iklan

√ 8 Cara Menghemat Listrik Ac Rumah Semoga Tidak Boros

Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang wajar. Sebagai masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis, isu terkini kemarau di Indonesia memang mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan. Mau tidak mau kita harus memasang AC biar sanggup beraktivitas lebih nyaman tanpa merasa kegerahan.


Akan tetapi, keberadaan AC di rumah menciptakan penggunaan listrik jadi lebih meningkat. Adakah cara menghemat listrik AC rumah yang kondusif dan tidak ilegal? Bacaterus punya beberapa tips dan cara yang sanggup Anda lakukan biar AC di rumah tetap ekonomis dan tagihan listrik pun tidak membengkak. Yuk, cari tahu cara selengkapnya di sini!


8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah


1. Pilih AC dengan PK Terendah


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


Semakin kecil ukuran PK AC yang Anda beli, maka semakin kecil pula pemakaian listriknya. Salah satu cara menghemat listrik AC rumah yaitu dengan membeli AC yang PK-nya paling rendah, yaitu ½ PK. Ini sanggup menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai ruangan di bawah 10 m2.


Meskipun AC dengan PK terendah memang ekonomis energi dibanding AC dengan ukuran PK yang lebih besar, tapi Anda tetap harus menyesuaikan ukuran PK AC sesuai dengan luas ruangan Anda. AC ½ PK tidak akan mempunyai kegunaan bila digunakan mendinginkan ruangan seluas 24 m2.


Nah, bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk menentukan ukuran PK dikala hendak membeli AC, ukur dulu luas ruangan yang akan dipasangi AC. Baca artikel cara menentukan AC ini untuk mengetahui ketentuan ukuran PK AC untuk setiap ruangan dengan luas yang berbeda.


2. Hindari Mengatur Suhu di Bawah 24 Derajat


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


Maksud hati ingin mendinginkan ruangan dengan AC, tapi penggunaan listrik jadi semakin boros. Nah, hal tersebut sanggup disebabkan lantaran pengaturan suhu yang salah. Ambil remote AC Anda dan cek pengaturan suhunya.


Mengatur suhu AC di bawah 24 derajat celcius hanya akan menciptakan pemakaian listrik semakin boros. Cara menghemat listrik AC rumah yaitu dengan mengatur suhu AC tidak kurang dari 24 derajat celcius. Gunakan suhu 24 derajat celcius sebagai batas maksimal pengaturan suhu. Jangan mengatur suhu AC di angka 23, 22, apalagi 16 derajat celcius bila tidak ingin tagihan listrik Anda melonjak.


3. Pilih AC dengan Fitur Hemat Energi


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


Ketika Anda hendak membeli AC, mintalah staf toko untuk menjelaskan setiap fitur pada AC-AC yang menjadi pilihan Anda. Beda brand dan tipe, beda pula fitur yang tersedia. Salah satu fitur yang wajib ada dalam sebuah AC yaitu fitur ekonomis energi alias low wattage.


AC low watt dilengkapi dengan kompresor yang memakai daya listrik lebih kecil dibanding AC standard. Bahkan, AC ekonomis energi sanggup menghemat konsumsi daya listrik 20-30% setiap bulannya.


Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa AC low watt umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Selain itu, proses pendinginan ruangan jadi lebih usang lantaran AC tersebut hanya memakai daya listrik yang sangat kecil. Namun, bila Anda ingin benar-benar menghemat listrik di rumah, maka AC tipe low watt yaitu pilihan yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan Anda.


4. Pasang Kipas Plafon


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


Sudah pasang AC kok harus pasang kipas di plafon? Ini yaitu cara menghemat listrik AC rumah yang tak banyak diketahui orang tapi sanggup memperlihatkan manfaat yang luar biasa. Pemasangan kipas plafon juga bukan tanpa sebab, lho. Ada alasan mengapa kipas plafon sanggup membantu penghematan listrik di rumah ketika Anda memakai AC.


Kipas berfungsi untuk menurunkan suhu ruangan sehingga tidak terlalu panas. Saat AC dinyalakan, maka kompresor tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan yang sejuk. Nah, ketika kompresor tidak bekerja dengan keras, penggunaan daya listrik pun jadi semakin kecil.


Saat memakai kipas plafon bersamaan dengan AC, Anda boleh menaikkan suhu sebanyak 3-4 derajat. Penggunaan kipas plafon dengan AC juga sanggup menghemat penggunaan listrik sampai 10% setiap bulannya.


5. Bersihkan AC dan Ruangan Secara Berkala


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


Tahukah Anda bahwa cara menghemat listrik AC rumah sanggup dimulai dari hal sederhana, contohnya membersihkan AC dan ruangannya secara rutin? AC yang kotor akan menciptakan kerja kompresor menjadi lebih keras. Kompresor yang bekerja lebih keras tentu akan memakai daya listrik lebih banyak. Oleh lantaran itu, bersihkan filter AC setiap sebulan sekali dan lakukan pencucian secara keseluruhan setiap 3 bulan sekali.


Mengapa ruangan daerah ber-AC juga harus dibersihkan? Ruangan yang berdebu memengaruhi kebersihan filter AC. Akibatnya, filter AC jadi lebih cepat kotor dan hal tersebut berimbas pada kinerja kompresornya. Agar lebih ekonomis energi, tak ada salahnya membersihkan ruangan beserta perabotan di dalamnya yang berdebu.


6. Pasang Timer AC


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


AC diciptakan untuk memperlihatkan kesegaran dikala kita beraktivitas di dalam sebuah ruangan. Namun, penggunaan AC memang lebih sering ditempatkan di dalam kamar tidur. Jika Anda ingin tidur dengan nyenyak memakai AC tapi ingin lebih ekonomis listrik, Bacaterus punya satu solusinya.


Solusi biar penggunaan AC di kamar tidur tetap ekonomis listrik yaitu memasang timer. Pasanglah timer untuk beberapa jam, contohnya 5 jam. Setelah 5 jam AC akan mati dengan sendirinya. Jadi, Anda tetap akan merasa sejuk ketika hendak tidur dan AC akan mati dengan sendirinya dikala Anda sudah terlelap.


7. Tutup Tirai di Siang Hari


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


Di siang hari yang panas memang paling nyaman bila berada di ruangan yang ber-AC. Akan tetapi, ruangan yang sangat terang lantaran paparan sinar matahari sanggup menciptakan AC mengonsumsi daya listrik lebih banyak.


Sinar matahari akan menciptakan suhu di dalam ruangan semakin tinggi. Akibatnya, AC Anda harus bekerja lebih ekstra untuk mendinginkan ruangan tersebut. Alangkah baiknya bila Anda menutup tirai jendela ruangan dikala hendak menyalakan AC. Hal ini menciptakan ruangan jadi lebih sejuk dan AC tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan ruangan.


8. Tutup Semua Celah Udara di Ruangan


Memasang AC di rumah yaitu sebuah hal yang masuk akal √ 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah biar Tidak Boros


AC lebih efektif bekerja di ruangan yang tertutup. Apabila pintu atau jendela masih terbuka sedikit, maka kompresor AC kesulitan untuk mencapai suhu yang sesuai dengan pengaturan di remote AC. Idealnya, Anda memang harus menutup semua celah di dalam ruangan ber-AC. Tujuannya biar udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC tidak keluar dari ruangan tersebut.


Sudahkah Anda menutup semua celah udara di dalam ruangan ber-AC? Cara ini akan mengurangi konsumsi daya listrik AC lantaran kompresornya tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan tersebut.


Cermati 8 diam-diam cara menghemat listrik AC rumah ini biar Anda tidak perlu membayar tagihan listrik yang terlalu mahal. Jika Anda belum memahami bagaimana seharusnya kita memakai AC dengan benar dan bijaksana, bacalah artikel cara memakai AC ini biar penggunaan AC di rumah sanggup lebih efisien.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 8 Cara Menghemat Listrik Ac Rumah Semoga Tidak Boros"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel