iklan

Belajar Kimia, Klarifikasi Ihwal Struktur Atom Lengkap


Assalamualaikum wr wb ...

Seperti yang kita ketahui bahwa suatu “Materi” secara umum terbagi menjadi dua. Ada yang merupakan suatu “Campuran” dan ada yang merupakan suatu “Zat Tunggal”. Yang merupakan suatu adonan itu artinya bahan yang tersusun dari beberapa zat tunggal. Zat tunggal itu sendiri ada yang berupa unsur dan ada yang berupa senyawa.
Namun dari semua materi, bahan itu tersusun dari suatu partikel dasar yang berupa ATOM.
Untuk mempelajari Struktur Atom kita akan membahas perihal hal-hal berikut :
Ø  Partikel Penyusun atom
Ø  Massa atom
ØPerkembangan model atom

1.       Partikel Penyusun Atom
Atom secara umum terdiri dari suatu inti dan partikel diluar inti. Dimana penyusun inti atom itu sendiri antara lain ialah Proton dan juga Neutron dimana Proton itu mempunyai muatan positif dan ditemukan pertama kali oleh Goldstein sedangkan Neutron tidak bermuatan (netral) ditemukan pertama kali oleh Chadwick. Selain terdiri dari suatu inti atom juga terdiri dari partikel diluar inti.
Partikel diluar inti ialah Elektron yang merupakan partikel bermuatan negatif yang bergerak mengelilingi inti, ditemukan oleh Thomson.
2.       Massa Atom
Pada poin pertama kita telah mengetahui bahwa atom itu terdiri dari proton dan neutron yang merupakan inti atom, dan juga elektron yang merupakan partikel yang bergerak mengelilingi inti. Sekarang kita akan membahas massa dari masing-masing partikel tersebut.


Setelah kita lihat massa dari masing-masing partikel, kita mengetahui ternyata massa proton (mp) dan massa neutron (mn) mempunyai nilai yang sama. Itu artinya massa proton (mp) sama dengan massa neutron (mn). Sedangkan massa elektron (me) jauh lebih kecil dibandingkan dengan massa proton (mp) maupun massa neutron (mn). Jika kita bandingkan massa elektron (me) itu hampir 1/2000 dari massa proton (mp) atau massa neutron (mn). Oleh alasannya itu massa seatu elekron sering kali di abaikan, sehingga massa dari elektron (me) tidak besar lengan berkuasa terhadap massa atom.

Massa Atom
Oleh lantaran massa elektron (me) sangat kecil dan seringkali di abaikan, maka yang mensugesti massa atom antara lain massa proton (mp) dan juga massa neutron (mn).
Massa proton maupun massa elektron dinotasikan sebagai satuan massa atom (sma).
massa 1 proton = 1 sma
massa 1 neutron = 1 sma

jumlah proton + jumlah neutron sering kita sebut dengan Nomor Massa. Karena, proton dan neutron besar lengan berkuasa terhadap massa atom.

Perhatikan klarifikasi di bawah ini!
Misalkan ada sebuah atom  
Z = nomor atom = jumlah proton
Z merupakan karakteristik dari suatu atom. Artinya bila ada beberapa atom yang mempunyai jumlah proton yang berbeda maka dipastikan atom-atom tersebut merupakan atom yang berbeda.

A = nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron

Menentukan Jumlah Elektron
Atom secara umum ada yang bermuatan (ion) dan ada juga yang netral. Atom yang netral artinya jumlah proton dan juga jumlah elektronnyanya sama, sedangkan atom yang bermuatan jumlah proton dan jumlah elektronnya berbeda atau tidak sama dengan.
Atom yang bermuatan (ion) itu sendiri terdiri dari ada yang bersifat positif yang disebut dengan kation dan bersifat negatif yang disebut dengan anion. kation mempunyai elektron yang lebih sedikit dibandingkan dengan protonnya dalam hal ini atom kekurangan elektron sehingga atom bermuatan positif, sebaliknya anion mempunyai elektron lebih banyak dibandingkan dengan protonnya sehingga atom bermuatan negatif.
Perhatikan klarifikasi berikut!

Penjelasan :
                Suatu atom X netral berubah atau membentuk kation dan melepaskan satu elektron. Karena atom X melepaskan satu elektron sehingga atom X tersebut kelebihan satu proton maka atom tersebut bersifat/bermuatan positif (kation).

Penjelasan :
Suatu atom X (netral) menangkap satu elektron sehingga membentuk anion. Dikarenakan atom X menangkap satu elektron maka atom X tersebut kelebihan satu elektron sehingga atom tersebut bermuatan negatif (anion).
Contoh :
Tentukan jumlah proton, neutron dan elektron
1.       

Jawab : Jumlah Proton = 8
                Jumlah Neutron = nomor massa – jumlah proton (nomor atom) = 16-8 = 8
                Jumlah Elektron =karena atom netral maka jumlah elektron = jumlah proton = 8
2.       

Jawab : Jumlah Proton = 11
                Jumlah Neutron = nomor massa – jumlah proton (nomor atom) = 23-11 = 12
                Jumlah Elektron = jumlah proton - 1 elektron =11-1 = 10
3.       

Jawab : Jumlah Proton = 16
                Jumlah Neutron = nomor massa – jumlah proton (nomor atom) = 32-16 = 16
                Jumlah Elektron = jumlah proton + 2 elektron =16+2 = 18
Pengertian Isotop, Isobar, Isoton dan Iso Elektron
Isotop : Beberapa atom sejenis tetapi mempunyai massa yang berbeda
Isobar : beberapa atom yang unsurnya berbeda tetapi mempunyai nomor massa yang sama
Isoton : beberapa atom yang berbeda unsur tetapi mempunyai jumlah neutron yang sama.
Contoh :


Baca juga : Perkembangan Teori Model Atom dan Penjelasannya

Wassalamualaikum wr wb ...


Sumber http://teori-perbab.blogspot.com

0 Response to "Belajar Kimia, Klarifikasi Ihwal Struktur Atom Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel