0}=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & -52 \\
(B)\ & -51 \\
(C)\ & 84 \\
(D)\ & 85
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& (-4)^{3} + (-4)^{2} +(-4)^{1} + (-4)^{0} \\
& =-64 + 16 + (-4) + 1 \\
& =-51
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ -51$

12. Dalam sebuah kotak terdapat $10$ bola yang diberi nomor $1$ hingga $10$. Diambil $3$ bola satu persatu tanpa pemgembalian. Pengambilan pertama dan kedua terambil nomor ganjl. Peluang terambil bola bernomor genap pada pengambilan ketiga adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{5}{8} \\
(B)\ & \dfrac{5}{10} \\
(C)\ & \dfrac{3}{8} \\
(D)\ & \dfrac{3}{10}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Peluang bencana dirumuskan $P(E)=\frac{n(E)}{n(S)}$
dimana $n(E)$ yakni banyak anggota bencana yang diharapkan,
$n(S)$ yakni banyak anggota bencana yang mungkin terjadi.

Dalam sebuah kotak terdapat $10$ bola yang diberi nomor $1$ hingga $10$, sehingga ada 5 bola bernmor ganjil ($1,3,5,7,9$) dan 5 bola bernomor genap ($2,4,6,8,10$);

Karena pada pengambilan pertama dan kedua sudah dianggap terambil bernomor ganjil maka bola bernomor ganjil tinggal 3 bola dan genap 5 bola.
Peluang pada pengambilan ketiga nomor genap;
$\begin{align}
P(E) & = \frac{n(E)}{n(S)} \\
& = \frac{5}{8}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ \dfrac{5}{8}$

13. Dalam suatu kelas terdapat $36$ orang siswa. Banyak siswa yang gemar olahraga dua kali banyak siswa yang gemar kesenian, sedangkan banyak siswa gemar olahraga dan kesenian $5$ orang. Jika terdapat $8$ siswa yang tidak gemar olahraga maupun kesenian, banyak siswa yang hanya gemar olahraga adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 6\ \text{orang} \\
(B)\ & 11\ \text{orang} \\
(C)\ & 15\ \text{orang} \\
(D)\ & 17\ \text{orang}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari $36$ siswa, $5$ siswa gemar kesenian dan olahraga, $8$ siswa tidak gemar kesenian maupun olahraga, serta banyak siswa yang gemar olahraga dua kali banyak siswa yang gemar kesenian.
Misal banyak siswa yang gemar kesenian yakni $x$, maka banyak siswa yang gemar olahraga yakni $2x$.

Jika kita gambarkan ilustrasinya dalam diagram Venn, kurang lebih menyerupai berikut;

jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Dari gambaran diagram venn diatas, kita peroleh;
$\begin{align}
36 & = (2x-5)+(5)+(x-5)+8 \\
36 & = 2x-5+5+x-5+8 \\
36 & = 3x+3 \\
36-3 & = 3x \\
33 & = 3x \\
x & = \frac{33}{3}=11 \\
2x-5 & = 2(11)-5 \\
& = 22-5=17
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 17\ \text{orang}$

14. Pada gambar berikut, segitiga $KLM$ kkongruen dengan segitiga $RST$.
Pernyataan yang sama panjang adalah...
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
$\begin{align}
(A)\ & KL+ST \\
(B)\ & LM=RS \\
(C)\ & KM=RT \\
(D)\ & KL=RT
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Segitiga $KLM$ dan $RST$ kongruen, maka:

  • $\angle K=\angle R=75^{\circ}$
  • $\angle L=\angle S=35^{\circ}$
  • $\angle M=\angle T=70^{\circ}$
  • $KM=RT$
  • $ML=TS$
  • $KL=RS$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(C)\ KM=RT$


15. Perhatikan gambar!
Luas seluruh permukaan berdiri adonan tabung dan setengah bola adalah...
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
$\begin{align}
(A)\ & 3.155\ cm^{2} \\
(B)\ & 1.606\ cm^{2} \\
(C)\ & 1.452\ cm^{2} \\
(D)\ & 1.298\ cm^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada gambar diatas terdapat dua bangun, yaitu tabung yang ditutup dengan setengah bola.
Pertama kita hitung luas permukaan setengah bola.
$\begin{align}
L_{b} & = \frac{1}{2} \cdot 4 \pi \cdot r^{2} \\
& = \frac{1}{2} \cdot 4 \frac{22}{7} \cdot (7)^{2} \\
& = 2 \cdot 22 \cdot 7 \\
& = 308
\end{align}$
Kedua kita hitung luas permukaan tabung tanpa tutup.
$\begin{align}
L_{t} & = \pi \cdot r^{2} + t \cdot 2 \pi r \\
& = \frac{22}{7} \cdot (7)^{2} + 19 \cdot 2 \cdot \frac{22}{7} \cdot 7 \\
& = 22 \cdot 7 + 38 \cdot 22 \\
& = 154 + 836 \\
& = 990
\end{align}$

Luas seluruh permukaan berdiri yakni $990+308=1.298$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 1.298\ cm^{2}$

16. Diketahui himpunan $D = \{ \text{bilangan genap antara 3 dan 14 } \}$, himpunan $L = \{ \text{bilangan prima kurang dari 8} \}$, himpunan semesta $S = \{ \text{bilangan orisinil kurang dari 14} \}$. Komplemen dari $D \cup L$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \{2, 3, 5,7\} \\
(B)\ & \{1, 9, 11, 13\} \\
(C)\ & \{1, 4, 6, 8, 9,10,11,12,13\} \\
(D)\ & \{2, 3, 4, 5, 6,7,8,10,12\}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Himpunan Semesta $S$, Himpunan $D$ dan Himpunan $L$ jikalau kita tuliskan anggota himpunannya adalah;
$ \begin{align}
S & = \{1,2,\cdots ,9,13 \} \\
D & = \{2,4,6,8,10,12 \} \\
L & = \{2,3,5,7 \}
\end{align} $
$D \cup L = \{2,3,4,5,6,7,8,10,12 \}$
Komplemen $D \cup L $ artinya yang bukan anggota $D \cup L$, yaitu:
$\left (D \cup L \right )'=\{ 1, 9, 11, 13 \}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ \{ 1, 9, 11, 13 \}

17. Perhatikan gambar!
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Catar mempunyai kawat panjangnya $2,5$ meter yang akan dibuat kerangka berdiri menyerupai di atas. Panjang kawat yang tidak terpakai adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 13\ cm \\
(B)\ & 15\ cm \\
(C)\ & 21\ cm \\
(D)\ & 23\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada gambar terdapat empat rangka berdiri ruang yang akan dibuat Catar, yaitu kubus, balok, limas persegi beraturan dan prisma.

  • Kawat yang dibutuhkan untuk mebuat rangka kubus yakni $6\ cm \times 12 = 72\ cm$
  • Kawat yang dibutuhkan untuk mebuat rangka balok yakni $8\ cm \times 4 + 5\ cm \times 4 + 2\ cm \times 4$$=32\ cm+ 20\ cm + 8\ cm$$=60\ cm$
  • Kawat yang dibutuhkan untuk mebuat rangka limas yakni $8\ cm \times 4 + 10\ cm \times 4$$=32\ cm+ 40\ cm$$=72\ cm$
  • Kawat yang dibutuhkan untuk mebuat rangka prisma yakni $3\ cm \times 6 + 5\ cm \times 3$$=18\ cm+ 15\ cm$$=33\ cm$
Total kawat yang dibutuhkan untuk menciptakan rangka berdiri yakni $72+60+72+33=237\ cm$.
Kawat yang tersedia yakni $2,5\ m=250\ cm$ maka sisa kawat $250 - 237=13\ cm$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 13\ cm$

18. Perhatikan gambar!
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Koordinat titik potong garis $k$ dengan sumbu-$x$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & (-2,0) \\
(B)\ & (-1,0) \\
(C)\ & \left( -\dfrac{1}{2},0 \right) \\
(D)\ & \left( -\dfrac{1}{4},0 \right)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada gambar diatas persamaan garis yang sudah sanggup kita tentukan yakni garis $l$, dimana garis $l$ melalui dua titik yaitu $(1,0)$ dan $(2,0)$.
Persamaan garis yang melalui titik $(x_{1},y_{1})$ dan $(x_{2},y_{2})$ adalah
$\begin{align}
\dfrac{y-y_{1}}{y_{2}-y_{1}} & = \dfrac{x-x_{1}}{x_{2}-x_{1}} \\
\dfrac{y-1}{0-1} & = \dfrac{x-0}{2-0} \\
\dfrac{y-1}{-1} & = \frac{x}{2} \\
2y-2 & = -x \\
x+2y-2 & = 0 \\
m_{l} & = -\dfrac{1}{2}\ \text{(gradien)}
\end{align}$

Persamaan garis $k$ yang melalui titik $(0,1)$ dan tegak lurus dengan garis $x+2y-2 = 0$.
Karena garis $k$ dan garis $l$ tegak lurus maka berlaku $m_{k} \cdot m_{l}=-1$,
$\begin{align}
m_{k} \cdot m_{l} & = -1 \\
m_{k} \cdot -\dfrac{1}{2} & = -1 \\
m_{k} & = 2
\end{align}$

Persamaan garis $k$ yang melalui titik $(0,1)$ dan $m_{k} = 2$.
Persamaan garis yang melalui titik $(x_{1},y_{1})$ dengan gradien $m$ adalah
$\begin{align}
y-y_{1} & = m \left( x-x_{1} \right) \\
y-1 & = 2 \left(x-0 \right) \\
y-1 & = 2x \\
y & = 2x+1
\end{align}$
Titik potong garis $k$ terhadap sumbu $x$ yakni ketika $y=0$.
$\begin{align}
y & = 2x+1 \\
0 & = 2x+1 \\
-1 & = 2x \\
x & = -\dfrac{1}{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ \left( -\dfrac{1}{2},0 \right)$


19. Diagram panah di samping mengatakan fungsi dari $x$ ke $f(x)$. Tumus fungsinya adalah...
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Rumus fungsi dari $A$ ke $B$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & f(x)=x+10 \\
(B)\ & f(x)=2x+4 \\
(C)\ & f(x)=4x-2 \\
(D)\ & f(x)=6x-5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar diagram panah,
Untuk $x=3$ diperoleh $f(3)=13$
Untuk $x=5$ diperoleh $f(5)=25$
Untuk $x=6$ diperoleh $f(6)=31$

Kita misalkan $f(x)=mx+n$ sehingga kita peroleh:
$f(3)=3m+n\ \Rightarrow 3m+n=13$
$f(5)=5m+n\ \Rightarrow 5m+n=25$
$f(6)=6m+n\ \Rightarrow 6m+n=31$

Dengan mengeliminasi atau substitusi;
$\begin{array}{c|c|cc}
3m+n = 13 & \\
5m+n = 25 & - \\
\hline
-2m = -12 \\
m = 6 \\
n = -5 \\
f(x)=6x-5
\end{array} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ f(x)=6x-5$

20. Perbandingan uang yang dimiliki Kania, Lulu dan Naurah yakni $2:3:7$. Jumlah uang Kania dan Naurah $Rp315.000,00$. Jumlah uang mereka bertiga adalah...
$\begin{align}
(A)\ & Rp70.000 \\
(B)\ & Rp105.000 \\
(C)\ & Rp350.000 \\
(D)\ & Rp420.000
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Perbandingan uang Kania, Lulu dan Naurah yakni $2:3:7$ sanggup juga kita tuliskan perbandingannya menjadi $2x:3x:7x$.

Artinya jumlah uang Kania dan Naurah $315.000=2x+7x$ sehingga $9x=315.000$ atau $x=35.000$

Jumlah uang mereka bertiga yakni $2x+3x+7x=12x=12(35.000)=420.000$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 420.000$

21. Perhatikan teladan yang dibuat dari potongan lidi berikut ini!
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Banyak potongan lidi pada teladan ke-(55) adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 166 \\
(B)\ & 169 \\
(C)\ & 170 \\
(D)\ & 175
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar, sanggup kita hitung banyak persegi dan lidi yang digunakan.
Pola (1)= ada 1 persegi dan 4 lidi,
Pola (2)= ada 2 persegi dan 7 lidi,
Pola (3)= ada 3 persegi dan 10 lidi,
Jika kita teruskan maka akan kita peroleh;
Pola (4)= ada 4 persegi dan 13 lidi,
Pola (5)= ada 5 segitiga dan 16 lidi,

Banyak lidi yang dipakai pada teladan ke-(55) yakni suku ke-55 dari barisan aritmatika berikut;
$4,\ 7,\ 10,\ 13,\ 16, \cdots $
$\begin{align}
u_{n} & = a+(n-1)b \\
a & =4 \\
b & =7-4=3 \\
n & =55 \\
u_{55} & =4+(55-1)3 \\
& =4+162 \\
& =166
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 166$

22. Hasil dari $-2 \times (-5+17):(5-3)$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -22 \\
(B)\ & -12 \\
(C)\ & 12 \\
(D)\ & 22
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& -2 \times (-5+17):(5-3) \\
& = -2 \times 12 : 2 \\
& = -24 : 2 \\
& = -12
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)-12$


23. Utari mempunyai selembar karton untuk menciptakan namanya dengan karakter kapital. Ia memulai dengan karakter "U" menyerupai tampak pada gambar berikut.
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Luas karton yang dibutuhkan untuk membuta karakter "U" tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 228\ cm^{2} \\
(B)\ & 168\ cm^{2} \\
(C)\ & 120\ cm^{2} \\
(D)\ & 100\ cm^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Gambar kita berikan garis bantu, ilustrasinya menyerupai berikut:

jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Dari gambar diatas kita peroleh $3$ persegi panjang dimana $2$ persegi panjang yakni kongruen.
  • Persegi panjang pertama luasnya yakni $5 \times 18 = 90$
  • Persegi panjang kedua luasnya yakni $5 \times 18 = 90$
  • Persegi panjang kedua luasnya yakni $8 \times 6 = 48$
Total luas karton yakni $90+90+48=228$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 228\ cm^{2}$

24. Suhu di kota Amsterdam Belanda $-4^{\circ}C$, pada ketika yang sama suhu di kota Banjarmasin Indonesia $28^{\circ}C$. Perbedaan suhu antara kedua kota tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -32^{\circ}C \\
(B)\ & -24^{\circ}C \\
(C)\ & 24^{\circ}C \\
(D)\ & 32^{\circ}C
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Suhu di kota Banjarmasin Indonesia $28^{\circ}C$ dan pada ketika yang sama di kota Amsterdam Belanda $-4^{\circ}C$.

Perbedaan suhu di kedua kota diatas yakni $28^{\circ}C-(-4^{\circ}C)=32^{\circ}C$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 32^{\circ}C$


25. Perhatikan gambar berikut!
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Pasangan sudut luar berseberangan adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \angle A_{3}\ \text{dan}\ \angle B_{3} \\
(B)\ & \angle A_{1}\ \text{dan}\ \angle B_{3} \\
(C)\ & \angle A_{2}\ \text{dan}\ \angle B_{4} \\
(D)\ & \angle A_{1}\ \text{dan}\ \angle B_{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar garis sejajar dan nama sudut;

  • $(A)\ \angle A_{3}\ \text{dan}\ \angle B_{3}$ Sudut sehadap;
  • $(B)\ \angle A_{1}\ \text{dan}\ \angle B_{3}$ Sudut berseberangan luar;
  • $(C)\ \angle A_{2}\ \text{dan}\ \angle B_{4}$ Sudut berseberangan dalam;
  • $(D)\ \angle A_{1}\ \text{dan}\ \angle B_{2}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ \angle A_{1}\ \text{dan}\ \angle B_{3}$

26. Diagram lingkaran di bawah mengatakan pendidikan orangtua siswa di suatu sekolah. Jika jumlah orang renta siswa di sekolah tersebut $900$ orang, banyak orang renta siswa yang berpendidikan Sekolah Menengah Pertama adalah...
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
$\begin{align}
(A)\ & 385\ \text{orang} \\
(B)\ & 375\ \text{orang} \\
(C)\ & 350\ \text{orang} \\
(D)\ & 315\ \text{orang}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar kita peroleh beberapa data,

  • SD $45 \%$, banyak orangtua SD yakni $\frac{45}{100} \times 900= 405$
  • SMA $12 \%$, banyak orangtua Sekolah Menengan Atas yakni $\frac{12}{100} \times 900= 108$
  • PT $8 \%$, banyak orangtua PT yakni $\frac{8}{100} \times 900= 72$
  • SMP $35 \%$, banyak orangtua Sekolah Menengah Pertama yakni $\frac{35}{100} \times 900= 315$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 315\ \text{orang}$

27. Jumlah bilangan kelipatan $3$ dan $4$ antara $200$ dan $300$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1.968 \\
(B)\ & 1.764 \\
(C)\ & 1.680 \\
(D)\ & 1.476
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kelipatan $3$ dan $4$ yakni bilangan kelipatan $12$.
Bilangan kelipatan $12$ antara $200$ dan $300$ yakni $204,\ 216,\ 228, \cdots ,288$
$204+216+228+ \cdots +288$
Suku ke-n atau $u_{n}=288$, $a=204$ dan $b=12$
$\begin{align}
u_{n} & = a+(n-1)b \\
288 & = 204+(n-1)12 \\
288 & = 204+12n-12 \\
288-204+12 & = 12n \\
96 & = 12n \\
n & = \frac{96}{12}=8
\end{align}$

Jumlah $16$ suku yakni $S_{8}$
$\begin{align}
S_{n} & = \frac{n}{2} \left( a+u_{n} \right) \\
S_{8} & = \frac{8}{2} \left( 204+288 \right) \\
& = 4 \left( 492 \right) \\
& = 1.968
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 1.968$

28. Perhatikan gambar!
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Gradien garis yang tegak lurus $PQ$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -3 \\
(B)\ & -\dfrac{1}{3} \\
(C)\ & \frac{1}{3} \\
(D)\ & 3
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita anggap titik $Q$ yakni $(0,0)$ maka titik $P$ yakni $(-2,6)$.
Persamaan garis $PQ$ yakni $y=-3x$
Gradien garis $PQ$ yakni $m=-3$

Dua garis yang tegak lurus perkalian gradiennya yakni $-1$.
$m_{1} \times m_{2} = -1$
$m_{1} \times -3 = -1$
$m_{1} = \frac{-1}{-3}= \frac{1}{3}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuia yakni $(C)\ \frac{1}{3}$

29. Sebuah peta mempunyai skala $1 : 1.500.000$. Pada peta tersebut jarak:
Kota A ke kota P = $3\ cm$
Kota P ke kota B = $2\ cm$
Kota A ke kota Q = $2\ cm$
Kota Q ke kota B = $2,5\ cm$

Haikal berkendaraan dari kota $A$ ke kota $B$ melelui kota $P$ dan Mondi berkendaraan dari kota $A$ ke kota $B$ melului kota $Q$. Berapakah selisih jarak tempuh yang dilakukan Haikal dan Mondi?
$\begin{align}
(A)\ & 4,5\ km \\
(B)\ & 5\ km \\
(C)\ & 7,5\ km \\
(D)\ & 8\ km
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

  • Jarak Kota A ke kota P: $3\ cm \times 1.500.000$ = $4.500.000\ cm$= $45\ km$
  • Jarak Kota P ke kota B: $2\ cm \times 1.500.000$ = $3.000.000\ cm$= $30\ km$
  • Jarak Kota A ke kota Q: $2\ cm \times 1.500.000$ = $3.000.000\ cm$= $30\ km$
  • Jarak Kota Q ke kota B: $2,5\ cm \times 1.500.000$ = $3.750.000\ cm$= $37,5\ km$
Haikal dari kota A ke kota P $(45\ km)$ kemudian dari kota P ke kota B $(30\ km)$, total perjalanan $75\ km$
Mondi dari kota A ke kota Q $(30\ km)$ kemudian dari kota Q ke kota B $(37,5\ km)$, total perjalanan $67,5\ km$
selisih jarak haikal dan Mondi yakni $75-67,5=7,5$

$\therefore$ Maka selisih jarak Joni dan Boy yakni $(C)\ 7,5\ km$

30. Tiga suku berikutnya dari barisan $4,\ 6,\ 10,\ 16,\ 24,\ \cdots$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 32,\ 42,\ 54 \\
(B)\ & 34,\ 44,\ 56 \\
(C)\ & 34,\ 46,\ 60 \\
(D)\ & 32,\ 48,\ 80
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Barisan bilangan $4,\ 6,\ 10,\ 16,\ \cdots$
dari $4$ ke $6$: $+2$
dari $6$ ke $10$: $+4$
dari $10$ ke $16$: $+6$
dari $16$ ke $24$: $+8$
jikalau kita teruskan:
dari $24$ ke $34$: $+10$
dari $34$ ke $46$: $+12$
dari $46$ ke $60$: $+14$

$\therefore$ Pilihan yang sesuia yakni $(C)\ 34,\ 46,\ 60$

31. Bentuk sedrhana dari $6a-12b-5c-7b+2c-2a$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -4a+19b-3c \\
(B)\ & 4a-19b-3c \\
(C)\ & 4a+19b-3c \\
(D)\ & 8a-19b-3c
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& 6a-12b-5c-7b+2c-2a \\
& = 6a-2a-12b-7b+2c-5c \\
& = 4a-19b-3c
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 4a-19b-3c$

32. Hasil dari $\dfrac{\dfrac{1}{2}+\dfrac{3}{8}}{\dfrac{1}{2}-\dfrac{3}{8}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 7 \\
(B)\ & \dfrac{1}{7} \\
(C)\ & -\dfrac{1}{7} \\
(D)\ & -7
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{\dfrac{1}{2}+\dfrac{3}{8}}{\dfrac{1}{2}-\dfrac{3}{8}} \\
& = \dfrac{\dfrac{4}{8}+\dfrac{3}{8}}{\dfrac{4}{8}-\dfrac{3}{8}} \\
& = \dfrac{\dfrac{7}{8}}{\dfrac{1}{8}} \\
& = 7
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 7$

33. Perjalanan Ali menuju ke sekolah selam $1$ jam, sedangkan Budi $25$ menit. Perbandingan usang perjalanan Ali dan Budi adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 5:12 \\
(B)\ & 12:5 \\
(C)\ & 2:1 \\
(D)\ & 1:2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Perjalanan Ali menuju ke sekolah selama $1$ jam sama dengan $60$ menit.
Perjalanan Budi menuju ke sekolah selama $25$ menit.

Sehingga perbandingannya adalah:
$\begin{align}
\dfrac{Ali}{Budi} & = \dfrac{60}{25} \\
& = \dfrac{12}{5}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 12:5$

34. Nilai rata-rata dari $16$ orang siswa yakni $6,3$. Satu siswa yang mempunyai nilai $7,8$ tidak disertakan dari kelompok tersebut. Nilai rata-rata yang gres adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 9,8 \\
(B)\ & 7,2 \\
(C)\ & 6,2 \\
(D)\ & 6,1
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Rata-rata $(\bar{x})$ yakni jumlah nilai dibagikan dengan banyak nilai.
$\begin{align}
\bar{x} & = \frac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+\cdots+x_{15}+x_{16}}{16} \\
6,3 & = \frac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+\cdots+x_{15}+x_{16}}{8} \\
6,3 \times 16 & = x_{1}+x_{2}+x_{3}+\cdots+x_{15}+x_{16} \\
100,8 & = x_{1}+x_{2}+x_{3}+\cdots+x_{15}+x_{16}
\end{align}$
Karena satu siswa yang nilainya $7,8$ tidak disertakan maka $x_{1}+x_{2}+x_{3}+\cdots+x_{15}=100,8-7,8=93$.
Rata-rata yang gres untuk $15$ siswa adalah
$\begin{align}
\bar{x} & = \frac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+\cdots+x_{15}}{15} \\
& = \frac{93}{15} \\
& = \frac{31}{5} \\
& = 6,2
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(C)\ 6,2$

35. Data berat tubuh (dalm kg) akseptor didik kelas IX.A sebagai berikut:
40, 36, 38, 35, 42, 39,
41, 37, 42, 38, 36, 40,
40, 38, 37, 41.
Berdasarkan data diatas median data tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 38,0 \\
(B)\ & 38,5 \\
(C)\ & 39,0 \\
(D)\ & 39,5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Median yakni nilai tengah suatu data atau suatu nilai yang membagi data menjadi dua bab yang sama sesudah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.

Data di atas kita urutkan terlebih dahulu dari yang terkecil ke yang terbesar.
35, 36, 36, 37, 37, 38, 38, 38, 39, 40, 40, 40, 41, 41, 42, 42.

Nilai tengah yakni $\frac{38+39}{2}=38,5$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 38,5$

36. Selisih uang Adik dan abang $Rp10.000,00$. Dua kali uang abang ditambah uang adik berjumlah $Rp40.000,00$. Jumlah uang mereka adalah...
$\begin{align}
(A)\ & Rp60.000,00 \\
(B)\ & Rp30.000,00 \\
(C)\ & Rp20.000,00 \\
(D)\ & Rp10.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan uang adik yakni $A$ dan uang abang yakni $K$.
Selisih uang Adik dan abang $Rp10.000,00$ kita tuliskan $A-K=10.000$.
Dua kali uang abang ditambah uang adik berjumlah $Rp40.000,00$ kita tuliskan $A+2K =40.000$.
$\begin{align}
A-K & =10.000 \\
A+2K & = 40.000 (-)\\
\hline
-3K & = -30.000 \\
K & = \frac{-30.000}{-3} \\
K & = 10.000 \\
A & = 20.000 \\
\end{align}$
Jumlah uang mereka yakni $20.000+10.000=30.000$

$\therefore$ Pilihan yang sesuia yakni $(B)\ Rp30.000,00$


37. Diketahui rumus fungsi $f(x) = 5x – 2$. Jika $f(m) = 18$ dan $f(2) = n$. Nilai $m + n$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12 \\
(B)\ & 11 \\
(C)\ & 8 \\
(D)\ & 4
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
f(x) & = 5x – 2 \\
f(m) & = 5m – 2 \\
18 & = 5m – 2 \\
5m & = 20 \\
m & = 4
\end{align}$

$\begin{align}
f(x) & = 5x – 2 \\
f(2) & = 5(2) – 2 \\
n & = 8 \\
m+n & = 8+4 \\
m+n & = 12
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 12$

38. Perhatikan persamaan berikut!
$5(2x – 3) + 4 = 2(3x + 1) – (-3)$ mempunyai penyelesaian $n$. Nilai dari $3n + 5$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4 \\
(B)\ & 7 \\
(C)\ & 13 \\
(D)\ & 17
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
5(2x – 3) + 4 & = 2(3x + 1) – (-3) \\
10x – 15 + 4 & = 6x + 2 +3 \\
10x – 11 & = 6x + 5 \\
4x & = 16 \\
x & = \frac{16}{4}=4 \\
n & = 4 \\
3n + 5 & = 3(4)+1\\
& = 12+1=13
\end{align}$

$\therefore$ Nilai dari $2n + 1$ yakni $(C)\ 13$

39. Pada gambar berikut, panjang $FL=KD=12\ cm$, $FK=4\ cm$ dan $FM=DE=16\ cm$. Keliling berdiri tersebut adalah...
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
$\begin{align}
(A)\ & 78\ cm \\
(B)\ & 80\ cm \\
(C)\ & 86\ cm \\
(D)\ & 92\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan memperhatikan gambar, kita sanggup dua segitiga siku-siku yaitu $EDK$ dan $FLM$, dimana sebagian sisi segitiga berimpit.
Keliling bagun datar adalah: $16+8+20+12+4+20=80$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 80\ cm$

40. Perhatikan gambar berikut!
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Jika $AB = BC = CD$. maka panjang $BF$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4\ cm \\
(B)\ & 4,5\ cm \\
(C)\ & 5\ cm \\
(D)\ & 5,5\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada gambar ada simbol arah tanda panah, garis yang ada arah tanda panah artinya yakni garis yang sejajar.
Garis $AB$ sejajar dengan garis $CD$ dan garis $CB$ sejajar dengan garis $ED$.

Untuk mendapat panjang garis $BF$, kita coba gunakan garis bantu, ilustrasinya kurang lebih menyerupai berikut ini;

jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)
Dari gambar diatas kita perhatikan $\bigtriangleup\ ABF$ dan $\bigtriangleup\ AGE$ yakni segitiga yang sebangun, maka berlaku;
$\begin{align}
\frac{BF}{GE} & = \frac{AB}{AG} \\
\frac{BF}{10} & = \frac{7}{14} \\
BF & = \frac{1}{2} \times 10 \\
BF & = 5
\end{align}$

$\therefore$ Panjang $BF$ yakni $(C)\ 5\ cm$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Sebagai suplemen silahkan dicoba Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama pada Simulasi UNBK 2020 Matematika Sekolah Menengah Pertama [Soal dan Pembahasan]

Jika tertarik untuk menyimpan catatan calon guru di atas dalam bentuk file (.pdf) silahkan di d0wnl0ad pada link berikut ini:
  • Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 ๐Ÿ‘€ Download
  • Soal dan Pembahasan Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 ๐Ÿ‘€ Download
Untuk saran yang sifatnya membangun terkait persoalan alternatif penyelesaian Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B) atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan๐Ÿ˜ŠCMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi ๐Ÿ™Share is Caring ๐Ÿ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE๐Ÿ˜Š

Video pilihan khusus untuk Anda ๐Ÿ˜Š Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
jian Nasional Berbasis Komputer yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan UNBK sudah hampi 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket B)


Sumber http://www.defantri.com

0 Response to "40 Soal Simulasi Unbk Matematika Smp Tahun 2020 (*Soal Dan Pembahasan Paket B)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel