iklan

√ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang Yang Ampuh Dan Efektif

Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan kroto, tentu Anda sudah sangat familiar dengan semut rangrang. Ya, ini merupakan semut berwarna jingga kemerahan dengan ukuran yang agak besar dari ras semut pada umumnya. Semut ini mempunyai telur yang ukurannya cukup besar sehingga sanggup dijadikan sebagai pakan burung.


Di balik keuntungannya sebagai masakan untuk burung, keberadaan semut rangrang di rumah memang cukup mengganggu, apalagi kalau semut-semut tersebut hingga menggigit belum dewasa atau diri Anda sendiri. Meskipun tidak menyebabkan kematian, tapi tetap saja gigitan semut rangrang ini terasa sakit dan perihnya akan terasa hingga berhari-hari.


Agar rumah Anda bebas dari semut rangrang, Bacaterus akan menunjukkan 6 cara mengusir semut rangrang sekaligus membasminya biar tidak bersarang di rumah Anda lagi. Tak perlu memanggil jasa pembasmi hama kalau Anda sanggup melakukannya sendiri dengan cara berikut ini.


6 Cara Membasmi dan Mengusir Semut Rangrang


1. Abu Kayu


Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan  √ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif

* sumber: anggiblog12.blogspot.com


Abu kayu yakni materi yang sanggup digunakan untuk melengkapi cara mengusir semut rangrang. Abu ini diperoleh dari sisa pembakaran kayu. Penggunaan bubuk kayu memang cukup mudah dan aman. Namun, ketika mengaplikasikan bubuk kayu ke sarang semut rangrang sebaiknya gunakan masker biar abunya tidak terhirup.


Cara efektif untuk mengusir semut rangrang di pohon dengan memakai bubuk kayu yakni dengan menaburkan bubuk di sekitar pohon dan ranting-ranting yang dilalui semut rangrang. Agar tidak digigit semut rangrang sebaiknya taburkan juga bubuk kayu di tempat-tempat di penggalan dalam rumah yang biasa dilewati semut rangrang.


2. Buah Mengkudu Busuk


Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan  √ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif


Mengkudu yakni buah dengan amis yang sangat khas. Nah, buah ini yakni musuh alami semut rangrang sebab baunya yang cukup menyengat. Usut punya usut, ternyata mengkudu sanggup menjadi materi untuk mengusir semut rangrang, lho. Akan tetapi, gunakan buah mengkudu yang sudah membusuk biar lebih ampuh.


Cara paling ampuh mengusir semut rangrang dengan buah mengkudu busuk yakni dengan menghaluskan buah mengkudu busuk, peras airnya dan campurkan dengan sedikit air. Komposisi yang digunakan yakni 1 kilogram buah mengkudu busuk dan 5 liter air. Masukkan cairan mengkudu busuk ini ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke pohon atau tempat-tempat yang dilalui oleh semut rangrang.


Semprotan dari buah mengkudu busuk ini yakni materi alami yang ditakuti semut rangrang. Cobalah untuk menyemprotkan cairan ini secara rutin setiap hari biar semut-semut di rumah Anda kabur.


3. Tembakau


Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan  √ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif


Selama ini tembakau dikenal sebagai materi baku pembuatan rokok. Namun, tahukah Anda kalau tembakau sanggup menjadi salah satu cara membasmi dan mengusir semut rangrang yang paling ampuh? Yuk, coba beli tembakau dan mulai meraciknya biar menjadi materi ampuh pengusir semut rangrang.


Pertama-tama, ambil segenggam tembakau dan campurkan dengan 2-3 liter air. Aduk tembakau dan air hingga warna airnya bermetamorfosis kecoklatan. Siramkan air larutan tembakau ini ke tempat-tempat yang sering dilewati semut rangrang.


Cara ini cukup ampuh untuk menciptakan semut rangrang menyingkir. Namun, Anda harus menyiramkan air tembakau ini setiap hari biar aromanya tetap kuat. Jika tidak ada tembakau, cobalah memakai bahan-bahan lainnya, ibarat garam atau bubuk vanila.


4. Metode Pengasapan


Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan  √ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif

* sumber: jempolkaki.com


Bingung mencari cara mengusir semut rangrang? Anda sanggup membaca artikel mengenai cara mengusir semut berikut ini. Akan tetapi, Bacaterus juga mempunyai cara ampuh yang sanggup Anda pakai untuk mengusir sekaligus membasmi semut rangrang dengan cepat, yakni dengan memakai metode pengasapan.


Yang dimaksud dengan metode pengasapan yakni sampah dahan, ranting, dan daun yang ditimbun menjadi satu diletakkan sempurna di bawah pohon yang dipenuhi semut rangrang. Kemudian, bakar sampah tersebut dan biarkan asapnya menyelimuti pohon yang menjadi sarang semut rangrang.


Metode pengasapan ini memang murah dan praktis. Sayangnya, pengasapan hanya berlaku untuk cara mengusir semut rangrang di pohon. Anda tidak sanggup mengkremasi sampah ranting dan daun di dalam rumah. Namun, kalau Anda sudah stuck untuk mengusir semut rangrang yang hinggap di pohon yang mempunyai buah yang manis, silakan gunakan cara berikutnya.


5. Memangkas Pohon


Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan  √ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif


Semut rangrang sangat bahagia menciptakan sarang di pohon. Beberapa jenis pohon ibarat pohon mangga sanggup digunakan oleh semut rangrang sebagai sarangnya untuk bertelur. Manfaat semut rangrang untuk kehidupan sehari-hari yakni untuk pakan burung. Akan tetapi, kalau Anda tidak ingin memanfaatkannya sebaiknya usir saja semut rangrang yang bersarang di pohon atau tanah yang berada di sekitar pohon.


Pohon yang rimbun sanggup menutupi dahan dan menciptakan tanah di bawah pohon jadi lebih lembab. Kondisi ibarat ini sangat pas untuk dijadikan sarang bagi semut rangrang. Oleh sebab itu, sebaiknya pangkas dahan dan ranting pohon yang dibentuk sarang semut rangrang.


Ketika dahan pohon yang rindang dipangkas, otomatis tanah yang berada di bawahnya menjadi lebih sering terpapar sinar matahari dan menciptakan semut rangrang ogah berlama-lama terkena panasnya sinar matahari. Kesimpulannya, pangkas saja pohon yang menjadi sarang semut rangrang itu, dijamin tak usang kemudian semut rangrang akan hengkang dari pohon tersebut.


6. Insektisida


Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan  √ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif


Jika Anda sudah mencoba banyak sekali macam cara mengusir semut rangrang tapi belum ada yang berhasil, mungkin Anda harus mengandalkan pemberian insektisida. Tidak hanya sekedar mengusir, insektisida sanggup menjadi pembasmi semut rangrang yang cukup ampuh hingga ke sarangnya.


Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni mencari sarang semut rangrang. Setelah Anda mengetahui sarangnya, tuangkan cairan insektisida ke dalam sarangnya. Sangat disarankan untuk memakai insektisida cair biar Anda sanggup lebih mudah ketika menuangnya ke sarang semut rangrang.


Tak hanya itu saja, Anda juga perlu menyediakan insektisida dalam bentuk semprot. Insektisida semprot ini sanggup disemprotkan eksklusif ke setiap semut rangrang yang lewat. Penggunaan insektisida secara terpola sanggup menciptakan populasi semut rangrang yang berada di rumah Anda jadi berkurang.


Fakta Unik Seputar Semut Rangrang


Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan  √ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif


Setelah mengetahui cara mengusir semut rangrang, Bacaterus akan membagikan beberapa fakta unik terkait semut berwarna merah dan berukuran besar ini. Ada sejumlah fakta mengenai semut rangrang yang mungkin belum pernah Anda duga sebelumnya:



  • Pembasmi Hama


Masyarakat di Negeri Tirai Bambu memanfaatkan semut rangrang sebagai pembasmi hama. Mereka akan membawa sarang semut rangrang ke perkebunan mereka. Kemudian, semut rangrang ini akan mengatasi hama yang berada di perkebunan tersebut.



  • Menjadi Umpan untuk Memancing


Setelah mengetahui cara mengusir semut rangrang, tak ada salahnya kalau kita membahas mengenai manfaat semut rangrang. Sejak dulu hingga kini semut rangrang dimanfaatkan sebagai umpan. Konon, burung dan ikan sangat menyukai aroma dari semut rangrang ini.


Nah, itulah serba-serbi mengenai cara membasmi dan mengusir semut rangrang yang benar. Sebagai semut dengan ukuran badan yang besar, tentu saja gigitan semut rangrang sangat sakit dan sanggup meninggalkan bekas berhari-hari. Jadi, hati-hati ketika Anda berada di erat semut rangrang sebab mereka sanggup menggigit orang-orang yang ada di sekitarnya.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 6 Cara Mengusir Semut Rangrang Yang Ampuh Dan Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel