iklan

Klasifikasi Dan Morfologi Flora Pepaya Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Secara Tepat


Sedulurtani.com. Mungkin bagi Anda pepaya merupakan buah yang tidak gila lagi. Pasalnya buah pepaya merupakan salah satu buah yang begitu terkenal dikalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia.


Buah yang mempunyai rasa elok ini diduga berasal dari Amerika tropis diantaranya Meksiko, dan lalu menyebar ke seluruh dunia termasuk negara kita Indonesia.


Pepaya merupakan salah satu tumbuhan berbentuk perdu dengan tinggi mencapai 3 meter. Tanaman ini sanggup tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1000 mdpl. Tanaman pepaya akan lebih suka tumbuh pada daerah yang banyak mengandung air.


Sementara itu, di Indonesia tumbuhan ini banyak ditanam masyarakat pada pekarangan rumah, dan hampir setiap rumah tangga menanamnya.


Untuk mengenal lebih terang mengenai tumbuhan pepaya, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan isu tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Secara Tepat.


Berikut ini ialah Klsifikasi dari tumbuhan pepaya :




















































KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoBrassicales
FamiliCaricaceae
GenusCarica L.
SpesiesCarica papaya L.

Setelah Anda mengetahui penjabaran dari tumbuhan pepaya, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tumbuhan pepaya.


Berikut ini ialah morfologi dari tumbuhan pepaya :

1. Morfologi Akar

Akar pepaya merupakan akar tunggang (Radik primaria), alasannya akar forum tumbuh secara terus menerus dan akar yang bercabang-cabang menjadi akar yang lebih kecil.


Akar pepaya tumbuh panjang dan cenderung mendatar, serta jumlah dari akar tersebut tidak banyak dan mempunyai sifat yang lemah. Akar pepaya mempunyai warna putih kekuningan dengan bentuk bulat.


2. Morfologi Batang

Tanaman pepaya mempunyai batang yang bentuknya lingkaran dan pada permukaan batang memperlihatkan bekas-bekas patahan tangkai daun ibarat spiral.


Batang pepaya mempunyai rongga alasannya pada bab pada dasarnya hanya berupa sel gabus. Batang tumbuhan ini mempunyai tekstur yang lunak dengan arah pertumbuhan yang tegal lurus.


3. Morfologi Daun

Daun pepaya merupakan daun tunggal yang berlekuk menjari dengan tangkai daun yang cukup panjang. Daun pepaya bergerigi dan mempunyai bab daun mirip tangkai daun dan helain daun, serta pada bab ujung daun meruncing. Daun pepaya mempunyai warna hijau dengan permukaan agak licin dan mengkilat.


4. Morfologi Bunga

Bunga pepaya merupakan ialah bunga beragam yang tersusun pada sebuah tangkai. Bunga pada tumbuhan ini mempunyai tiga jenis, antara lain bunga jantan, bunga betina, dan tepat (hermafrodit).


Warna bunga pepaya yaitu kekuningan, dengan tangkai kecil, dan pada bab ujung runcing, serta pada bab tengah berkelopak. Bunga berbentuk terompet kecil dan penyerbukan pada bunga ini terjadi secara silang dengan pemberian angin.


5. Morfologi Buah

Buah pepaya merupakan buah sejati tunggal, yaitu buah yang terdiri dari bunga dengan satu calon buah saja. Buah pepaya mempunyai getah yang cukup banyak dan getah tersebut akan semakin hilang ketika buah telah renta (matang).Didalam buah pepaya terdapat rongga yang berisi biji- biji kecil yang cukup banyak.


Buah pepaya muncul pada bab ketiak tangkai daun dan berwarna hijau ketika masih muda, lalu sehabis renta bermetamorfosis kuning hingga jingga. Buah pepaya mempunyai daging yang tebal dengan warna kemerahan dan rasanya elok serta berair.


6. Morfologi Biji

Biji pepaya berbentuk lingkaran telur berukuran kecil dengan jumlah banyak dan terdapat dalam rongga tengah buah pepaya. Biji ini mempunyai warna kecoklatan hingga hitam dan sanggup secara eksklusif untuk ditanam pada media tanam.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Secara Tepat. Semoga sanggup menjdai rujukan bagi Anda yang sedang mencari isu terkait tumbuhan pepaya.

 



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Klasifikasi Dan Morfologi Flora Pepaya Secara Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel