iklan

Cara Menanam Strawberry Di Pot, Mudah

 


Buah strawberry memiliki rasa yang manis segar dan banyak mengandung tinggi serat, folat, vitamin C dan antioksidan. Kandungan yang terdapat pada buah strawberry ini sangat bermanfaat bagi badan kita, alasannya sanggup membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung serta sanggup menurunkan kolesterol.  Buah strawberry berwarna merah, memiliki bentuk buah yang unik dan kita kini sudah sanggup membudidayakan tumbuhan strawberry di rumah dengan cara menanam strawberry di pot. Dalam membudidayakan tumbuhan strawberry ini akan diulas bagaimana cara menanam strawberry dengan melaksanakan penyemaian dari biji sebagai bibitnya. Untuk mendapat biji strawberry yang berkualitas anggun tidaklah sulit alasannya kita sanggup membelinya di toko pertanian terdekat maupun sanggup membelinya secara online.


Berikut tahap tahap cara menanam strawberry di pot yang sanggup kita pelajari dan kita gunakan sebagai fatwa dalam membudidayakan tumbuhan strawberry.


Cara menanam strawberry dan persiapan bibit strawberry


Buah strawberry memiliki rasa yang manis segar dan banyak mengandung tinggi serat Cara menanam strawberry di pot, mudah
Penyemaian bibit biji strawberry

Sebelum kita melaksanakan proses menanam strawberry di pot maka kita sanggup melaksanakan penyemaian bibit strawberry terlebih dahulu dan cara penyemaian yang akan kita gunakan yaitu dengan memakai biji. Dalam melaksanakan penyemaian bibit strawberry maka kita sanggup memakai media semai menyerupai toples, kawasan plastik atau kawasan lainnya yang berwarna putih atau hitam. Tempat yang akan kita gunakan sebagai kawasan media semai sebaiknya jangan memakai kawasan yang berwarna, tetapi gunakanlah kawasan yang berwarna putih atau hiram saja.


Sebaiknya kawasan yang akan kita gunakan sebagai media semai, kita basuh terlebih dahulu hingga bersih, kemudian masukkan tisu 2 lapis dan basahi tisu tersebut dengan air mineral hingga basah. Namun demikian tisu yang kita basahi tersebut tetapi jangan hingga menggenang dan sebaiknya kita jangan memakai air keran atau air sumur tetapi memakai air mineral saja karena  air keran atau air sumur banyak mengandung zat zat yang sanggup menghambat pertumbuhan bibit yang kita semai.


Setelah media semai sudah siap maka kita sanggup menaburkan benih biji strawberry ke media semai tadi dan usahakan jangan ada benih biji strawberry yang menumpuk. Kita sanggup mengatur jarak antara bibit biji strawberry yang  satu dengan bibit biji strawberry yang lain biar benih biji strawberry sanggup tumbuh dengan baik. Langkah selanjutnya yaitu dengan menutup rapat media semai tersebut kemudian meletakkan media semai ditempat yang tidak terkena sinar matahari.


Kita sanggup melaksanakan pengecekan kondisi media semai setiap 3 atau 4 hari secara rutin, hal ini dimaksudkan biar media semai tetap dalam kondisi lembab. Setelah bibit biji simpulan disemai dan sudah berumur 14 hari, biasanya benih biji strawberry tersebut sudah mulai berkecambah dan sehabis akarnya mencapai panjang sekitar 5 mm s/d 1 cm maka benih strawberry sudah mulai sanggup kita pindahkan ke media tanam.


Cara menanam strawberry dan persiapan penanaman


Buah strawberry memiliki rasa yang manis segar dan banyak mengandung tinggi serat Cara menanam strawberry di pot, mudah
Proses menanam strawberry

Sebelum kita mulai memindahkan bibit biji strawberry dari media semai ke media tanam maka kita sanggup menciptakan media tanam sendiri dan menyiapkan pot terlebih dahulu. Pemindahan bibit strawberry dari media semai ke media tanam sebaiknya memakai pinset dan harus kita lakukan secara hati hati biar tidak merusak akarnya. Pot yang kita gunakan sebaiknya memiliki diameter 15 cm sedangkan untuk media tanahnya kita sanggup memakai tanah yang gembur dan agak berpasir.


Sebelumnya tanah gembur tersebut kita ayak terlebih dahulu biar kita sanggup memisahkan dan membuang kerikir maupun sampah sampahnya, sehabis itu kita campurkan tanah gembur tersebut dengan pupuk kompos atau pupuk sangkar dan arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Setelah media tanam tercampur rata maka kita masukkan media tanam tersebut kedalam pot hingga 2/3 pot. Lalu diamkan media tanam selama selama 1 ahad sebelum dipakai untuk menanam, hal ini dimaksudkan biar media tanam sanggup lebih tercampur rata dan lebih lembab dibagian dalamnya.


Setelah media tanam siap kita gunakan maka buatlah lubang sedalam 5 mm s/d 1 cm, kemudian pindahkan bibit strawberry dari media semai ke media tanam tersebut dan tutup kembali dengan media tanam tipis tipis saja. Letakkan pot ditempat yang tidak terkena matahari secara pribadi dan pot sudah sanggup dipindahkan keluar ruangan sehabis tumbuhan strawberry mulai tumbuh daunnya beberapa helai, namun demikian tumbuhan strawberry jangan hingga terkena matahari secara langsung. Jika tumbuhan strawberry sudah cukup besar lengan berkuasa dan sudah agak besar maka pot sanggup diperkenalkan dengan sinar matahari secara bertahap.


Cara menanam strawberry dan perawatannya


Proses perawatan tumbuhan strawberry harus kita lakukan dengan baik biar tumbuhan strawberry sanggup tumbuh dengan baik dan sanggup berbuah banyak. Perawatan yang harus kita lakukan tersebut antara lain yaitu perawatan dengan cara melaksanakan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, dengan membersihkan gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh disekitar tumbuhan strawberry, dengan melaksanakan penyiangan yaitu dengan membuang daun daun kering dan mencabut tumbuhan strawberry yang mati dan yang tidak kalah pentingnya dalam melaksanakan perawatan tumbuhan strawberry yaitu dengan melaksanakan pemupukan tumbuhan strawberry dengan memakai pupuk kompos maupun pupuk NPK biar tumbuhan strawberry sanggup cepat berbuah.


Tanaman strawberry yang menjulur panjang harus kita potong biar tumbuhan strawberry sanggup fokus pertumbuhannya. Penyiraman tumbuhan strawberry yang benar dan yang dianjurkan yaitu penyiraman dengan cara disemprotkan dan kalaupun kita siram dengan cara menyiram menyerupai biasanya maka cara menyiramnya jangan terlalu keras biar tidak merusak tumbuhan strawberry.


Cara menanam strawberry dan proses panennya


Buah strawberry memiliki rasa yang manis segar dan banyak mengandung tinggi serat Cara menanam strawberry di pot, mudah
Panen Strawberry

Setelah strawberry berumur 4 bulan maka kita sudah sanggup memanen strawberry dan cara memanen buah strawberry sanggup kita lakukan dengan cara memotong pecahan atas buahnya. Kita jangan memotong semuanya alasannya hal ini akan merusak tumbuhan yang lainnya dan tumbuhan strawberry sanggup tumbuh beberapa kali dan pada umumnya tumbuhan strawberry tidak tumbuh secara bersamaan.


Demikian tahap tahap cara menanam strawberry di pot yang sanggup kita pelajari dan kita praktekkan sendiri di rumah sehingga kita sanggup menikmati buah strawberry dari hasil menanam sendiri, tentu saja rasa strawberry tersebut akan berbeda alasannya kita akan mendapat kepuasan tersendiri.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Strawberry Di Pot, Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel