iklan

50Th Icho Problems (2018)

IChO ke-50 diselenggarakan di Bratislava, Slovakia dan Prague, Republik Ceko. Event ini berlangsung pada 19-29 Juli 2018. Pada IChO ke-50, tim Indonesia berhasil meraih 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Soal-soal IChO 50th ini relatif sukar, terutama di bab praktikkum. Bukti bahwa IChO ini tergolong sukar yakni passing grade untuk medali emas yaitu di bawah 80%, bandingkan dengan passing grade medali emas IChO 2017 yang di atas 86%. Untuk skor seluruh penerima silahkan diakses disini. Berikut ini merupakan pemaparan singkat mengenai soal IChO ke-50.

 

Teori

Bagian teorinya terdiri dari 8 soal dengan komposisi sebagai berikut:

Soal T1 (DNA) merupakan soal adonan biokimia dan kimia fisik, terutama membahas Palindromic DNA kestabilan double-stranded DNA.

Soal T2 (Pemulangan Jasad Peninggalan Abad Pertengahan) merupakan soal kimia fisik mengenai kinetika, terutama membahas kinetika (metode relaksasi) dengan sedikit organik mengenai stereokimia.

Soal T3 (Pengembangan Elektro-mobilitas) merupakan soal kimia fisik yang membahas elektrokimia dan reaksi redoks.

Soal T4 (Kromatografi Kolom Untuk Copper Radioaktif) merupakan soal kimia analitik yang membahas resin penukar ion dan persamaan mass balance.

Soal T5 (Batu Mulia Bohemian Garnet) merupakan soal kimia anorganik yang membahas kristal dan Crystal Field Theory (CFT).

Soal T6 (Mari Berburu Jamur!) merupakan soal kimia organik yang juga membahas Kinetic Isotope Effects (KIE).

Soal T7 (Cidofovir) merupakan soal kimia organik yang melibatkan asymmetric synthesis dengan metode chiral pool.

Soal T8 (Caryophyllene) merupakan soal kimia organik yang sangat menguji pemahaman mengenai stereokimia.

Grafik nilai untuk soal teori sanggup dilihat di gambar berikut:

 Bukti bahwa IChO ini tergolong sukar yakni passing grade untuk medali emas yaitu di bawa 50th IChO Problems (2018)  Bukti bahwa IChO ini tergolong sukar yakni passing grade untuk medali emas yaitu di bawa 50th IChO Problems (2018)

Praktikkum

Bagian Praktikkum terdiri dari 3 soal dengan komposisi sebagai berikut:

Soal P1 (Reaksi Haloform Menggunakan Pemutih) merupakan soal praktikkum organik yang melibatkan kemampuan sintesis, ekstraksi, dan Kromatografi Lapis Tipis (KLT/TLC).

Soal P2 (Clock Reaction yang Berpendar) merupakan soal praktikkum kinetika yang “banyak memakan korban”. Banyak penerima IChO yang tidak sempat mengerjakan soal P2 ini atau yang sempat mengerjakan tetapi gagal dan menerima nilai 0.

Soal P3 (Identifikasi Air Mineral) merupakan soal praktikkum analitik, yaitu praktikkum titrimetri. Praktikkum ini melibatkan penggunaan resin penukar ion dan distributor pengompleks EDTA.

Grafik nilai untuk soal praktikkum sanggup dilihat di gambar berikut:

 Bukti bahwa IChO ini tergolong sukar yakni passing grade untuk medali emas yaitu di bawa 50th IChO Problems (2018)

 

Overall, soal IChO ke-50 ini sangat berafiliasi dengan soal Preparatory-nya. Materi-materi yang keluar di IChO sebagian besar sudah dibahas dan “di-spoiler-kan” di Preparatory.

Theoretical Task & Practical Task IChO ke-50 beserta solusinya sanggup diakses di link berikut:

IChO 2018 Problems

 

Untuk soal Preparatory-nya, silahkan diakses di link berikut ini.

Klik link: Soal IChO sebelumnya dan Preparatory sebelumnya.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "50Th Icho Problems (2018)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel