iklan

Pengertian Komputer Beserta Fungsi Dan Sejarahnya.

Pengertian komputer. Siapa sih yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer? niscaya pada abad kini ini, hanya sedikit yang tidak mengenalnya. Mayoritas semua orang sudah mengenalnya mulai dari anak kecil sekalipun tentu sampai yang tua.


Alat ini banyak digunakan sebagai sarana kerja menyerupai perkantoran, sekolahan, swalayan, pertokoan sampai individual di setiap rumah. Walau hanya digunakan sebagai hiburan saja menyerupai bermain game, nonton film dan mendengar musik. Jadi, memang sudah benar-benar buming sekali di kalangan masyarakat.


Tetapi di balik itu semua, apakah anda sudah mengetahui pengertian komputer secara mendalam? mari kita simak bersama pada pembahasan kali ini.



Pengertian Komputer Secara Umum.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

Unsplash.com


Pada jaman dahulu, komputer dikenal sebagai mesin penghitung Aritmetika. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu dan perubahan teknologi yang semakin canggih.


Arti komputer merujuk pada suatu mesin untuk alat kalkulasi. Waktu terus berjalan, sampai ketika ini komputer dikenal sebagai rangkaian alat elektronik yang sanggup melaksanakan pekerjaan serta banyak manfaatnya.


Bisa kita artikan juga sebagai kumpulan dari aneka macam komponen elektro yang tersusun menjadi satu mesin berteknologi canggih. Disertai dengan program-program yang sanggup mendapatkan dan menyimpan data. Melakukan pengolahan dan menghasilkan informasi yang sesuai dengan apa yang kita minta.


Secara sederhananya komputer yakni alat alternatif dari buku catatan yang sanggup menampung lebih banyak data dengan gampang dan efisien. Serta sanggup mengeluarkan data tersebut dengan alat pendukung lainnya.


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

pixabay.com


Sudah dijelaskan sebelumnya pengertian komputer secara umum. Dan kali ini saya akan menjelaskan pengertian komputer berdasarkan para andal yang saya ambil dari aneka macam sumber.


Pengertian berdasarkan Elias M. Awad.


Komputer menurutnya yakni suatu alat penghitung yang memproses data input dan kemudian disajikan baik dalam bentuk data digital maupun data analog.


Pengertian berdasarkan William M. Fuori.


Fuori mengambil kesimpulan dari bukunya yang berjudul The Tool of Bussines. Bahwa yang dimaksud dengan komputer yakni data processor yang bisa berhitung dengan cepat dan data dalam skala besar. Termasuk perhitungan aritmatika dengan skala besar atau operasi logika tanpa santunan tangan insan sedikitpun.


Pengertian berdasarkan Sawyer.


Sawyer mempunyai pendapat berbeda dari yang lainnya. Ia menyimpulkan bahwa komputer yakni mesin multiguna yang sanggup dioperasikan dengan pemrograman dan deprogram. Mesin tersebut sanggup mendapatkan data berupa gambar garang dan fakta, kemudian memanifulasinya menjadi sebuah informasi yang sanggup digunakan oleh pemiliknya.


Pengertian berdasarkan Larry Long dan Nancy Long.


Pengertian berdasarkan keduanya sudah sama menyerupai pengertian pada umumnya. Komputer yakni alat hitung elektronik yang bisa mempresentasikan dan melaksanakan perintah pemrograman untuk input, output, perhitungan dan operasi logika lainnya.


Pengertian berdasarkan Robert H. Blissmer.


Menurutnya komputer yakni suatu alat yang sanggup menjalankan tugasnya sebagai peserta data input, memproses data input, menyimpan perintah kegiatan dan menyajikan data output dalam bentuk informasi.


Pengertian berdasarkan Donal H. Sanders.


Sanders beropini bahwa yang dimaksud dengan komputer ialah alat elektronik yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat dan berkualitas. Serta dirakit supaya sanggup mendapatkan data input dan menyimpannya secara otomatis. Proses dan hasil output di bawah pengawasan instruksi-instruksi kegiatan yang tersimpan di memori.


Pengertian berdasarkan VC. Hamacher et al.


Menurutnya komputer yakni sebuah alat penghitung elektronik yang sanggup mendapatkan informasi input digital dengan cepat. Kemudian diproses oleh kegiatan yang disimpan di dalam memori dan menghasilkan output berupa informasi.


Pengertian berdasarkan Wimatra dkk (2008)


Wimatra dkk menyimpulkan bahwa komputer yakni suatu perangkat yang mempunyai fungsi untuk melaksanakan proses pengolahan data dan menyajikan informasi yang bermanfaat.


Pengertian berdasarkan Arif Susanto (2009).


Menurutnya yang dimaksud dengan komputer yakni rangkaian alat elektronik yang di dalamnya terdapat perintah input, alat yang mengolah input dan peralatan output secara otomatis sehingga sanggup menyajikan informasi.


Pengertian berdasarkan Jhon J.Longkutoy.


Jhon J.Longkutoy menyampaikan bahwa apa yang dimaksud dengan komputer yakni mesin pemecah dilema dan mesin atau alat pengolah data yang sanggup menyediakan informasi yang mempunyai kegunaan dan dibutuhkan oleh usernya.


Pengertian berdasarkan Gordon B. Davis.


Davis menciptakan kesimpulan dari bukunya yang berjudul Introduction to The Computer bahwa komputer merupakan suatu tipe khusus dari mesin penghitung uang yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.


Pengertian berdasarkan June Parsons.


Menurutnya komputer yakni perangkat multi guna yang sanggup mendapatkan data input, pengolahan data, penyimpanan data dan output data. Semua itu sesuai atas perintah serangkaian kegiatan yang tersimpan.


Pengertian berdasarkan Mc Graw Hill (2001).


Menurut Mc Graw Hill, komputer yakni komputasi elektronik yang bekerja dengan cepat mendapatkan informasi input digital. Kemudian memprosesnya menggunakan kegiatan yang tersimpan dalam memori kemudian menghasilkan output berupa informasi yang matang.


Pengertian berdasarkan Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter.


Menurut Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter komputer merupakan perangkat elektronik yang beroperasi di bawah memori dan berfungsi sanggup mendapatkan data, mengolahnya sesuai dengan hukum yang ditetapkan serta memproduksi hasil.


Pengertian berdasarkan American Standard Insitute.


American Standard Insitute beropini sama menyerupai William M. Fuori. bahwa komputer yakni prosesor data yang bisa melaksanakan perhitungan yang lebih besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika dan logika tanpa campur tangan insan selama proses berjalan.


Pengertian berdasarkan Dinus.


Menurut Dinus komputer yakni mesin dari rangkaian elektronik yang terdiri dari ribuan komponen yang sanggup bekerjasama membentuk sistem operasi yang benar dan meluas. Kemudian sistem ini sanggup bekerja secara otomatis menjalankan program-program sesuai dengan tugasnya.


Dapat disimpulkan keterangan mengenai komputer berdasarkan para ahli. Hampir semua para andal memperlihatkan pengertian yang sama.


Bahwa yang dimaksud dengan komputer yakni alat atau mesin yang berteknologi canggih terdiri atas rangkaian elektronik dan komponen serta program-program yang bisa bekerja secara otomatis sesuai dengan tugasnya. Sehingga dapat  mendapatkan data dan mengeluarkan informasi yang sempurna dan mempunyai kegunaan sesuai dengan undangan penggunanya.


Pengertian Komputer Menurut KBBI.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

pixabay.com


Suatu alat elektronik otomatis yang sanggup menghitung atau mengolah data secara cermat berdasarkan yang diinstruksikan, dan memperlihatkan hasil pengolahan, serta sanggup menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.


Pengertian Sistem Komputer.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

unsplash.com


Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai pengertian komputer. Tetapi komputer tersebut akan berjalan jikalau adanya sebuah sistem. Nah, apakah anda sudah tahu pengertian dari sistem komputer sendiri? mari kita simak.


Sistem komputer berperan sebagai tali penghubung antara komponen satu dengan yang lainnya. Jadi, pengertian sistem komputer adalah  kumpulan komponen yang saling berafiliasi dan saling bekerja sama dalam melaksanakan kiprah yang diperintahkan oleh pengguna.


Komponen pada suatu komputer ada 3 bab yaitu software, hardware dan brainware. Ketiga komponen itu sangat penting dan saling bekerja sama dalam mengolah suatu informasi data. Apabila dalam sebuah komputer tidak ada satu saja dari ketiga komponen tersebut maka sistem komputer itu tidak akan bisa berjalan sebagaimana seharusnya.


Mari kita bahas juga secara rinci dari ketiga komponen tersebut.


Software.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

pexels.com


Software atau biasa dikenal sebagai perangkat lunak yakni sebuah komponen yang tidak mempunyai wujud yang nyata. Dalam artian, kita tidak bisa merabanya namun bisa digunakan.


Waw, makhluk halus dong.


Bukan, software juga mempunyai wujud digital yang sanggup digunakan sehabis kita mengaktifkannya. Kemudian disimpan dalam sebuah memori pada komputer.


Software tidak akan bisa beroperasi jikalau tidak ada komponen hardware dan brainware. Nanti kita bahas mengenai kedua komponen yang sangat besar lengan berkuasa dengan software tersebut. Terdapat aneka macam macam sistem komputer pada software diantaranya yaitu:


Operating System ( Sistem Operasi).


Sistem operasi komputer merupakan kegiatan dasar pada komputer yang sangat berperan penting sekali. Karena jikalau tidak ada kegiatan ini maka komputer itu tidak akan bisa berfungsi sama sekali.


Ia bertugas menghubungkan antara brainware dengan hardware. Dapat diartikan juga sistem operasi sebagai perangkat lunak yang mendukung dan mengontrol serta memanajemen keberlangsungan operasi hardware dan aplikasi-aplikasi pengolahan data yang terdapat pada suatu komputer.


Adapun teladan sistem operasi diantaranya menyerupai Windows, Linux, Kali Linux, Ubuntu, BlankOn, Mac OS, DOS, Novell Netware, SUn SOlaris, AIX, Free BSD, UNIX, Garuda OS, AmigaOS, XTS 400,  Rich OS, Google Chrome OS. Semua sistem operasi tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing.


Utility Program ( Program Tambahan).


Program pelengkap merupakan perangkat lunak yang berperan sebagai pendukung pada suatu sistem komputer. Bertugas mengolah data tambahan. Biasanya sudah disediakan oleh sistem operasi menyerupai data recovery, screensever, backup, disk defragmenter dan lain sebagainya.


Aplication Program ( Program Aplikasi).


Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang bekerja mengolah data sesuai dengan perintah yang diminta oleh pengguna. Pada umumnya sanggup digunakan sehabis menginstalnya terlebih dahulu. Biasanya sanggup digunakan sebagai pengolah dokumen, gambar, video dan mengakses internet.


Contoh dari kegiatan aplikasi diantaranya Microsoft Office, Photoshop, Corel Draw, Mozila Firefox, Chrome, Mpc Video dan yang lainnya.


Programing Language ( Bahasa Pemrograman).


Merupakan bahasa yang sanggup dikuasai oleh pengguna dalam menjalankan operasi sistem komputer. Dapat dikatakan juga dengan bahasa komunikasi komputer. Biasanya digunakan oleh para programer dalam menciptakan suatu aplikasi atau mengoperasikannya. Contoh dari bahasa programan diantaranya menyerupai PHP, Java, Phyton, Perl dan lain sebagainya.


Hardware.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

pixabay.com


Sebelumnya yang dibahas mengenai software yang mana tidak berwujud fisik, sedangkan hardware kebalikan dari software yaitu merupakan perangkat keras yang sanggup diraba alasannya yakni mempunyai wujud yang nyata. Sama menyerupai komponen sebelumnya, jikalau tidak ada software maka komponen ini tidak bisa beroperasi.


Hardware juga mempunyai beberapa bab pada suatu sistem komputer, diantaranya.


Input Device (Perangkat Masuk).


Merupakan perangkat hardware yang bertugas sebagai alat pemasuk data. Sebelum informasi yang kita inginkan keluar, harus memasukan datanya terlebih dahulu dengan alat ini. Data yang sudah masuk akan dikonversi menjadi kode binary.


Setiap perangkat input mempunyai kiprahnya masing-masing sehingga menghasilkan informasi sesuai dengan data yang dimasukan. Contohnya menyerupai keyboard yang berfungsi memasukan abjad dan nomerik. Adapun teladan yang lainnya yaitu mouse, scanner, webcam dan lain sebagainya.


Output Device ( Perangkat Keluar).


Jika tadi input device berfungsi memasukan data, output device kebalikan dari itu yakni merupakan perangkat yang berfungsi mengeluarkan data atau informasi yang sudah diproses melalui sistem komputer. Data yang dihasilkan biasanya menyerupai gambar, file dokumen, bunyi atau video. Contoh perangkatnya yaitu monitor, printer, proyektor, sound dan lain-lain.


Processing Device (Perangkat Pemeroses).


Ada perangkat yang memasukan data dan mengeluarkannya. Pasti harus ada perangkat yang mengolah data tersebut dan itu diberi nama sebagai processing device, otak komputer atau CPU (Central Processing Unit).


Di sisi lain, CPU juga sebagai perangkat utama pada komputer. Oleh alasannya yakni itu, keberadaannya sangat dibutuhkan sekali. Jika tidak ada perangkat ini atau ada kerusakan di dalamnya, maka sistem komputer tersebut tidak akan bisa berjalan dengan lancar.


Prosesor sanggup berjalan dengan lancar alasannya yakni ada 3 bab yang penting di dalamnya yaitu yaitu Aritcmatics Logical Unit (ALU), Unit Kontrol (CU) dan Unit Memori (MU).


Storage Device (Perangkat Penyimpanan).


Komponen ini terdapat di dalam CPU, biasa disebut dengan hardisk yaitu alat penyimpan data dengan kapasitas yang besar sehingga kita sanggup menyimpan data dan menghapusnya sesuai dengan keinginan.


Teknologi semakin canggih, maka perangkat stroge device berkembang dengan cepat dari segi kapasitas maupun bentuknya.


Storage device juga ada yang berbentuk internal maupun eksternal. Biasanya yang berbentuk internal terdapat pada CPU dan dibagi menjadi 2 yaitu ROM ( Read Only Memory) yang mempunyai kapasitas besar berfungsi menyimpan data utama. Sedangkan yang satunya yakni RAM ( Random Access Memory) berfungsi sebagai penyimpanan sementara.


Kemudian yang berbentuk eksternal yaitu perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan data pelengkap yang terdapat di luar CPU. Seperti flashdisk, hardisk eksternal, DVD dan lain sebagainya.


Brainware.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

pexels.com


Brainware merupakan pengguna komputer atau yang menjalankan operasi komputer. Kaprikornus brainware sangat berperan penting dalam sistem komputer alasannya yakni jikalau tidak ada, secanggih-canggihnya komputer tidak akan bisa beroperasi. Pengguna tersebut dibagi menjadi 4 macam, diantaranya.


Operator.


Operator yakni orang yang menjalankan sistem komputer dengan software khusus pengolah data saja.


Sistem Analis.


Merupakan orang yang merekomendasikan atau menyarankan software dan hardware kepada para pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Sebelumnya ia melaksanakan riset penelitian dan perencaan. Ia sangat berperan penting dalam pengembangan suatu sistem komputer.


Seorang sistem analis juga harus menguasai beberapa bidang menyerupai teknisi, analisis dan cara berkomunikasi dengan baik dan benar kepada orang lain.


Administrator.


Merupakan personal yang mempunyai kiprah mengelola sistem komputer dengan cermat. Biasanya direktur berada di sebuah warnet, swalayan, perkantoran dan pertokoan.


Programer.


Merupakan orang yang mempersiapkan suatu kegiatan dan membuatnya serta mengontrolnya, kemudian kegiatan tersebut akan digunakan untuk mengolah data. Biasanya orang ini sudah menguasi bahasa pemrograman menyerupai PHP, Phyton, Java dan lain-lain.


Fungsi Komputer.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

pexels.com.


Fungsi komputer yakni sebagai alat pemasuk data, mengolah data, mengeluarkan data dalam bentuk informasi yang sudah matang. Komputer juga mempunyai fungsi sebagai sarana prasarana dalam membantu meringankan pekerjaan insan supaya lebih cepat dan efisien.


Seperti dalam sebuah perkantoran ada pekerjaan perhitungan yang tidak sanggup dihitung oleh insan dengan cepat. Maka komputer sebagai solusinya. Di sekolah, ada murid yang mendapatkan kiprah mencari sebuah informasi. Maka ia akan menggunakan komputer dengan santunan jaringan internet untuk membantu menuntaskan tugasnya.


Sejarah Komputer.


 yang tidak kenal dengan alat yang berjulukan komputer Pengertian Komputer beserta Fungsi dan Sejarahnya.

pixabay.com


Awal mula komputer sebagai alat penghitung arithmatika yang digunakan oleh banyak orang. Komputer tersebut berbentuk Sempoa, kemudian bermetamorfosis alat elektronik yang sanggup menghitung dalam skala besar dan cepat. Hingga ketika ini komputer sanggup menghasilkan gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya.


Seiring berjalannya waktu, komputer semakin canggih dan berkembang dari generasi ke generasi. Dimulai dari:


Generasi Pertama.


Komputer generasi pertama dimulai dari tahun 1940 sampai tahun 1950. Sistem operasinya harus menggunakan tabung yang besar dan kompleks sehingga membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt.


Komputer pada generasi ini sudah ada yang berbentuk elektronik dan menggunakan sistem digital namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. komputer tersebut berjulukan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Lalu disusul dengan komputer ABC (Atanasoff-Berry Computer), ten Bristish Colossus computers, German Z3, LEO, UNIVAC dan Hardvard Mark I.


Generasi Kedua.


Komputer pada generasi ini muncul sehabis ditemukan transistor yaitu solusi dari tabung vakum supaya lebih kecil bentuknya dan juga daya listriknya lebih hemat. Transistor tersebut pertama kali dibentuk di Universty of Manchester pada tahun 1953.


Dan yang paling populer pada masanya, komputer dengan type IBM 1410. Kemudian IBM juga menciptakan media penyimpanan pada tahun 1956, disebut dengan IBM 350 RAMAC. Komputer pada generasi kedua berjalan dari tahun 1955-1960. Lebih singkat dari komputer generasi pertama.


Generasi Ketiga.


Seiring berkembangnya teknologi. Komputer juga berpindah dari generasi menuju generasi. Berkembang dengan pesat dan semakin canggih supaya sanggup digunakan dengan gampang dan menghasilkan informasi yang berkualitas.


Generasi ketiga ditemukan pada tahun 1960. Pada generasi ini ditemukan sebuah komponen yang disebut dengan Integreted Circuits (IC). Lebih dikenal dengan sebutan microchips.


Microchips berfungsi meringkas transistor yang tadinya besar menjadi kecil. Kemudian muncul lah komputer yang lebih kecil dan lebih murah dengan sistem microchips menyerupai IBM System/360.


Generasi Keempat.


Sudah ditemukan pada generasi ketiga komputer yang berbentuk kecil dari generasi sebelumnya namun mempunyai fungsi yang semakin canggih. Pada generasi keempat ini juga ditemukan microchips berbasis Central Processing Unit ( CPU).


Kemudian, alasannya yakni dorongan untuk integrasi semakin tinggi. Maka semua komponen CPU yang penting dimasukan ke dalam microchips tunggal yang disebut microprocessor.


Microprocessor pertama yaitu Intel 4004. Hingga ketika ini Intel semakin berkembang.


Pada ketika ini komputer yang kita kenal yakni komputer perkembangan dari generasi keempat.


Demikian pembahasan mengenai pengertian komputer, fungsi dan sejarahnya. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Jika ada kekeliruan kata mohon dimaafkan.


Sekian dan terima kasih.


 




Sumber https://mefahlan.com

0 Response to "Pengertian Komputer Beserta Fungsi Dan Sejarahnya."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel