iklan

Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula

Ternak lovebird bahwasanya susah – susah gampang. Beternak lovebird intinya dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya yaitu faktor cuaca, lingkungan, pakan, suhu, dan perawatan. Potensi bisnis ternak lovebird untuk ketika ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan.


 Beternak lovebird intinya dipengaruhi beberapa faktor Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula
Ternak Lovebird

Burung lovebird yaitu burung yang populer dengan keindahan warnanya dan juga kicauannya. Saat ini burung lovebird sangat digemari para pecinta burung hias. Para pecinta burung hias jatuh cinta dengan keanggunan warna – warni dari lovebird dan bunyi kicauannya yang merdu. Sehingga lovebird sangat cocok untuk dijadikan burung koleksi.


Artikel terkait burung kicau: 10 Hal Penting Dalam Merawat Burung Kenari Yang Wajib Anda Perhatikan


Untuk Anda yang tertarik atau ingin melaksanakan ternak lovebird, kami dari infoagribisnis.com akan membagikan sedikit tips yang mungkin sanggup Anda jadikan panduan untuk ternak lovebird Anda.


Memililih Indukan


Dalam memillih indukan, pilihlah indukan yang sehat. Anakan lovebird akan terpengaruh dari gen bawaan indukannya. Pemilihan indukan yaitu langkah awal dalam ternak lovebird. Jika Anda ingin menternakkan lovebird dengan bunyi merdu dan bagus maka indukan yang Anda pilih tentunya yang mempunyai bunyi merdu pula.Begitu pula kalau Anda ingin ternak lovebird dengan warna – warni yang indah, maka calon indukan juga harus mempunyai warna yang indah. Anda juga sanggup mengkombinasikan keduanya. Warna yang bagus dan bunyi yang merdu. Tentunya dengan satu indukan yang terdapat kombinasi keduanya.


 Beternak lovebird intinya dipengaruhi beberapa faktor Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula
Indukan Lovebird

Ciri indukan lovebird yang sanggup Anda gunakan sebagai indukan yaitu sebagai berikut:



  • Usia lovebird sekitar 8 bulan bagi indukan jantan dan 1 tahun bagi indukan betina..

  • Tidak terjangkit penyakit apapun ( dalam kondisi sehat ).

  • Pergerakannya lincah.

  • Mempunyai bulu lebat.

  • Tidak terdapat cacat apapun pada badan indukan lovebird.


Tahap Perjodohan


Tahap perjodohan yaitu langkah yang mungkin sedikit sulit. Akan tetapi dengan ketelatenan, Anda niscaya sanggup menjodohkan burung lovebird kesayangan Anda. Pastikan benar – benar burung lovebird Anda berjodoh sebelum melaksanakan proses perkawinan dalam satu kandang. Langkah awal menjodohkan lovebird yaitu dengan menjajarkan sangkar jantan dan sangkar betina. Semakin hari dekatkan jarak antar sangkar betina dan jantan. Lihat tingkah laris keduanya, kalau sudah ada tanda – tanda untuk disatukan maka lovebird berjodoh. Jika yang terjadi yaitu perilaku cuek, tidak dekat maka burung lovebird tersebut belum berjodoh. Jika tanda – tanda perjodohan sudah didapat maka satukanlah burung pada sangkar yang telah Anda siapkan.


Artikel terkai burung: Cara menjodohkan Kacer Bagi Peternak Pemula


Membuat Sangkar Perjodohan / Kandang ternak


Sangkar ternak lovebird umumya terbuat dari materi kawat. Kawat sanggup Anda cat dengan warna kesayangan Anda. Fungsi cat yaitu menghindarkan burung dari racun logam dan karat. Sangkar ternak sanggup Anda buat dengan ukuran 50 x 100 x 50. Ukuran ini yaitu ukuran untuk satu indukan. Jika Anda ingin beternak dengan jumlah indukan yang banyak, maka Anda sanggup menciptakan sangkar yang lebih besar lagi dengan jumlah indukan yang banyak pula.


 Menyediakan Media Bertelur dan Mengeram


Ada yang unik dari lovebird, lovebird membutuhkan media semacam glodok untuk daerah mengerami telurnya. Glodok sanggup Anda buat dengan memakai media kayu senokeling atau kayu jati. Sebaiknya siapkan serutan kayu – kayu halus di dalam kandang. Karena naluri lovebir untuk membangun sarang untuk bertelur maka kayu halus tersebut akan dipakai oleh indukan lovebird untuk menciptakan sangkar di dalam glodok.


 Beternak lovebird intinya dipengaruhi beberapa faktor Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula
Kandang Lovebird

Lovebird yang dalam kondisi subur akan menghasilkan telur lebih dari 3 butir. Akan tetapi kebanyakan lovebird bertelur tak lebih dari 3 butir. Proses pengeraman biasanya memakan waktu sekitar 21 – 25 hari. Jika telur telah menetas maka lovebird membutuhkan waktu seharian untuk memastikan telur benar – benar menetas dan anak keluar dari cangkang telurnya. Pada proses pengeraman pisahkan indukan jantan semoga tidak mengganggu proses pengeraman telur oleh indukan betina. Anda sanggup juga  menjodohkan indukan jantan denga betina lainnya yang mungkin telah Anda siapkan. Lakukan tahapan perjodohan sama menyerupai indukan betina yang pertama.


Artikel terkait lovebird : Peluang bisnis dan analisis perjuangan lovebird, Baca Di sini…


Untuk indukan betina yang pertama kali bertelur ada kemungkinan telur yang dihasilkan tidak akan menetas. Anda tidak perlu khawatir itu yaitu hal yang wajar. Hal ini sanggup terjadi dikarenakan usia yang belum mapan, gangguan dari faktor lingkungan, dan faktor pakan. Pecinta burung menyebut hal ini sebagai telur dara. Lovebirbd betina akan memperoduksi telur yang tepat pada masa bertelur selanjutnya.


Meloloh Pakan Pada Anakan


Meloloh yaitu memberi makan anakan lovebird. Memberi makan dilakukan oleh Anda sendiri tanpa proteksi sang induk. Fungsi melolohkan pakan pada anakan nantinya sanggup menciptakan lovebird menjadi jinak. Pisahkanlah anakan dengan indukan pada usia 10 hari – 2 mingguan. Siapkanlah sangkar khusus anakan, Anda sanggup memakai kotak kayu yang telah diberi ganjal kain dan lampu 5 watt. Fungsinya semoga kondisi sangkar selalu hangat.


Cara meloloh anakan lovebird sangat simpel dilakukan. Anda sanggup memperlihatkan masakan bayi. Seduh masakan bayi memakai air hangat. Usahakan jangan terlalu panas dan terlalu dingin. Untuk melolohkan Anda sanggup memakai jarum suntik dengan ukuran besar. Pada ujung suntikan tancapkan selang dengant tekstur lembut atau elastis. Seperti karet bening.


Berikan pakan pada anakan dengan kisaran waktu 4 jam sekali. Pelolohan Anda lakukan hingga anakan sanggup makan dengan sendirinya dan tidak tergantung lagi dengan Anda.Tips dari kami, kalau Anakan sudah berumur muda sebaiknya Anda sering – sering untuk memperhatikan anakan lovebird dengan mengajak bermain diluar sangkar sambil mengajarkan terbang. Hal ini akan menciptakan lovebird Anda menjadi jinak.


Rawat lovebird Anda hingga dewasa, mempunyai bunyi gacor dan menjadi juara pada lomba burung. Anda niscaya akan merasa sangat besar hati alasannya yaitu lovebird tersebut hasil dari breeding Anda senidiri.


Beternak burung kicauan: Cara Beternak Murai Batu Sederhana


 


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel