iklan

Syarat Tumbuh Flora Karet Secara Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat


Sedulurtani.com. Sebelum melaksanakan budidaya tumbuhan karet, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuh dari tumbuhan tersebut.


Dimana pertumbuhan dan hasil produksi yang baik akan diperoleh apabila tumbuhan karet diusahakan pada lingkungan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.


Ada dua faktor penting yang harus diperhatikan terkait syarat tumbuh dari tumbuhan karet, yaitu faktor iklim dan tanah.


Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap


Berikut ini ialah Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat:


Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat
Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat


1. Faktor Iklim


Tanaman karet sangat cocok apabila ditanam pada kawasan tropis. Derah tropis yang baik untuk budidaya karet meliputi luasan 15oLU-10oLS.  Curah hujan yang optimum untuk pertumbuhan tumbuhan karet antara 2.000-2.500 mm/tahun.


Sementara itu, suhu optimum untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan karet antara 25-30oC. Sedangkan untuk penyinaranya, tumbuhan karet membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup antara 5-7 jam/ hari.


Budidaya tumbuhan karet akan tumbuh dengan optimum jika diusahakan pada ketinggian antara 1-600m dpl. Jika ketinggian tempat lebih dari 600 m dpl, maka akan kurang cocok untuk budidaya tumbuhan ini. Selain itu, hembusan angin yang terlalu kencang juga berdampak kurang baik untuk tumbuhan karet.


2. Faktor Tanah


Pada dasarnya tumbuhan karet sanggup tumbuh pada kondisi tanah yang kurang subur, akan tetapi perlu penambahan pupuk dan pengolahan tanah yang tepat.


Beberapa sifat fisik dari tanah yang baik untuk budidaya tumbuhan karet, antara lain solum tanah hingga 100 cm dan tidak terdapat batu-batuan, aerasi tanah dan drainase baik, tekstur remah dan poreus serta sanggup menahan air. Selain itu juga diharapkan  kandungan NPK yang cukup.


Tanaman karet akan cocok ditanam pada lahan yang kondisi derajat keasamanya mendekati normal, dengan batas toleransi pH tanah antara 4-8.


Selain kondisi tanah, topografi tanah juga mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya tumbuhan karet. Tanaman karet akan lebih baik apabila ditanam pada kondisi tanah yang datar.


Dimana pada kondisi yang datar akan memudahkan pemeiliharaan dan propses pengambilan lateks. Lahan akan lebih baik lagi apabila akrab dengan sumber air, menyerupai sungai atau aliran-aliran air.


Baca juga :



Sekian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat. Semoga sanggup menjadi rujukan bagi Anda yang sedang mencari gosip ihwal tumbuhan karet.



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Syarat Tumbuh Flora Karet Secara Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel