iklan

9+ Makanan Khas Jawa Tengah Yang Bikin Pengecap Goyang

Makanan khas Jawa Tengah – Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing-masing. Dan itu menjadi suatu hal yang unggul bagi tempat tersebut. Ngomongin soal masakan khas, ketika kita berkunjung ke suatu daerah. Rasanya kurang afdol kalau nggak nyobain masakan khas yang ada di sana.  Apalagi tempat yang dikunjungi jauh, sangat disayangkan kalau nggak nyicipi masakan khasnya.


Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai masakan khas Jawa Tengah. Simak baik-baik yuk, beberapa masakan khas yang ada di Jawa Tengah. Kalau udah tahu, kau nggak akan galau lagi mencari masakan khas Jawa Tengah ketika berkunjung ke sana.


Berikut rangkuman masakan khas Jawa Tengah dari banyak sekali cita rasa yang harus kau coba.



1. Telur Asin.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

catatanbelajarmasak.blogspot.com


Nama telur asin, terdengar sudah tidak absurd lagi di telinga. Ya, niscaya kita sering menemukannya ketika jalan-jalan ke pasar. Makanan ini juga selalu terhidang di beberapa rumah makan yang ada Di Indonesia khususnya Pulau Jawa.


Telur asin merupakan masakan khas Jawa tengah yang berasal dari Kota Brebes. Makanan ini terbuat dari telur angsa yang diproses dengan cara diasinkan menggunakan garam yang banyak untuk menonaktifkan enzim perombak. Makanya masakan ini sanggup tahan hingga waktu satu bulan tanpa materi pengawet.


Telur asin sering disajikan bersama masakan lainnya menyerupai nasi lengko, nasi jamblang, bahkan sanggup pula disantap tanpa nasi. Telur asin hingga ketika ini mempunyai banyak variasi yang harus kau coba diantaranya telur asin rebus, telur asin bakar dan telur asin panggang. Bahkan ketika ini sudah ada telur asin beraneka rasa mulai dari rasa strawberry, coklat dan lain-lain.


Terbayang betapa nikmat dan lezatnya masakan khas Jawa Tengah ini.


2. Tempe Mendoan.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

Resephariini.com


Makanan khas yang kedua ini populer berasal dari Banyumas dan Purwokerto Jawa Tengah. Tempe mendoan bahwasanya sama menyerupai tempe pada umumnya, disajikan dengan cara dilumuri  tepung kemudian digoreng.


Namun yang menjadi beda dari yang lainnya, tempe mendoan menggunakan tempe yang diiris tebal kemudian dimasak menggunakan minyak panas yang banyak dan digoreng setengah matang. Itulah mengapa masakan ini disebut dengan mendoan. Kemudian tempe mendoan ini dihidangkan dengan semangkuk kecil sambal kecap pedas.


Sekarang tempe mendoan sudah sangat familiar, kau sanggup mendapatkannya bukan hanya di tempat Banyumas dan Purwokerto saja. Tapi sanggup menemukannya di seluruh wilayah di Jawa Tengah. Malah tempe mendoan ini sudah banyak orang yang menjualnya di Ibukota Jakarta dan sekitarnya.


3. Lumpia Semarang.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

craftlog.com


Siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan khas yang satu ini? tentu semuanya sudah tahu bahwa jajanan ini berasal dari Kota Semarang.


Lumpia Semarang merupakan jajanan khas Jawa Tengah, berbahan dasar tepung terigu yang dibuat menjadi sebuah adonan kemudian dibuat menjadi tipis dan potongan dalamnya diisi dengan banyak sekali macam variasi mulai dari rebung, telur, daging ayam, udang dan lain-lain.


Sejarah adanya kudapan ini pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan tinggal di Semarang Jawa Tengah. Kemudian diteruskan oleh keluarganya dengan menambah variasi rasa. Camilan ini mulai dikenal pada masa pemerintahan Presiden Soekarno ketika pesta olahraga GANEFO.


Bisa disimpulkan lumpia Semarang dibuat secara turun menurun untuk menjaga kelestariannya hingga ketika ini. Dan kini banyak masyarakat yang menciptakan masakan ini baik untuk dijajakan ataupun dikonsumsi sendiri.


4. Tahu Petis.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

wanitaindonesia.co.id


Masih seputar Kota Semarang nih, ternyata ada juga jajanan khas Jawa Tengah selain lumpia yang berasal Kota Semarang yaitu tahu petis.


Tahu petis sesuai dengan namanya merupakan masakan yang terbuat dari tahu yang digoreng kemudian dihidangkan dengan sambal yang disebut petis. Ada yang tahu petis itu apa? petis yaitu sambal yang berwarna hitam kental terbuat dari udang yang diracik dengan bumbu yang lainnya.


Tahu yang digunakan untuk menciptakan kudapan ini juga berbeda dari yang lainnya. Tahu yang digunakan yaitu tahu pong yaitu berasal dari tahu putih yang digoreng hingga berwarna coklat dengan bumbu berupa adonan garam dan bawang putih saja.


Perpaduan tahu pong yang renyah dan sambal petis udang yang rasanya manis, menyebabkan masakan ini bercita rasa enak dan nikmat.


5. Nasi Gandul.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

travelingyuk.com


Mengapa masakan khas Jawa Tengah yang satu ini disebut nasi gandul? mau tahu asal usulnya?simak baik-baik ya.


Nasi gandul merupakan masakan khas Pati Jawa Tengah berupa nasi putih yang disajikan dengan kuah dan lauk pauk. Kuah yang digunakan terbuat dari rempah-rempah pilihan seperti  bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kayu manis, cabe merah dan menggunakan santan kelapa.


Adapun lauk yang disajikan berupa olahan sapi mulai dari dagingnya, jeroan sapi, tebang dan lepon. Kuah dan olahan sapi inilah yang menjadi masakan khas ini mempunyai cita rasa yang unik dan tentunya lezat. Ditambah dengan cara penyajiannya menggunakan daun pisang.


Nama gandul berasal dari bahasa jawa yang artinya bergantung. Sejarahnya dulu masakan ini dijajakan dengan cara dipikul keliling oleh para penjualnya, barang yang dibawanya bergondal-gandul. Maka dari itu masakan ini disebut nasi gandul.


Namun seiring berkembangnya jaman, sudah jarang ditemukan penjual yang memikulnya. Kini penjual umumnya penetap di sebuah warung.


6. Serabi Solo.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

momyukan.blogspot.com


Ternyata masakan yang berjulukan serabi ini bukan hanya masakan khas Jawa Barat saja lho. Jawa Tengah juga mempunyai kudapan yang satu ini dengan nama serabi Solo alasannya memang serabi ini berasal dari Solo Jawa Tengah.


Jajanan khas Solo ini terbuat dari santan kelapa yang dicampur dengan tepung beras kemudian dimasak menggunakan wajan kecil diatas arang. Memang proses pembuatannya menyerupai sekali dengan serabi makanan khas Jawa Barat.


Bahan-bahan menyerupai santan kelapa dan tepung beras lah yang menyebabkan jajanan ini bercita rasa gurih. Ditambah dengan diberi taburan berupa meses, potongan pisang, nangka atau bahkan keju bila suka. Menjadikan jajanan ini lebih nikmat. Serabi yang populer berasal dari tempat Notosuman.


7. Enting-Enting Gepuk.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

oknusantara.com


Enting-enting gepuk termasuk jajanan lawas (tradisional) khas Salatiga Kota Semarang yang pertama kali dibuat pada tahun 1920an oleh seorang Imigran asal Tiongkok, Bernama Khoe Tjong Khok.


Kacang tanah dan gula merah menjadi materi utama jajanan khas yang satu ini. Perpaduan kedua materi tersebut menyebabkan jajanan ini berkombinasikan rasa anggun dan gurih yang enak untuk dikonsumsi dan menciptakan kau ketagihan bila mencobanya. Ditambah dengan teksturnya yang lembut dan kacang yang tidak berbau tengik menyebabkan jajanan khas ini bertahan lebih lama.


Pada jaman dahulu pembungkusan kudapan ini hanya menggunakan kelobot atau kulit daun saja, namun pada kala kini sudah menggunakan kertas khusus untuk pembungkusan dengan merk yang masih sama menyerupai pertama kali dibuat yaitu cap klenteng dan holoo 2.


Kamu sanggup menemukan enting-enting gepuk ini dengan gampang di setiap toko masakan yang ada di Salatiga.


8. Soto Kudus.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

iklantravel.com


Dari namanya sudah jelas, soto ini berasal dari Kota Kudus Jawa Tengah. Soto Kudus hampir menyerupai dengan soto Lamongan. Namun yang membedakan dari soto pada umumnya, soto Kudus menggunakan materi dasar berupa daging kerbau. Seiring berkembangnya jaman, soto ini juga ada yang menggunakan suwiran ayam.


Soto Kudus tidak ada yang menggunakan daging sapi alasannya sebagai penghormatan umat Muslim Kudus terhadap agama Hindu, yang mana sapi menjadi simbol kesucian umat Hindu. Namun hal ini hanya sebatas ajuan dari Sunan Kudus.


Soto Kudus disajikan dengan kuah yang bening dan perasan jeruk nipis serta sambal yang sangat pedas. Membuat masakan yang satu ini menjadi terasa lebih nikmat dan lezat.


Kamu kini sanggup mendapat soto Kudus ini dengan mudah, tidak hanya di Kota Kudus saja. Karena sudah tersebar luas hampir keseluruh tempat di Indonesia.


9. Rondo Royal.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

resepkoki.id


Rondo royal, ada yang sudah tahu dengan kudapan yang satu ini? niscaya sudah tidak absurd lagi di kalangan masyarakat Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Ya, kudapan khas ini berasal dari Kota Jepara.


Apakah rondo royal itu? rondo royal merupakan kudapan tradisional, berbahan dasar tape yang digoreng dengan adonan tepung beras. Tape yang digunakan terbuat dari singkong, tape tersebut dihancurkan kemudian dibuat menjadi bundar kemudian dicelupkan ke adonan tepung hingga merata dan digoreng.


Perpaduan dari bahan-bahan tersebut menghasilkan banyak sekali macam rasa diantaranya rasa anggun yang berasal dari gula, rasa asam yang berasal dari tape dan sedikit rasa asin dari tepung berasnya.


Oh iya ada yang tahu asal usul nama rondo royal? ada yang bilang kata rondo berasal dari bahasa Jawa yang artinya janda dan royal berarti mewah. Ada juga yang beropini kata rondo berasal dari mondo artinya sedikit, bila digabungkan mempunyai arti sedikit mewah. Nama tersebut menjadi misteri hingga ketika ini.


10. Wajik.


 Setiap tempat niscaya mempunyai masakan khasnya masing 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

craftlog.com


Wajik merupakan salah satu ragam masakan Indonesia. Setiap tempat mempunyai nama tersendiri dari kudapan yang satu ini. Kue wajik di Sumatera disebut dengan pulut anggun dan di Bali dikenal dengan jaja wajik. Namun nama wajik lebih dikenal di tempat Jawa Tengah.


Wajik khas Jawa Tengah ini biasanya terbuat dari beras ketan yang dikukus hingga matang kemudian dimasak dengan adonan gula merah dan santan kelapa hingga terasa lembut, kemudian diiriskan dan dicetak berbentuk belah ketupat atau sesuai selera konsumen.


Gula merah tersebutlah yang menyebabkan wajik ini berwarna coklat. Namun kini wajik mempunyai variasi warna menyerupai warna hijau, warna merah muda dan lain-lain. Warna hijau berasal dari sari daun suji atau daun pandan, sedangkan warna lainnya berasal dari pewarna makanan.


Begitulah rangkuman masakan khas Jawa Tengah yang sanggup ditulis, Semoga bermanfaat untuk kau semua.


Sekian dan terima kasih




Sumber https://mefahlan.com

0 Response to "9+ Makanan Khas Jawa Tengah Yang Bikin Pengecap Goyang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel