iklan

Bisnis Ternak Ayam Jawa Super Lebih Cepat Panen Dan Menguntungkan

Bisnis ternak ayam kampung atau ayam jawa merupakan salah satu yang perjuangan yang cukup menjanjikan jikalau Anda serius untuk menekuninya. Namun hal yang sering kali menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis ternak ayam ini bagi Anda yaitu lambatnya pertumbuhan pada ayam kampung.


Ayam kampung sanggup diproduksi dalam waktu normal dengan umur 8-12 bulan pertumbuhan ini sangat usang sekali dibandingkan dengan ayam broiler yang sanggup diproduksi pada umur 40 hari. Namun keunggulan dari bisnis ternak ayam kampung yaitu harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan harga ayam potong. Buat Anda ingin menggeluti bisnis ternak ayam kampung akan tetapi dengan masa panen yang lebih cepat Anda sanggup memulainya dengan perjuangan ternak ayam kampung super atau ayam jawa super.


Dalam menjalankan bisnis ternak ayam jawa super mempunyai kesamaan dengan ayam kampung yaitu rasa daging hanya saja memilik perbedaan pada umur panen. Ayam kampung sanggup dipanen dengan umur 8 bulan sedangkan ayam jawa super sanggup dipanen pada ketika ayam berumur 45-60 hari hanya selisih 5 hari dengan ayam broiler.


Bisnis ternak ayam kampung atau ayam jawa merupakan salah satu yang perjuangan yang cukup menja Bisnis Ternak Ayam Jawa Super Lebih Cepat Panen dan Menguntungkan
Bisnis ternak ayam jawa super

Bisnis Ternak Ayam Jawa Super


Ayam kampung super atau ayam jawa super yaitu ayam yang dihasilkan melalui persilangan antara ayam kampung indukan jantan dengan indukan ayam ras betina (petelur). Beberapa perbedaan antara ayam kampung dengan ayam jawa super yaitu referensi produksi daging yanng lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung. Ayam jawa super menghasilkan produksi pada umur 45-60 hari sedangkan ayam kampung berproduksi selama 8-12 bulan.


Persilangan antara ayam tersbut dimaksudkan untuk menghasilkan produkstivitas daging yang tinggi dan lebih cepat dipanen, begitu juga halnya dengan telur ayam kampung itu sendiri sehingga ayam jawa super diperlukan sanggup lebih menguntungkan dari ayam kampung.


Artikel terkait ayam aduan: Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Ternak Ayam Aduan


Selain itu daya tahan dari ayam jawa super lebih tahan dan mempunyai tingkat maut yang lebih rendah dan pemeliharaan dan perawatan lebih mudah, tidak membutuhkan waktu yang usang sehingga para peternak sanggup menghemat tenaga dan waktu. Selain itu rasa yang dimiliki hampir sama dengan ayam kampung dan nilai jual pada ayam tergolong dengan harga yang cukup tinggi dengan kisaran harga 21-30 ribu/kg.


Untuk mejalankan bisnis ternak ayam jawa super hampir sama dengan beternak ayam kampung. Untuk isu teknik beternak ayam kampung/jawa super Anda sanggup membaca artikel kami dengan judul “Teknik Beternak Ayam Kampung”.


Seperti ulasan diatas bisnis ternak ayam jawa super tidak menyita waktu usang dan ribet lantaran bisnis ternak ayam jawa super sanggup Anda lakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah saja. Menjaga kebersihan sangkar salah satu faktor keberhasilan dalam bisnis ternak ayam jawa super. Kandang yang lembab merupakan kawasan perkembangbiakan para penyakit/parasit yang sanggup merugikan Anda.


Untuk itu, kami sarankan jikalau Anda bisnis ternak ayam ini sebaiknya pembuatan sangkar harus dilakukan secara cermat. Baiknya posisi sangkar menghadap sinar matahari biar terhindar dari lembab. Kemudidan untuk menambah kehangatan pada sangkar ayam pada ketika malam hari ada baiknya menambahkan lampu. Perlengkapan sangkar lainnya harus tersedia dikandang ibarat air minum dan pakan. Untuk sumbangan pakan Anda sanggup memakai wadah pakan ayam yang banyak dijual dipasar hewan. Bisnis ternak ayam jawa super sangat cocok untuk Anda dipertimbangkan. Berikut analisis bisnis ternak ayam jawa super yang tertarik untuk Anda pahami :


Analisis Bisnis Ternak Ayam Jawa Super


Sebelum Anda memutuskan untuk memulai suatu perjuangan ada baiknya Anda mengetahui analisis perjuangan tersebut. Analisis perjuangan sangat dibutuhkan untuk mengetahui atau meramalkan laba dari perjuangan yang akan Anda jalankan. Berikut kami sajikan analisis bisnis ternak ayam jawa super per 1000 ekor. Untuk mendapat laba yang sesuai pembelian bibit sebaiknya diatas 100 ekor lantaran secara pengeluaran dan perawatan hampir sama antara 100 ekor dan diatasnya.


A. Biaya produksi bisnis ternak ayam jawa super





































NoKeteranganHarga SatuanJumlah UnitJumlah
1Pembelian Bibit4.500,001000 + 50 ekor4.500.000,00
2Pakan selama 2 bulan350.00040 (Sak)14.000.000,00
3Obat (Vitamin & Vaksinasi)500.000,00500.000,00
Jumlah20.000.000,00

B. Penerimaan bisnis ternak ayam jawa super


Untuk keberhasilan dari bisnis ternak ayam tentunya tidak semua anak ayam bisa untuk bertahan hidup. Kematian anak ayam disebabkan oleh faktor lingkungan, suhu, udara, dan serangan penyakit. Tingkat maut ayam diasumsikan sebesar 5 % maka diasumsikan tingkat maut sebanyak 50 ekor dalam keadaan normal.


Baca Juga : Inovasi Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Hasil Panen Lebih Cepat


Jika jumlah anak ayam sebanyak 1050 ekor dengan bonus yang didapatkan maka jumlah ayam yang tersisa sebanyak 1000 ekor yang sanggup dipanen dengan berat rata-rata 0,9 hingga 1 kg dengan rata-rata pakan yang dihabiskan  sebanyak 40 sak. Harga ayam berkisar 22.000 – 30.000/kg. Pada periode tertentu dalam bisnis ternak ayam harga sanggup mencapai harga tertinggi.























NoKeteranganHarga SatuanJumlah UnitJumlah
1Penjualan Ayam28.000,00/kg0,9 x 1000= 900 kg4.662.000,00
Jumlah4.662.000,00






















No KeteranganPemasukanPengeluaranJumlah
1Pendapatan25.200.000,0020.00005.200.000,00
Jumlah5.200.000,00

Dalam perhitungan analisis bisnis ternak ayam ini diasumsikan Anda memakai formula pakan sepenuhnya dari pabrik. Hasilnya akan berbeda jikalau Anda melaksanakan kombinasi sumbangan pakan dengan cormula campuran. Biaya penggunaan pakan jauh bisa Anda tekan, sehingga laba yang Anda dapatkan jauh lebih besar.


Untuk menambahkan laba yang lebih besar dari bisnis ternak ayam ini Anda juga sanggup menambah jumlah bibit ayam semisal 2000 hingga 10.000 ekor dengan mengatur referensi pergiliran panen. Sehingga setiap ahad Anda bisa melaksanakan pemanenan. Dengan cara tersebut maka pendapatan dari bisnis ternak ayam kampung ini bisa benar-benar Anda nikmati hasilnya.


Dalam bisnis ternak ayam jawa super ini harga jual sanggup berubah mengikuti pasar. Pada periode tertentu biasanya harga akan melambung tinggi ibarat menjelang puasa ramadhan, idul fitri dan idul adha. Jika Anda ingin menekuninya dalam skala besar bisnis ternak ayam jawa super ini sangat rekomendasikan untuk Anda jalankan. Namun yang menjadi catatan sebelum melakoni bisnis ternak ayam kampung super ini yaitu Anda menguasai secara detail tahapan manajemen, pasar, proses pemeliharaan, formulasi pakan hingga masalah solving bagaimana mengatasi hambatan dalam bisnis ternak ayam tersebut. 


(Analisis bisnis ternak ayam jawa super dimuat dari banyak sekali sumber)




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Bisnis Ternak Ayam Jawa Super Lebih Cepat Panen Dan Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel