iklan

Analisis Bisnis Budidaya Bunga Krisan Dengan Penerapan Teknologi Penyinaraan Buatan

Bisnis Budidaya Bunga Krisan – Bunga krisan yakni salah satu bunga hias/bunga potong yang sudah banyak dikenal diberbagai kalangan. Bagi pecinta bunga hias, bunga krisan ini menjadi salah satu bunga favorit untuk dikembangkan. Anda juga perlu ketahui bunga krisan ini tidak hanya populer di Indonesia saja lho, tapi juga sudah mendunia.


Potensi budidaya bunga krisan untuk diusahakan menjadi bisnis pun cukup mengiurkan. Dengan seruan pasar akan bunga krisan masih sangat tinggi, baik didalam negri sampai mancanegara seperti swedia, jerman,amerika serikat dan italia. Membuat peluang bisnis budidaya bunga krisan akan tetap bertahan dalam kurun waktu yang panjang.


Potensi Bisnis Budidaya Bunga Krisan


Bunga krisan memiliki jumlah varietas yang banyak, kurang lebih sekitar 55 varietas.  Krisan memiliki bunga yang sangat bermacam-macam ibarat merah, putih, hijau dan kuning. Dari bermacam-macam warna tersebut yang menjadi favorit para pemburu bunga hias yakni bunga yang berwarna hijau dan bunga yang berwarna kuning. Bunga krisan sanggup Anda tanam di dalam pot, tetapi hanya bisa bertahan selama 10 hari saja.


 Bunga krisan yakni salah satu bunga hias Analisis Bisnis Budidaya Bunga Krisan Dengan Penerapan Teknologi Penyinaraan Buatan
Peluang perjuangan budidaya bunga krisan

Peluang pasar yang masih tinggi menciptakan budidaya bunga krisan masih tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Menurut Erik Meilala seorang peneliti dari regional agribussines competitines specialist amarta, menyampaikan “bahwa seruan bunga krisan kian waktu akan terus meningkat, hal ini seiring dengan banyaknya peminat bunga hias dalam keadaan segar diberbagai penjuru, maka peluang agribisnis budidaya bunga krisan ini sangat potensial untuk dikembangkan“.


Salah satu tempat yang menjadi pusat produksi budidaya bunga krisan di Indonesia yaitu tanah karo. Meski sudah ditetapkan menjadi pusat produksi akan tetapi pasokan bunga krisan dari tanah karo belum bisa memenuhi pangsa pasar lokal. Sehingga untuk memenuhi pangsa pasar lokal masih harus mendatangkan dari tempat Jawa Barat.


Menurut Erik, hal ini sangat disayangkan sekali, alasannya yakni untuk memenuhi pasar lokal saja masih harus memenuhi dari tempat yang lain. Disisi lain seruan besar dari Negara singapura yang lebih berdekatan dengan tempat tanah karo ternyata juga membeli bunga hias krisan dari Jawa barat. 


Inovasi Teknologi Budidaya Bunga Krisan


Dengan masih terbukanya peluang pasar bisnis budidaya bunga krisan, baik itu di dalam negeri atau pun diluar negeri, maka ini yakni kesempatan emas bagi Anda yang ingin mencoba budidaya bunga krisan. Akan tetapi  sebelum Anda memulai perjuangan ini, diharapkan isu sebnyak mungkin baik cara budidaya, pembibitan bunga krisan, dan teknologi yang sempurna supaya hasil panen dari bunga krisan sanggup serempak.


Selama ini menurut erik, masih banyak petani bunga krisan yang minim teknologi dan masih mengunakan cara-cara tradisional. Salah satunya penggunaan plastik green house saja tanpa diimbangi tugas penemuan teknologi. Hal ini njstru akan menghipnotis tidak seragamnya panen dari bunga krisan. Sehingga untuk memenuhi seruan sangat susah.


Untuk mensiasati itu Anda sanggup dipakai lampu khusus dalam budidaya bunga krisan ini. Peran lampu ini sebagai penyinaran pada bunga krisan, yang berlangsung terus selama 24 jam, dengan penyinaran tersebut diharapkan akan menghasilkan panen yang serempak.


Menurut erik kemelahan budidaya krisan di Indonesia yakni kurang lamanya pencahayaan matahari, sehingga panen yang dihasilkan kurang serempak dan rawan akan serangan penyakit. Sehingga perlu adanya suatu modifikasi untuk meningkatkan hasil panen. Salah satu modifikasi tersebut yakni dengan memperlihatkan pelengkap pencahayaan dengan lampu di dalam green house.


Dengan adanya modifikasi teknologi budidaya bunga krisan tersebut maka hasil panen menjadi serempak. Sehingga Anda sanggup memenuhi seruan pasar secara terus menerus.


Analisis Usaha Budidaya Bunga Krisan


Budidaya bunga krisan yakni salah satu lini agribisnis yang bisa Anda kembangkan menjadi bisnis besar, dikarenakan seruan pasar bunga potong krisan yang tidak pernah menurun. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Berikut kami akan berikan beberapa pola perhitungan analisis bisnis dari budidaya bunga krisan ini :


Perkiraan analisa bisnis budidaya bunga krisan skla rumah tangga dengan memakai lahan 200 M dengan jarak tanam 10 x 10 cm.


Biaya :


Luas lahan garapan : 200 m


Sewa tanah semusim / kurang lebih 4 bulan : Rp 40.000


Biaya perjuangan tani / musim



  • Benih produksi 10.000 batang x Rp 175 = Rp 1.750.000

  • Pupuk organic 300kg x Rp 500              = Rp 150.000

  • Pupuk Urea 15kg x Rp 2.000                 = Rp 30.000

  • Pupuk SP 36 15kg x Rp 4.000               = Rp 60.000

  • Pupuk KCL 5kg x Rp 7.500                   = Rp 37.500

  • Pupuk daun 1 lt                                   = Rp 20.000

  • Insektisida                                          = Rp 125.000

  • Fungisida                                            = Rp 75.000


Jumlah biaya tani permusim = Rp 2.247.500


Tenga kerja



  • Olah lahan : 2 HOK @Rp 50.000    = Rp 100.000

  • Tanam : 2 HOK @Rp 50.000         = Rp 100.000

  • Perawatan : 20 HOK @Rp 50.000  = 1.000.000


Jumlah biaya tenaga kerja = Rp 1.200.000


Lain – lain



  • Panen 2 HOK @ Rp 50.000 = Rp 100.000

  • Packing dan pasca panen    = Rp 150.000

  • Listrik 1 animo = Rp 100.000

  • Penyusutan rumah 1 animo = Rp 600.000


Jumlah biaya lain – lain = Rp 950.000


Jumlah keseluruhan biaya = Rp 4.397.500


Hasil Produksi :


Rata – rata berhasil 85% x 10.000 batang = 8.500 batang


Harga rata – rata perbatang = Rp 1.000


Hasil kotor = 8.500 x 1.000 = Rp 8.500.000


Keuntungan :


Hasil kotor – Jumlah seluruh biaya


Rp 8.500.00 – Rp 4.397.500 = Rp 4.102.500


Dari citra diatas sanggup disimpulkan bahwa peluang bisnis budidaya bunga krisan sanggup memperlihatkan laba yang cukup besar dan perjuangan ini patut untuk Anda usahakan. 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Analisis Bisnis Budidaya Bunga Krisan Dengan Penerapan Teknologi Penyinaraan Buatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel